Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

gangel160487Avatar border
TS
gangel160487
Heboh.. pontianak, asal usul nama kota (Kuntilanak??) (+PIC)

Welcome, sudah ada beberapa artikel membahas asal usul kota pontianak
Berhubung juga sudah ada filem yang baru rilis menceritakan asal usul nya.. berikut kita ulas kembali

(sorry repost..)
asal usul pontianak dari om Wiki
Pontianak (folklore)
The pontianak (Dutch-Indonesian spelling: boentianak, Jawi: ڤونتيانق) is a female vampiric ghost in Malaysian and Indonesian mythology. It is also known as a matianak or kuntilanak, sometimes shortened to kunti. The pontianak are said to be the spirits of women who died while pregnant. This is despite the fact that the earliest recordings of pontianaks in Malay lore describe the ghost as originating from a stillborn child.[1][2][3] This is often confused with a related creature, the lang suir, which is the ghost of a woman who died while giving birth. The word pontianak is reportedly a corruption of the Malaysian perempuan mati beranak, or “woman who died in childbirth”.[4] Another theory is that the word is a combination of puan (woman) + mati (die) + anak (child). The term matianak means "death of a child". The city of Pontianak in Indonesia is named after this creature, which was claimed to have haunted the first sultan who once settled there.

well kurang tepat kalau dibilang vampiric ghost ya -_-"))
Nama hantu ini justru di jadikan salah satu nama kota terkenal di Indonesia yakni Kota Pontianak. Sedangkan asal usul nama hantu kuntilanak yaitu diambil dari dua kata “Kunti” yang berarti Bunting dan “Anak” yang berarti Anak. Jadi hantu kuntilanak artinya adalah hantu wanita yang meninggal saat bunting atau melahirkan anak.

Dulu pas ane kecil pernah baca cerita or diceritain kalau ada pasangan suami istri dimana si istri sedang mengandung dan suatu hari si suami pergi berburu dan tinggallah si istri yang mengandung itu sendirian di kampung, dan cerita punya cerita si istri pendarahan en meninggal pas suami nya berburu.. skip skip en jadi hantu trus haunted itu kampung en orang kampung latah manggilnya ponti .. ponti



rupanya urban legend si kunti ini sangat terkenal dan penyebutan Pontianak itu rupanya dari bahasa melayu Malay, dimana kalau indonesia nya Kuntilanak dan Tiyanak di Filipina

en saking famous nya si mbak kunti ini sudah banyak filem baik Malay, indo maupun thai yang menceritakan hampir mirip dengan legenda ini.. dan tidak perlu saya sebutkan satu persatu ya :P

Nah berikut saya masukin lagi salah satu artikel di de*ik mengenai nama Kota Pontianak
nama Pontianak bermula dari kisah Syarif Abdurrahman yang sering diganggu oleh hantu berwujud kuntilanak saat menyusuri Sungai Kapuas. Pada awalnya tempat ini bernama Khun Tien yang banyak dihuni oleh para etnis Tionghoa di sepanjang pesisir sungai Kapuas.
Ketika mencapai daerah pertemuan Sungai Kapuas Besar dan Sungai Landak, Syarif Abdurrahman yang merasa terganggu dengan ulah kuntilanak, melepaskan tembakan meriam untuk mengusir hantu yang digambarkan berwujud sesosok perempuan berbaju putih dan berambut panjang ini.
Lalu pada tahun 1192, Syarif Abdurrahman dinobatkan sebagai Sultan Pontianak Pertama. Masjid Raya Sultan Abdurrahman Alkadrie dan Istana Kadariah menjadi penanda letak kekuasaannya.
Selain cerita di atas, sebagian masyarakat juga percaya bahwa asal usul Pontianak berasal dari legenda masyarakat Melayu yang mengambil nama itu dari kata-kata pohon punti. Pohon punti berarti 'pohon-pohon tinggi'. Pada masa itu, wilayah ini memang terkenal dikelilingi dengan pohon-pohon tinggi.
Bukti ini diperkuat dengan catatan sejarah yang ada pada baris ke-14 surat antara Husein bin Abdul Rahman Al-Aidrus (Rakyat Negeri Pontianak) kepada Sultan Syarief Yusuf Al-Kadrie.
Sedangkan pendapat lain menyebutkan jika Pontianak dapat berarti 'pintu anak'. Atau dengan kata lain, daerah ini menjadi gerbang pembatas antara Sungai Kapuas dan Sungai Landak.

