Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • Buku
  • Empat Bacaan Yang Bikin Ane Suka Banget Membaca, Kalo Kalian Gimana?

serbaserbi.comAvatar border
TS
serbaserbi.com
Empat Bacaan Yang Bikin Ane Suka Banget Membaca, Kalo Kalian Gimana?
Hai Semua!

emoticon-Hai

Ane udah suka baca buku bahkan sebelum ane bisa mengeja. Kata emak, dulu sewaktu bocil ane suka nimbrung untuk belajar bareng di rumah paman ane. Jadi ane punya paman yang waktu ane masih balita dia udah SMA. Di rumah beliau selalu diadain belajar bersama yang dihadiri oleh ponakan paman yang lain dan anak tetangga. Nah, ane suka nimbrung di situ, berlagak lagi baca buku padahal cuma mengarang bebas berdasarkan gambar yang ane liat. Ane sih ga inget, ya. Tapi kata emak begitu.

Lalu setelah masuk SD (ane gak pernah belajar di TK) ane langsung tertarik sama dunia membaca. Ane jadi suka buku dan perpustakaan. Tapi sukanya tuh masih kek suka yang biasa aja. Sampe akhirnya ane membaca beberapa buku yang bikin ane jatuh cinta dan bucin parah sama buku. So, ini dia buku-buku atau media bacaannya.

1. Majalah Bobo

Empat Bacaan Yang Bikin Ane Suka Banget Membaca, Kalo Kalian Gimana?

Waktu kelas satu SD pas jam istirahat ane pergi ke perpus bareng temen-temen ane. Sambil ngemut es pepaya cokelat ane keliling nyari bahan bacaan yang agaknya menarik atensi, sedangkan temen ane sibuk mainin mesin tik rusak yang suaranya rame banget. Ketemulah ane majalah bobo edisi tahun 90-an, yang warnanya masih buteg banget. Btw waktu itu tahun 2006, ya. Karena lucu, ane bawa majalah itu ke kursi baca buat dibaca, dan boom! Ane langsung suka! Ane inget, cerpen pertama yang ane baca judulnya "Ikan Hias Hanung" (kalo ga salah).

Sejak hari itu ane jadi makin rajin ke perpus buat nyari majalah bobo yang lain. Tapi nggak ada. Ane jadi sedih banget. Terus ngerengek ke emak minta beliin, ya, dibeliin lah di tukang majalah yang biasa ngemper di pasar. Jadi ane selalu baca majalah bobo edisi telat. Gapapa sih, yang penting baca! Fyiaja, sampe sekarang di saat ane udah mau 23 tahun (next year), ane masih baca majalah bobo di Gramedia Digital. Ane dan Bobo emang gabisa dipisahin hihi.

***

2. Robohnya Surau Kami, A.A. Navis.

Empat Bacaan Yang Bikin Ane Suka Banget Membaca, Kalo Kalian Gimana?

Bagi yang suka baca sastra Indonesia pasti udah nggak asing sama sastrawan legendaris asal Minangkabau ini. Yep, karya beliau juga bikin ane jatuh cinta sama sastra Indonesia. Ane pertama kali baca kumpulan cerita pendek Robohnya Surau Kami waktu kelas 3 SD, pinjem punya paman yang mana paman juga pinjem dari temennya. Setelah namatin buku tersebut ane jadi tertarik buat baca buku yang lebih tebal dan berat ketimbang majalah. Lalu hunting buku pun dimulai.

***

3. Katak Hendak Jadi Lembu, N. St. Iskandar

Empat Bacaan Yang Bikin Ane Suka Banget Membaca, Kalo Kalian Gimana?

Lagi-lagi sastra lama, dan ane baca ini gak lama setelah namatin Robohnya Surau Kami. Ane nemu novel ini di perpustakaan sekolah. Karena nggak boleh dibawa pulang, hasrat membaca ane bikin ane nyembunyiin buku itu dan bawa pulang diem-diem (jangan ditiru). Kayaknya sampe sekarang belum ane balikin deh. Btw novel ini tuh keren banget menurut ane. Isinya penuh sindiran dan satire yang walopun jadul tapi masih relate sama kehidupan sekarang. Coba deh baca.

***

4. Tarass Boulba; Pahlawan Bangsa Kozak, Nicolas Gogol

Empat Bacaan Yang Bikin Ane Suka Banget Membaca, Kalo Kalian Gimana?

Novel luar pertama yang ane baca. Masih sama, ane nemu buku ini di perpustakaan sekolah waktu kelas lima atau enam SD. Novel ini juga yang bikin ane tertarik dengan genre fiksi sejarah atau realitism sejarah. Btw ini tuh bagus banget. Tentang Taras Boulba bersama kedua putranya yang menjadi pemimpin perang antara bangsa Kozak melawan orang Polandia. Namun, di pertengahan perang, salah seorang putra Taras terpikat dengan putri Polandia sampai-sampai ia berkhianat dan memutuskan untuk memihak pada Polandia dan harus berperang melawan ayah, saudara, dan bangsanya sendiri. Btw ane nggak pernah namatin novel ini sampe sekarang karena novel yang ane pinjam waktu itu nggak lengkap. Ane cuma baca sampe Taras dan putranya yang setia ketangkep musuh.

***

Nah, tiga novel dan satu majalah di atas yang bikin ane suka banget membaca. Lalu waktu SMP ane belajar sama guru Bahasa Indonesia yang juga kutu buku. Beliau bahkan bawa koleksi bacaannya ke kelas untuk dibaca selama 30 menit sebelum belajar dan dipinjamkan secara gratis. Waktu itu ane tertarik banget dengan karya-karya Gol A Gong. Dari beliau juga ane tertarik buat memperluas genre bacaan dan mulai mengoleksi buku-buku pake uang tabungan sendiri.

Sampe hari ini ane udah baca banyak banget buku, tapi koleksi bukunya belum terlalu banyak. Karena finansial ane belum semandiri itu, maka ane lebih milih minjem buku di perpusda atau langganan e-book di Gramedia biar murah. Kadang juga baca e-book gratis di Ipusnas.

Oiya, setelah bertahun-tahun perjalanan membaca, ane akhirnya menemukan genre favorit yaitu fiksi fantasi, fiksi sejarah, dan self improvement. Sementara genre yang nggak terlalu ane sukai adalah romance.

Itu cerita ane, Gengs. Kalo kalian gimana perjalanan membacanya? Yuk sharing!

Hirarahmi39
iblast867583
iblast867583 dan Hirarahmi39 memberi reputasi
2
1.6K
16
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Buku
BukuKASKUS Official
7.7KThread4KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.