Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • Militer
  • RIP Falcon ! F-16 Milik Skadron Wild Ducks Kini Jadi Penghuni Baru Kuburan Boneyard

si.matamalaikatAvatar border
TS
si.matamalaikat
RIP Falcon ! F-16 Milik Skadron Wild Ducks Kini Jadi Penghuni Baru Kuburan Boneyard
Quote:


Setiap jet tempur punya masa pakai dalam rentang waktu tertentu, dan jika sudah tiba waktunya, jet tempur tersebut akan dihentikan penggunannya. Hal tersebut kini dialami oleh F-16 A/B Block 25 milik 309th Fighter Squadron "Wild Ducks" yang bermarkas di Luke Air Force Base. Pasalnya pesawat tersebut kini resmi dipensiunkan dan seluruh pesawat sudah dikirim ke kuburan pesawat Boneyard di Arizona.

Sebagai gantinya, skadron Wild Ducks akan mengoperasikan F-16 C/D Block 42 yang lebih baru, di mana pesawat ini dulunya dipakai oleh 310th Fighter Squadron “Top Hats.”  Pada bulan Juli 2022, Top Hats menjadi unit terbaru USAF yang memensiunkan F-16. Di mana unit ini telah mendapatkan jet tempur baru berupa F-35. Dan bertepatan dengan ulang tahun ke-80 Skadron Bebek Liar, unit ini mencat F-16 terakhir mereka dengan warna biru terang, tak lupa siluet gambar bebek ditambahkan pada sirip tegak F-16.

Sebagai tambahan informasi, selama lebih dari satu dekade Luke Air Force Base (AFB) telah mengoperasikan F-16. Pangkalan ini pada masanya dipenuhi F-16, dan dijadikan pangkalan pelatihan utama untuk F-16 oleh USAF. Tetapi sejak 2014, Air Education and Training Command’s resident 56th Fighter Wing, mulai melepaskan inventaris F-16 yang dimiliki. Hal itu dilakukan karena kehadiran pesawat tempur generasi kelima meluas di seluruh skuadron tempurnya.

Quote:


F-16 Block 25 telah beroperasi dari Luke AFB sejak awal 1990-an. Data terbaru yang dikumpulkan oleh Skadron “Wild Ducks” memperkirakan bahwa, selama bertahun-tahun, F-16 Block 25 yang pernah melengkapi beberapa unit di Luke menerbangkan sekitar 75.000 sorti, setara dengan 96.000 jam terbang atau 11 tahun terbang terus menerus. F-16 Block 25 terakhir berangkat dari Luke pada 19 September 2022, menuju kuburan pesawat Boneyard. Pesawat tersebut kini dikelola oleh 309th Aircraft Maintenance and Regeneration Group (AMARG) di Pangkalan Angkatan Udara Davis-Monthan.

Sebagai tambahan informasi, saat ini Skadron Wild Ducks masih memiliki sisa dua unit F-16 Block 25 dan hanya digunakan untuk latihan personel teknisi baru di darat, mulai dari latihan perawatan pesawat hingga pemasangan amunisi. Total Wild Ducks memiliki 24 jet tempur F-16 Block 25. Saat ini mereka telah menerima 27 unit F-16C/D Block 42 bekas pakai dari 310th Fighter Squadron "Top Hats." Pesawat itu terdiri dari 16 F-16C kursi tunggal serta 11 F-16D kursi tandem.

Karena Luke Air Force Base hanya memiliki satu skadron F-16, maka pelatihan untuk F-16 sebagian telah dipindahkan ke Pangkalan Angkatan Udara Holloman di New Mexico, bersama dengan skadron pelatihan di Tucson dan di San Antonio, Texas. 

Quote:


Untuk F-16 Block 25 yang dikirim ke kuburan pesawat Boneyard, Kapten Wanzer penerbang senior dari Wild Ducks mengatakan kepada The War Zone, jika sebagian dari F-16D akan berjemur di bawah sinar matahari Arizona (lokasi kuburan pesawat) tanpa batas waktu. Biasanya memang pesawat akan dibiarkan begitu saja di lokasi yang dimaksud, dan jika ada komponen penting yang masih bisa digunakan maka akan diambil.

Sementara untuk F-16C milik Skadron Wild Ducks yang berkursi tunggal akan segera dikonversi menjadi QF-16 Full-Scale Aerial Targets (FSAT). Itu berarti pesawat tua ini masih memiliki beberapa kesempatan terbang yang tersisa, meskipun dia ditakdirkan untuk jatuh oleh rudal udara ke udara dalam pengujian atau latihan realistis di New Mexico atau Florida. Di sisi lain, versi pertama F-16 memang sudah uzur, dan ketika USAF mulai memakai F-35; maka F-16 yang paling tua akan segera disingkirkan. Selamat jalan Falcon !


---------------




Referensi Tulisan: The War Zone
Sumber Foto: USAF & Jamie Hunter
Diubah oleh si.matamalaikat 17-11-2022 13:47
cor7
gabener.edan
mynameisant
mynameisant dan 9 lainnya memberi reputasi
10
3.3K
19
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Militer
MiliterKASKUS Official
20KThread7.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.