News
Pencarian Tidak Ditemukan
KOMUNITAS
link has been copied
252
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6385442758400f7f7434d102/ekonomi-ri-bisa-anjlok-gara-gara-pns-begini-penjelasannya
Kinerja buruk aparatur sipil negara (ASN), termasuk Pegawai Negeri Sipil (PNS) dapat menggerus pertumbuhan ekonomi Indonesia. Padahal saat ini ekonomi Indonesia sedang di posisi terbaik sehingga perlu dipertahankan dengan birokrasi yang sehat.
Lapor Hansip
29-11-2022 06:28

Ekonomi RI Bisa Anjlok Gara-gara PNS, Begini Penjelasannya!

Ekonomi RI Bisa Anjlok Gara-gara PNS, Begini Penjelasannya!


Jakarta, CNBC Indonesia - Kinerja buruk aparatur sipil negara (ASN), termasuk Pegawai Negeri Sipil (PNS) dapat menggerus pertumbuhan ekonomi Indonesia. Padahal saat ini ekonomi Indonesia sedang di posisi terbaik sehingga perlu dipertahankan dengan birokrasi yang sehat.

"Kita menjadi negara yang terbaik saat ini dalam GDP. Kita tertinggi sekarang bahkan Eropa kalah, tapi itu bisa terabrasi oleh buruknya ASN. Kalau ASN buruk, ekonomi tinggi akan terabrasi karena bagaimana kita bisa mempertahankan itu? Kerja susah payah dari sektor ekonomi harus didukung oleh sektor administrasi publik agar bisa mendorong bahkan memberikan efek berlipat ganda bagi pertumbuhan ekonomi," jelas Ketua Tim Panel Independen J.B Kristiadi dalam Forum Konsultasi Publik "Refleksi Membangun Sistem Merit", Senin (28/11/2022).


Ekonomi Indonesia berhasil tumbuh impresif dalam empat kuartal terakhir, yaitu di atas 5% year on year (yoy). Sementara banyak negara yang ekonominya turun signifikan, bahkan jatuh ke jurang resesi.

Kinerja buruk ASN tersebut berkaitan dengan pemilihan umum. Banyak pihak menggunakan praktik politisasi ASN di daerah-daerah untuk memuluskan jalan memenangi pemilu.

"Hambatan-hambatan itu tentu banyak karena sistem perpolitikan kita itu masih berbentuk pemilihan Pilkada, secara langsung, sehingga bisa dibayangkan kalau bapak menjadi seorang pegawai di suatu kabupaten, calon bupatinya si A nah kita diem aja nggak milih nggak dukung, nanti begitu jadi nah kita dipindahkan nggak tau di mana, ini masih terjadi terus," jelasnya.

Menurutnya, ini merupakan hambatan reformasi birokrasi yang berdampak buruk pada perekonomian Indonesia. "Barangkali ini yang menjadi hambatan bagaimana caranya agar korban-korban politisasi tadi tidak memakan atau menggerus pertumbuhan ekonomi yang sudah susah payah kita tegakkan," ujarnya.

link


Oh begitu penjelasannya gan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dan 23 lainnya memberi reputasi
24
Tampilkan isi Thread
Masuk untuk memberikan balasan
berita-dan-politik
Berita dan Politik
28.6K Anggota • 649.3K Threads
Halaman 3 dari 6
Ekonomi RI Bisa Anjlok Gara-gara PNS, Begini Penjelasannya!
30-11-2022 11:13
anggota hewan tuh juga ngabisin duit
0 0
0
Ekonomi RI Bisa Anjlok Gara-gara PNS, Begini Penjelasannya!
30-11-2022 11:15
Aku hampir jadi PNS
0 0
0
Ekonomi RI Bisa Anjlok Gara-gara PNS, Begini Penjelasannya!
30-11-2022 11:16
Quote:Original Posted By perojolan13
Ekonomi RI Bisa Anjlok Gara-gara PNS, Begini Penjelasannya!


Jakarta, CNBC Indonesia - Kinerja buruk aparatur sipil negara (ASN), termasuk Pegawai Negeri Sipil (PNS) dapat menggerus pertumbuhan ekonomi Indonesia. Padahal saat ini ekonomi Indonesia sedang di posisi terbaik sehingga perlu dipertahankan dengan birokrasi yang sehat.