Versi lengkap (Alternate Version)
Asal Usul Kota Pontianak Ditinjau dari sejarahnya,
asal usul kota Pontianak dulunya adalah sebuah hutan belantara yang tepat berada di simpang tiga sungai, yaitu sungai Landak, sungai Kapuas, dan sungai Kapuas Kecil. Hutan belantara ini kemudian dibabat dan dibuka oleh sekelompok warga yang berasal dari Kerajaan Melayu. Warga yang dipimpin oleh Syarif Abdurrahman Alkadrie ini menebangi pohon di hutan tersebut dan mendirikan kampungan mulai sejak 23 Oktober 1771 Masehi.
Selama proses pembukaan hutan, para warga terus saja di usik oleh mahluk-mahluk halus berwujud kuntilanak. Terutama saat malam tiba, ketika para warga tengah beristirahat, suara-suara ngeri wanita tertawa dari tengah hutan selalu saja menghantui. Tak jarang bahkan sosok astral itu menampakan wujudnya di seberang sungai. Para rombongannya takut dan sebagian lagi ingin berhenti meneruskan pekerjaannya untuk pulang. Ia kemudian bersiasat untuk membawa sebuah meriam besar ke tengah hutan tersebut. Meriam yang dibawa ini kemudian akan selalu dinyalakan ke arah sumber bunyi kuntilanak agar kuntilanak kaget. Siasat inipun pada akhirnya berhasil. Lambat laun, gangguan dari kuntilanak pun berangsur-angsur hilang. Para pekerja tenang dan hutan berhasil dibuka sepenuhnya.
Syarif Abdurrahman Alkadrie yang kemudian diangkat menjadi sultan bagi kerajaan baru di tengah hutan itu kemudian memberikan nama Pontianak pada daerah kekuasaannya untuk mengabadikan peristiwa gangguan sosok kuntilanak yang terjadi saat proses pembukaan hutan. Hal inilah yang menjadi asal usul nama kota Pontianak yang bertahan hingga saat ini. Seiring waktu berjalan, kota Pontianak silih berganti mengalami perpindahan tampuk kekuasaan. Mulai dari kepemimpinan kesultanan Pontianak, pendudukan pemerintah kolonial Belanda, masa penjajahan Jepang, hingga masa kemerdekaan saat ini.

Sumber: [url]http://kisahasalusul.blog****.com/2015/10/asal-usul-kota-pontianak.html[/url] Disalin dari Blog Kisah Asal Usul.

Demikian asal nama kota Ponti.. berhubung filem nya yang baru rilis juga syuting di kota ini, direkomendasikan untuk ditonton bagi teman teman yang penasaran.. caooo..




Selayang pandang Sungai Kapuas (sungai terpanjang di Indonesia)
Sungai Kapuas atau Sungai Kapuas Buhang[1] atau Batang Lawai (Laue)[2][3][4][5][6] merupakan sungai yang berada di Kalimantan Barat. Sungai ini merupakan sungai terpanjang di pulau Kalimantan dan sekaligus menjadi sungai terpanjang di Indonesia dengan panjang mencapai 1.143 km.

Nama sungai Kapuas diambil dari nama daerah Kapuas (sekarang Kapuas Hulu) sehingga nama sungai yang mengalir dari Kapuas Hulu hingga muaranya disebut sungai Kapuas, namun Kesultanan Banjar menyebutnya Batang Lawai yang mengacu pada nama daerah Lawie atau Lawai (sekarang Kabupaten Melawi) sehingga nama sungai yang mengalir dari Kabupaten Melawi hingga muaranya di sekitar kota Pontianak disebut Sungai/Batang Lawai.


Source: Om Wikip*dia, Googl* dan berbagai sumber.

Thread Lainnya
http://www.kaskus.co.id/thread/57677...-mula---marvel
http://www.kaskus.co.id/post/5762659...d770fd0c8b456d
http://www.kaskus.co.id/post/57624ca...9975c02b8b456a
http://www.kaskus.co.id/thread/57611...ng-awas-ngiler
http://www.kaskus.co.id/thread/5760f...an-itu-artikel
Polling
0 suara
Familiar dengan kota Pontianak
Diubah oleh gangel160487 20-06-2016 09:35
gera198878
gang60487900
gang60487900 dan gera198878 memberi reputasi
2
10K
44
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.