Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

letakkanAvatar border
TS
letakkan
Mengenang Batu Akik yang Dulu Pernah Bikin Orang Tajir

Pada era jaman demam-demamnya batu akik sekitar tahun 2013 silam. Berbagai jenis batu akik bermunculan dari berbagai daerah, bahkan ada yang  saling klaim menyebutkan asal  jenis batu akik tertentu berasal dari daerahnya.

Jika sekarang dibilang kehidupan batu akik telah mati, mungkin Ts salah besar. Lantaran  masih banyak kolektor yang memburu untuk mengkoleksi berbagai jenis batu akik.

Ts sebagai salah seorang yang gemar dengan batu akik pernah mendapatkan pundi-pundi keuntungan dengan menjual berbagai jenis batu akik salah satunya di FJB/lelang. (Kalau ga percaya lihat aja di lapak ane.)

Seiring berjalannya waktu Kegemaran orang terhadap batu akik mempunyai beragam jenis cenderung menurun. Begitu juga dengan pandangannya. Ada yang gemar koleksi untuk  pribadi ada yang memburu untuk dijual kembali. Terlepas dari ini semua Ts tidak membahas lebih dalam soal itu. Namun ada yang menarik perhatian Ts terhadap survival para komunitas batu akik ini.

Apa saja jenis batu akik yang masih diburu Saat ini

Jenis Bacan, Kalsedoni dan batu akik Motif masih digemari saat ini, dan harganya masih terbilang bagus. Namun untuk penjualannya tidak sebagus dulu.

Kini para pelapak batu akik terus berinovasi dengan melakukan penjualan yang dulunya hanya mengandalkan postingan kini mereka masuk ke cara yang lebih trend yaitu siaran Langsung di aplikasi sebelah.

Berikut Ini TS juga akan membeberkan beberapa jenis batu akik yang paling mahal menurut pengalaman Ts pribadi.

6. Amethys (kecubung)
Mengenang Batu Akik yang Dulu Pernah Bikin Orang Tajir

FOTO; AFRICAGEMSTONES


Pada jaman dulu jenis batu ini diceritakan hanya dimiliki oleh kalangan orang atas. Tak banyak yang mengunakannya. Orang tertentu itu seperti Raja dan ratu disamping itu jenis batu ini dipercaya dapat membantu masalah seperti depresi dan sakit kepala. Harganya masih dikisaran ratusan ribu rupiah.

5. Batu  Safir
Mengenang Batu Akik yang Dulu Pernah Bikin Orang Tajir

FOTO BLOGSPOT


Jenis batu ini tergolong jenis batu akik permata, harganya nih masih terbilang mahal namun masih banyak orang yang rela merogoh koceknya untuk memilikinya. Konon batu ini disebut-sebut berkhasiat menenangkan jiwa dan ruh. Untuk harga batu jenis ini dimulai dari harga Rp 150 ribu hingga Jutaan rupiah tergantung kualitasnya.

4. Topaz
Mengenang Batu Akik yang Dulu Pernah Bikin Orang Tajir
Batu jenis kalsedoni yang berwarna oranye kuning dan merah. nah ini jenis berasal dari luar negeri sering ditemukan di Brazil. Sri Lanka, Meksiko dan Rusia.
Harganya cukup terjangkau untuk saat ini namun udah sulit didapat.


3. Kalsedoni Spirtus Baturaja
Mengenang Batu Akik yang Dulu Pernah Bikin Orang Tajir

foto : anfgemstones


Untuk jenis batu akik asal Baturaja, dikenal dengan sebutan Spirtus lantaran warnanya yang menyerupai warna biru spirtus, namun ada juga yang menyebutnya Biru langit Baturaja. Warna biru muda yang cerah ini masih terbilang terjangkau namun apabila warna biru pekat tua yang terserat dalam batu jenis ini nilai jualnya akan semakin tinggi.


2. Bacan
Mengenang Batu Akik yang Dulu Pernah Bikin Orang Tajir

Foto: Gemstone hafiz


Bicara batu bacan sudah tak diragukan lagi. Batu jenis ini memang tergolong banyak jenisnya. Namun harga yang paling mahal sering dihargai puluhan juta terdapat pada batu bacan berwarna hijau. Batu bacan yang sudah mempunyai tingkat kejernihan yang bersih akan memabah harga jual batu asal Halmahera Selatan, Maluku Utara, sekitar Pulau Casilta ini semakin menaikkan kualitas dan harganya bisa lebih mahal. Harga tertinggi pernah mencapai Rp 50 juta per cincin.

1.Batu Gambar
Mengenang Batu Akik yang Dulu Pernah Bikin Orang Tajir

Contoh foto : Net


Batu gambar ini terbilang biasa saja namun jika pola yang terdapat pada jenis batu ini terbentuk mirip dengan sesosok rupa atau gambar yang menonjol harganya akan semakin naik. Ditambah lagi Batu ini telah ememangkan beberapa kontes batu akik wah bisa tambah naik nih harganya dulu pernah terjual hingga Rp 20 miliar.


Itu aja gan info Ts karna terinspirasi dan kangen dengan komunitas batu akik di forum FJB kaskus. Salam Gemslovers.


Refrensi






0
921
8
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.3KThread84.1KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.