"Kita menjadi negara yang terbaik saat ini dalam GDP. Kita tertinggi sekarang bahkan Eropa kalah, tapi itu bisa terabrasi oleh buruknya ASN. Kalau ASN buruk, ekonomi tinggi akan terabrasi karena bagaimana kita bisa mempertahankan itu? Kerja susah payah dari sektor ekonomi harus didukung oleh sektor administrasi publik agar bisa mendorong bahkan memberikan efek berlipat ganda bagi pertumbuhan ekonomi," jelas Ketua Tim Panel Independen J.B Kristiadi dalam Forum Konsultasi Publik "Refleksi Membangun Sistem Merit", Senin (28/11/2022).


Ekonomi Indonesia berhasil tumbuh impresif dalam empat kuartal terakhir, yaitu di atas 5% year on year (yoy). Sementara banyak negara yang ekonominya turun signifikan, bahkan jatuh ke jurang resesi.

Kinerja buruk ASN tersebut berkaitan dengan pemilihan umum. Banyak pihak menggunakan praktik politisasi ASN di daerah-daerah untuk memuluskan jalan memenangi pemilu.

"Hambatan-hambatan itu tentu banyak karena sistem perpolitikan kita itu masih berbentuk pemilihan Pilkada, secara langsung, sehingga bisa dibayangkan kalau bapak menjadi seorang pegawai di suatu kabupaten, calon bupatinya si A nah kita diem aja nggak milih nggak dukung, nanti begitu jadi nah kita dipindahkan nggak tau di mana, ini masih terjadi terus," jelasnya.

Menurutnya, ini merupakan hambatan reformasi birokrasi yang berdampak buruk pada perekonomian Indonesia. "Barangkali ini yang menjadi hambatan bagaimana caranya agar korban-korban politisasi tadi tidak memakan atau menggerus pertumbuhan ekonomi yang sudah susah payah kita tegakkan," ujarnya.

link


Oh begitu penjelasannya gan


PNS yg paling saya hrgai adalah GURU emoticon-terimakasih
0 0
0
Ekonomi RI Bisa Anjlok Gara-gara PNS, Begini Penjelasannya!
30-11-2022 11:19
harusnya PNS itu hanya sebagai regulator dan pengawas...

pelaksananya serahkan saja lewat tender kontrak ke swasta.
jadi yg bikin KTP, KK, dll semua dikerjakan swasta aja...

BUMN juga gak perlu lah, karena cuma jadi sapi perah parpol pemenang dan koalisi doang.
kualitasnya busukkk
profile-picture
IDHariLibur memberi reputasi
1 0
1
Ekonomi RI Bisa Anjlok Gara-gara PNS, Begini Penjelasannya!
30-11-2022 11:21
Gue kalo jadi pengusaha, gue bangun mall di dekat kementrian atau bumn, karena gue tau PNS itu hedon dan hobi terima suap.. emoticon-Salaman
0 0
0
Ekonomi RI Bisa Anjlok Gara-gara PNS, Begini Penjelasannya!
30-11-2022 11:28
Jangan khawatir kedepannya ASN akan jadi sistem kontrak kayak buruh...
Kerja ga beres alias santai siap² diberhentikan atau tidak diperpanjang kontraknya. Dalam hal ini ane setuju keputusan pemerintah atas perubahan status tersebut...
profile-picture
bang.toyip memberi reputasi
1 0
1
Lihat 9 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 9 balasan
Ekonomi RI Bisa Anjlok Gara-gara PNS, Begini Penjelasannya!
30-11-2022 11:30
eropa kalah? benar ini pernyataannya??
0 0
0
Ekonomi RI Bisa Anjlok Gara-gara PNS, Begini Penjelasannya!
30-11-2022 11:37
Uda seharusnya yg bersifat administratif gini digantikan sm teknologi komputerisasi. Jadi cm butuh sedikit org untuk maintenance sistem

