Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

iskrimAvatar border
TS
iskrim
Ayam Jantan Bisa Bertelur, Hoak Ataukah Fakta?
Ayam Jantan Bisa Bertelur, Hoak Ataukah Fakta?

Kemarin sore sewaktu ngobrol ngalur ngidul sama teman ditempat biasa tiba-tiba lewat ayam jantan milik tetangga lalu timbul pertanyaan iseng saya, "Bro, itu ayam kalau bisa nelor pasti bukan ayam jantan sembarangan", "Lah, emangnya belum tahu, ya ayam jantan emang bisa nelor?"kata Dzul teman saya. "Masa, iya?"

"Gw dulu pernah miara ayam dibelakang rumah.. dari 5 ekor yang 1 jantan, si babon nelor eh si jantan juga pernah ninggalin telor juga.." Nah, karena penasaran saya coba cari tahu di internet dan jawabannya sungguh membuka wawasan saya tentang perteloran di dunia ayam bahkan bebek jantan pun ternyata juga bisa bertelur!

Setelah selesai membaca dari sumbernya saya seperti masuk dalam dunia dongeng humor para binatang dimana pernah mendengar kisah ayam jantan menjaga telur pasangannya dari maling yang sering menyuri telur ayam dengan cara mengecek sarangnya, ada telurnya atau tidak.

Ayam Jantan Bisa Bertelur, Hoak Ataukah Fakta?

..dia yang ngawinin dia juga yang bertelur..wkwk emoticon-Ngakak (S)

Rupanya ayam jantan bisa bertelur bukan cuma ada dalam cerita tapi kenyataannya memang demikian. Sumber yang saya baca mengatakan sebab musabab kenapa ayam jantan bisa bertelur karena awalnya sewaktu mereka masih berada dalam telur belum langsung terbentuk jenis kelamin jantan atau betina nya, di dalam telur itu terdapat yang namanya kelenjar Oviduk.

Nah, setelah mendapat suhu hangat tertentu barulah bakal anak ayam terbentuk jenis kelaminnya jantan atau betina dan kelenjar Oviduk ini kelak bukan hanya dibawa ayam betina saja tapi juga terus terbawa oleh si ayam jantan. Tapi di ayam betina selain memiliki Oviduk tadi tapi juga memiliki Ovarium yang menghasilkan kuning telur.

Ayam Jantan Bisa Bertelur, Hoak Ataukah Fakta?

Si Joni (nama samaran, aslinya Jacky) emoticon-Ngakak (S)

Terjawab sudah ayam jantan bisa bertelur bukanlah hoaks tapi fakta. Umumnya ayam jantan yang bertelur jika umurnya sudah cukup tua, proses bertelurnya sama lewat anusnya/ brutu (kloaka), ciri khas telurnya adalah ukurannya lebih kecil mirip telur puyuh dan isinya hanya putih telur tanpa ada kuning telurnya.

Sedangkan khasiat telur ayam jantan ini menurut cerita rakyat bisa berkhasiat meningkatkan kesaktian benda bertuah seperti keris, azimat dan lain sebagainya. Benar atau tidaknya belum ada ahli menelitinya secara khusus tentang mitos ini.


Ayam Jantan Bisa Bertelur, Hoak Ataukah Fakta?

Sebuah opini
Ref. Tkp
Img. Gugel


Ayam Jantan Bisa Bertelur, Hoak Ataukah Fakta?
Ayam Jantan Bisa Bertelur, Hoak Ataukah Fakta?
Copyright © 2016 - 2022 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS
Diubah oleh iskrim 24-11-2022 00:43
jengge
damel88
damel88 dan jengge memberi reputasi
2
5.4K
16
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.4KThread84.4KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.