veronniachelseaAvatar border
TS
veronniachelsea
KANDUNGAN GIZI
Berbagai Macam Kandungan Gizi Penting 



Pola dan gaya hidup modern cukup sangat berpengaruh terhadap perubahan pola makan yang dikonsumsi mayarakat sehari-hari. Makanan cepat saji sangat cenderung lebih disukai karena dianggap lebih praktis saat dimasak dan dikonsumsi. Pada hakikatnya, tidak semua makanan cepat saji memiliki kandungan gizi yang sangat bermanfaat bagi tubuh karena mengandung kadar lemak yang berlebih cukup tinggi, serta tambahan bahan campuran makanan seperti pengenyal makanan, pewarna makanan, hingga bahan pengawet yang sangat berbahaya apabila dikomsumsi terlalu sering dan sangat berlebihan.

Mengonsumsi makanan bergizi sangat erat kaitannya dengan hidup sehat. Karena pola makan yang tepat dapat menunjang tercapainya berat badan yang ideal juga bisa mengurangi risiko penyakit yang  kronis seperti diabetes, kardiovaskular dan jenis kanker lainnya. Mengonsumsi makanan bergizi tak hanya meningkatkan kesehatan fisik, tetapi juga bisa mempengaruhi suasana hati. Makanan yang sehat adalah makanan yang mengandung banyak macam nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Tubuh manusia membutuhkan berbagai macam nutrisi untuk menjaga tubuh tetap sehat dan pertumbuhan agar dapat berjalan dengan sangat optimal.

Makanan Sehat dan Bergizi

Syarat makanan sehat dan bergizi yaitu makanan yang memiliki nilai gizi seimbang dan mengandung nilai gizi esensial yang baik bagi tubuh seperti vitamin, mineral, karbohidrat, protein, lemak,kalsium, serat dan juga air. Pola makanan yang sehat tidak harus menghilangkan makanan yang disukai ataupun makanan tertentu dari suatu program diet. tapi hanya perlu memilih opsi yang sehat dari setiap kategori, karena itu semua yang dibutuhkan oleh tubuh.
Kriteria Makanan Sehat


1.Karbohidrat

Kandungan karbohidrat bisa kita dapatkan dari beragam jenis makanan, seperti kentang, ubi, gandum, beras merah dan jagung. Asupan karbohidrat harus diperhatikan karena 60 persen dari asupan kalori adalah karbohidrat yang merupakan sumber energi utama bagi tubuh manusia.


2.Protein

Tubuh manusia butuh asupan protein 10-15% dari asupan protein per harian. Sumber protein yang bisa dikonsumsi banyak beragam, yaitu protein nabati ataupun protein hewani. Asupan protein didapat dari mengonsumsi telur, ikan, daging ayam, bebek, gandum, dan kacang kacangan Protein yang akan masuk ke dalam tubuh akan diproses menjadi asam amino yang berfungsi membangun otot, organ tubuh, kulit dan rambut. Disisi lain, fungsi hormon juga sangat diatur oleh protein.


3.Lemak

Lemak terbagi menjadi dua, yaitu lemak jenuh yang didapat dari mengonsumsi daging, minyak kelapa dan susu, lalu lemak tak jenuh bisa didapat dari mengonsumsi ikan, alpukat, dan kacang-kacangan. lemak adalah sebagai sumber energi yang baik dan dibutuhkan untuk kesehatan tubuh. Akan tetapi, lemak harus dikonsumsi dengan jumlah yang sangat cukup dan tidak berlebihan agar tidak menjadi obesitas. Obesitas terjadi karena penambahan kalori yang sangat berlebih ke dalam tubuh.


4.Vitamin

Untuk meningkatkan daya tahan tubuh, vitamin sangatlah dibutuhkan. Vitamin pun sangat beragam macam dan bisa didapatkan dari setiap makanan yang kita konsumsi setiap hari. Vitamin merupakan kandungan penting yang terdapat di dalam makanan, akan tetapi bisa saja hilang apabila dimasak terlalu lama. Hal ini harus diperhatikan, karena vitamin memegang peran penting dalam menjaga kesehatan tubuh. cara mencegah hilangnya suatu kandungan vitamin, pilihlah makanan yang mudah diolah dengan cara dikukus, direbus atau ditumis seperti wortel, minyak ikan, bayam, brokoli, jeruk, alpukat, kacang panjang, daging sapi, dan ayam.

5.Kalsium

Asupan kalsium yang tidak memadai dapat menyebabkan osteoporosis. tetapi juga bisa menyebabkan kecemasan, depresi, dan insomnia. Keju, yogurt, almond, dan tahu adalah makanan yang mengandung banyak kalsium.


6.Mineral

Mineral merupakan zat yang ditemukan di tanah dan dicerna makanan. kita dapat mengekstrak mineral dari berbagai sumber tumbuhan dan hewan. Cara meraih asupan mineral dari makanan bisa didapat dengan mencoba sayuran hijau, alpukat, kacang brazil, sarden, udang merah, dan kalkun. Kandungan mineral yang ada dalam tubuh, seperti zat besi, seng, kalsium, selenium, klorida, kalium, yodium, magnesium dan tembaga.


7.Serat

makanan yang berserat tinggi seperti biji-bijian, buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, dan kacang-kacangan dbisa mengurangi risiko penyakit jantung, stroke, dan diabetes. makanan yang mengandung serat tidak hanya baik bagi kulit, tetapi juga membantu menurunkan berat badan.


8.Air


Air merupakan salah satu bagian penting dari makanan sehat dan bergizi. karena tubuh manusia terdiri dari 60% air, maka manusia perlu memenuhi kebutuhan air hariannya dengan meminum 44.448 gelas air atau setara dengan 2 liter air setiap hari. Kurang minum air bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan seperti batu ginjal dan sembelit. Manfaat air untuk tubuh adalah membantu menyerap, mencerna, mengeluarkan, mendistribusikan nutrisi ke seluruih tubuh dan mengatur suhu tubuh.

Menjaga kesehatan bukanlah suatu hal yang sulit, selama menjaga pola makan dan asupan gizi, tubuh kita tidak mengalami kekurangan nutrisi dan bisa tetap semangat untuk melakukan aktivitas kegiatan sehari-hari. Setelah mengetahui apa saja gizi esensial yang dibutuhkan oleh tubuh, mari kita bersama-sama memulai dan membiasakan mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi.


Sumber Tread : MAKANAN SEHAT
Roboboy2
ppaauull
indri33
indri33 dan 35 lainnya memberi reputasi
36
954
7
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Healthy Lifestyle
Healthy Lifestyle
icon
7.6KThread2.6KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.