gabener.edanAvatar border
TS
gabener.edan
Bike to Work Sebut Heru Budi Usul Jalur Sepeda di Kompleks: Mindsetnya Eropa
Jakarta - Ketua Bike to Work Indonesia Fahmi Saimima mengungkap isi pertemuannya dengan Pj Gubernur DKI Heru Budi Hartono. Fahmi menyampaikan Pemprov DKI tetap menganggarkan jalur sepeda di tahun depan.
"Ini bagian dari silaturahmi kita ke Gubernur. Kontrol publik terhadap isu-isu yang berkembang Minggu lalu dan Pak Gubernur juga sudah sambut baik," kata Fahmi pada wartawan di Gedung Balai Kota pada Jumat (18/11/2022).

Fahmi juga mengatakan Heru Budi mengusulkan adanya pembuatan jalur sepeda di permukiman atau kompleks. Fahmi mengaku diminta untuk melakukan survei agar ide Heru terealisasi.

"Itu bagian dari ide beliau ya karena beliau tinggal lama di Eropa sekitar 7 tahun di Austria dan beliau bilang sebenarnya harus dibangun itu adalah berbasis lingkungan berbasis kompleks berbasis masyarakat yang memang mobilitasnya hanya di sekitar situ, jadi misal dari rumah ke kantor, rumah ke rumah, sekolah ke rumah, apakah itu dekat gitu," ujarnya.

"Beliau menganggarkan tolong cari daerah mana yang sesuai produktivitas masyarakat yang senang bersepeda. Yuk kita bangun di dalam satu koridor dan itu usulan baru juga dari seorang Gubernur yang menurut saya mindsetnya udah mindset Eropa gitu," jelasnya.


Fahmi menambahkan ide tersebut juga disampaikan Dinas Perhubungan DKI yang ikut dalam pertemuan tersebut. Fahmi menyampaikan gagasan itu akan jadi catatan bagi Dinas Perhubungan.

"Ya itu didiskusikan dan juga jadi catatan sih buat pembangunan di Dinas Perhubungan," ucapnya.

Sebelumnya Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo menjelaskan optimalisasi jalur sepeda akan dilakukan berdasarkan hasil rekomendasi dari evaluasi komprehensif.

Sehingga tak menutup kemungkinan ada penambahan jalur sepeda baru dalam kegiatan optimalisasi. Hanya saja sifatnya menghubungkan jalur satu dengan jalanan di lingkungan kompleks.

"Optimalisasi bukan berarti nggak bangun jalur baru ya, contohnya begitu ada jalan lingkungan yang harus dikoneksikan jalur sepeda agar lebih optimal, maka itu bisa disiapkan," jelasnya.

Syafrin juga membeberkan data harian jumlah pesepeda di Ibu Kota. Tercatat, sekitar 3 ribu pesepeda mengaspal di jalur sepeda yang disiapkan. Angka ini mengalami peningkatan dibandingkan sebelum adanya jalur sepeda di jalanan kota.

"Sebelum ada jalur sepeda rata-rata 47 sepeda. 47 orang. Setelah dilakukan pengembangan jalur sepeda, bahkan terakhir di Agustus itu 4 ribu pesepeda per hari," ucapnya.

https://news.detik.com/berita/d-6413...ndsetnya-eropa

Membangun itu sesuai kebutuhan terlebih jakarta dah parah macetnya...

Bkn kaya abud yg goalnya mau heboh saja tanpa tau skala prioritas kerja.

emoticon-Traveller
petani.syusyu
muhamad.hanif.2
mahfudz.umri
mahfudz.umri dan 13 lainnya memberi reputasi
14
2.2K
33
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670.2KThread40.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.