kipas.angin.199Avatar border
TS
kipas.angin.199
Saat Lemper Dibilang Mirip Sushi oleh Jurnalis Asing KTT G20


NUSA DUA, KOMPAS.com - Jurnalis asing yang meliput KTT G20 di Nusa Dua, Bali, menyebut lemper mirip sushi roll ketika menyantap kudapan khas Indonesia tersebut. Dikutip dari siaran pers Tim Komunikasi Media dan G20, sejumlah jurnalis asing menyatakan bahwa dari segi rasa, tekstur, dan penampilan lemper mirip dengan sushi makanan Jepang. 

Bedanya hanya pada bungkusnya. Sushi dibungkus nori dan bisa dimakan, sedangkan lemper dibalut daun pisang yang tidak bisa dimakan. “So far, makanan Indonesia enak semua,” kata Annete dari ZDF German Television. Ia mengaku sering heran dengan makanan Indonesia yang enak dan banyak macamnya. 

Saya vegetarian, tapi saya menyukai makanan Indonesia yang tidak ada olahan hewan. Untuk dessert yang dimiliki negara Anda begitu banyak dan partner kerja saya ini sangat menyukai lemper. Saya lihat dia makan begitu menikmati dan enak,” jelasnya. 

Para pewarta dari luar negeri mencicipi jajanan Indonesia saat meliput di Media Center Bali International Convention Center (BICC) Westin Hotel, Nusa Dua. Jajanan disajikan sebagai makanan penutup, antara lain wajik, kue apem, lemper, dan beberapa kudapan tradisional khas Nusantara lainnya. Makanan kecil ini juga dihidangkan untuk sarapan pagi, makan siang, dan makan malam. 

Pilihan hidangan internasional juga tersaji seperti makanan Barat, India, oriental, tetapi kudapan lokal dilaporkan menarik perhatian tersendiri di mata awak media asing. “Banyak media yang menyukainya, biasanya media asing ragu-ragu makannya tapi sekali makan biasanya mereka balik lagi untuk mengambilnya,”kata Edy, staf minuman BICC. 

Senada dengan pernyataan Edy, Chief Photographer AFP yaitu Chai Hin Goh mengakui kegemarannya menyantap kudapan Indonesia. “Awalnya saya mencoba membeli kudapan di salah satu toko kue hingga sekarang saya selalu berlangganan membelinya setiap ke Indonesia. Ada beberapa item kue yang selalu saya beli,” ungkapnya. 

Chai menambahkan, setiap pagi sebelum beraktivitas ia selalu berbekal kue dari toko roti favoritnya, “Gorengan macam martabak telor, apem, dan getuk, saya suka dan beberapa kali saya membeli. Apabila bosan, biasanya saya akan mencoba yang lain. Tapi saya tidak suka dengan kue-kue berkuah dan lembek-lembek.” 


Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Saat Lemper Dibilang Mirip Sushi oleh Jurnalis Asing KTT G20...", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/global/read/2022/11/16/190500970/saat-lemper-dibilang-mirip-sushi-oleh-jurnalis-asing-ktt-g20-?page=all.

Kalo di Jakarta, Lemper sering banget dipakai pas rapat, Biasanya dari Holland Bakry, Majestick Bakrey dan Lupa namanya Restoran Manado.. 
emoticon-2 Jempol

Masih ada aja makanan Getuk di zaman Modern.... Jawa Tengah Banget tuuhh...emoticon-Ngakak (S)
nomorelies
GoKiEeLaBieEzZ
darkwilliam00gg
darkwilliam00gg dan 9 lainnya memberi reputasi
10
2.3K
71
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670.2KThread40.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.