• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Era Sudah Modern Tapi Masih Percaya dengan Ramalan? Berikut Ini Beberapa Kerugiannya

masnukhoAvatar border
TS
masnukho 
Era Sudah Modern Tapi Masih Percaya dengan Ramalan? Berikut Ini Beberapa Kerugiannya
Era sudah semakin modern tapi masih percaya dengan ramalan-ramalan dari dukun?
Berikut ini beberapa dampak dan kerugiannya


Ramalan, merupakan usaha-usaha atau proses untuk menerka atau menebak tentang situasi dan kondisi di masa depan terhadap nasib seseorang dengan melakukan ritual tertentu yang seringkali tidak masuk akal karena tidak rasional dan selalu dihubungkan dengan mistis, dukun, juru ramal, ahli nujum, bantuan makhluk ghaib dan sejenisnya.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia alias KBBI, sebutan untuk proses mencari tahu tentang masa depan seseorang melalui ritual tertentu atau mencari di dalam primbon yaitu proses meralam, sedangkan orang yang meramal disebut dengan istilah peramal.

Membahas tentang ramalan dapat dikatakan di setiap daerah atau negara memiliki cara yang berbeda-beda antara satu peramal dengan peramal yang lain dalam memprediksi nasib dari seseorang. Ada yang menebak dengan cara melihat garis tangan, tanggal bulan dan tahun lahir, weton, kartu, dan masih banyak lagi.

Bahkan di era modern dan serba digital seperti sekarang, seseorang yang ingin mengetahui tentang nasib mereka di masa depan tidak perlu mendatangi dukun atau peramal melainkan hanya perlu membuka website ramalan dan melihat seperti apa nasib yang akan dialami di masa depan.

Dari masih banyaknya orang yang percaya terhadap ramalan, apakah percaya terhadap ramalan itu memiliki dampak dan resiko buruk?
Berikut ini beberapa dampak dan resiko buruk percaya terhadap ramalan.




1. Menggantungkan Nasib

Terlalu percaya terhadap ramalan bisa membuat seseorang merasa malas untuk memperjuangkan kehidupannya karena mereka terpengaruh bahwa kehidupannya di masa depan akan kaya raya dan sukses sebagaimana hasil ramalan yang mereka lihat.

Menggantungkan nasib dari ramalan tentu sangat merugikan bagi diri sendiri GanSis, karena yang kalian dapatkan bukan keuntungan melainkan kerugian sebab kualitas hidup akan menurun karena tidak adanya perjuangan untuk menjadikan kualitas hidup semakin baik.

2. Musyrik dari Ajaran Tuhan

Takdir kehidupan dan masa depan manusia adalah rahasia dari Tuhan yang tidak ada satu makhluk pun yang bisa tahu sebelum waktunya datang.
Saat seseorang mempercayai ramalan yang diberikan oleh dukun atau peramal maka sudah dapat dikatakan sebagai sebuah hal yang sirik dan mendekati musyrik karena orang tersebut mempercayai orang lain untuk tebak-tebakan masa depan yang seharusnya tidak diprediksi karena mendahului takdir Tuhan.

3. Merasa Kecewa

Kecewa yang berlebihan juga dapat Agan dan Sista rasakan ketika terlalu percaya terhadap sebuah ramalan masa depan tetapi ternyata ramalan tersebut meleset jauh dari kenyataan yang dialami.

Kekecewaan ini bisa lebih besar dibandingkan dengan kekecewaan karena gagal melakukan sesuatu yang sedang diusahakan dengan keras, itulah sebabnya kenapa mempercayai ramalan itu tidak baik untuk dilakukan.



Itulah tadi GanSis sekilas tentang beberapa dampak dan resiko bahaya terlalu percaya terhadap ramalan.

Konsep dari sebuah ramalan adalah saat benar menjadi sebuah kebetulan dan saat salah memang hanya sebuah tebak-tebakan. Sangat rugi Agan Sista mempercayai ramalan karena memang tidak baik untuk diri sendiri.

Oke, mudah-mudahan thread ini bermanfaat dan ada pelajaran baik yang bisa Agam Sista ambil.




Penulis: @masnukho©2022
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar
1, 2, 3, 4
cheria021
Mighty.Man
bigbabyirl
bigbabyirl dan 25 lainnya memberi reputasi
26
3.6K
144
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.