Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

Chikashi.MasudaAvatar border
TS
Chikashi.Masuda
Banjir Terjang 9 Kecamatan di Medan, Ribuan Rumah Warga Terendam

CNN Indonesia
Sabtu, 19 Nov 2022 14:45 WIB

https://www.cnnindonesia.com/nasiona...warga-terendam

Medan, CNN Indonesia -- Banjir menerjang sembilan kecamatan di Kota Medan, Sumatera Utara (Sumut), sejak Jumat (18/11) malam. Ribuan rumah warga di wilayah tersebut terendam dengan ketinggian bervariasi.
Sembilan kecamatan yang terendam banjir antara lain Kecamatan Medan Johor, Kecamatan Medan Petisah, Kecamatan Medan Baru, Kecamatan Medan Sunggal.

Kemudian Kecamatan Medan Helvetia, Kecamatan Medan Barat, Kecamatan Medan Belawan, Kecamatan Medan Selayang, dan Kecamatan Medan Maimun.

Banjir tak hanya merendam rumah rumah warga namun juga jalan umum, dan fasilitas umum. Meskipun demikian, air mulai surut di beberapa wilayah.


"Hujan terjadi disebabkan hujan intensitas tinggi dan hujan daerah pegunungan mulai pukul 19.30 wib di wilayah Kota Medan," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Medan, M Husni kepada CNNIndonesia.com, Sabtu (19/11).

Husni mengatakan banjir tak hanya disebabkan hujan deras, namun juga sejumlah sungai yang meluap dan banjir kiriman dari hulu.

"Sungai meluap karena di kawasan hulu terjadi hujan. Ada tiga sungai induk yang meluap antara lain Sungai Deli, Sungai Belawan, dan Sungai Bedera," ucapnya

Menurutnya, tim BPBD masih melakukan pendataan jumlah rumah yang terendam banjir. Selain itu, petugas juga telah menurunkan perahu karet untuk mengevakuasi warga yang terjebak di dalam rumah.

"Petugas dari tadi malam sudah mengevakuasi warga. Karena debit air semakin tinggi memasuki rumah warga. Kita juga dirikan posko pengungsian dan dapur umum. Saat ini pendataan masih terus dilakukan," katanya.

Ribuan Rumah Terendam
Lebih lanjut, Husni mengatakan terdapat 1.699 rumah dengan 1.843 kepala keluarga yang terdampak banjir. Ia menyebut 238 orang telah dievakuasi ke sembilan lokasi pengungsian sementara.

"Untuk lokasi yang paling parah umumnya di bantaran Sungai Deli, Tanjung Rejo, Komplek Bumi Asri," ujarnya.

Husni memastikan pihaknya telah menyalurkan bantuan untuk warga yang terdampak banjir.

"Petugas juga menyalurkan bantuan berupa sembako dan peralatan pengungsian untuk warga. Kita tetap imbau masyarakat agar waspada mengingat saat ini musim hujan dan intensitas curah hujan juga tinggi," katanya.

bestieku
muhamad.hanif.2
nomorelies
nomorelies dan 4 lainnya memberi reputasi
3
728
11
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672.1KThread41.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.