Jadi lbh hemat anggaran
emoticon-Ultah
0 0
0
Ekonomi RI Bisa Anjlok Gara-gara PNS, Begini Penjelasannya!
30-11-2022 11:37
Kalo mau ngirit yang namanya PNS kasih kontrak aja kek buruh pabrik/pegawai swasta, sebelum masa bakti sekian tahun jangan kasih status pegawai tetap.
No pensiun, ganti pesangon sesuai UU ketenaga kerjaan untuk buruh emoticon-Blue Guy Bata (L)
0 0
0
Ekonomi RI Bisa Anjlok Gara-gara PNS, Begini Penjelasannya!
30-11-2022 11:46
padahal ekonomi sedang cantik cantiknya emoticon-Matabelo
0 0
0
Ekonomi RI Bisa Anjlok Gara-gara PNS, Begini Penjelasannya!
30-11-2022 11:47
PNS pekejaan idaman mertua Gaji rutin.siang main soliter
emoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesia
Diubah oleh bejoko520117
0 0
0
Ekonomi RI Bisa Anjlok Gara-gara PNS, Begini Penjelasannya!
30-11-2022 11:47
masak sebesar itu dampaknya terhadap perekonomian?

mungkin kalo birokrasi itu ada dampaknya. . . secara langsung karena pembuatan usaha baru, ijin dsb, kalo sulit pasti jadi pertimbangan investor...
0 0
0
Ekonomi RI Bisa Anjlok Gara-gara PNS, Begini Penjelasannya!
30-11-2022 11:51
Tenang.... tenang..... itu oknumemoticon-Leh Uga
0 0
0
Ekonomi RI Bisa Anjlok Gara-gara PNS, Begini Penjelasannya!
30-11-2022 11:52
Quote:Kinerja buruk ASN tersebut berkaitan dengan pemilihan umum. Banyak pihak menggunakan praktik politisasi ASN di daerah-daerah untuk memuluskan jalan memenangi pemilu.


biar saja nanti dibalas diakhirat
0 0
0
Ekonomi RI Bisa Anjlok Gara-gara PNS, Begini Penjelasannya!
30-11-2022 11:58
Klo PNS yg baru diangkat sih kyknya masih mending ya. Secara penyaringan ketat banget dan ssuai kebutuhan.

Nah yg angkatan lama nih yg jdi masalah. Ane pernah ke beberapa instansi. Ada bnyk oknum ASN kerjaan gak jelas. Duduk duduk doang, ngerumpi, tidur. Klo ada proyek, pihak ketiga dipalak. Wasyu tenan PNS model gitu. Bayangin dah duit negara buat bayarin model kek gitu. Apalagi setelah purna masih dapat uang pensiunan atas hasil kerja yg (GAK JELAS)
0 0
0
Ekonomi RI Bisa Anjlok Gara-gara PNS, Begini Penjelasannya!
30-11-2022 11:59
Dan kesanalah uang pajak kalian mengalir untuk membiayai gaya hidup mereka emoticon-Ngakak

Ane udah ilfeel sama pns setelah sempet magang di suatu dinas penerintahan emoticon-Entahlah
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Ekonomi RI Bisa Anjlok Gara-gara PNS, Begini Penjelasannya!
30-11-2022 11:59
PNS dihujat....

tapi PNS calon mantu idaman

ada lowongan yang daftar jutaan

dihujat tapi tetap dicinta
0 0
0
Ekonomi RI Bisa Anjlok Gara-gara PNS, Begini Penjelasannya!
30-11-2022 12:02
yasudah, besok karyawan/pegawai pemerintah pusat dan pemda diambil dari outsourcing aja semua.
0 0
0
Ekonomi RI Bisa Anjlok Gara-gara PNS, Begini Penjelasannya!
30-11-2022 12:07
lah temen gua..

Gaji 2 digit

10:00 : Sampai kantor
10:00 - 11:00 : sampai kantor, push rank
11:00 - 14:00 : Istirahat
14:00 - 16:00 : push rank sesi 2
16:00 : pulang

Kurang enak apa coba kerja di government? emoticon-Ngakak
0 0
0
Ekonomi RI Bisa Anjlok Gara-gara PNS, Begini Penjelasannya!
30-11-2022 12:14
Duit negara habis cuman buat ASN sama yang kerja di BUMN emoticon-No Hope
0 0
0
Halaman 3 dari 6
icon-hot-thread
Hot Threads
Copyright © 2023, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia