ih.sulAvatar border
TS
ih.sul
Apakah Sepak Bola Akan Mati?


Mungkin Anda sudah dengar beberapa orang mengatakan Piala Dunia Qatar terasa jauh lebih sepi dibanding piala dunia sebelumnya. Mungkin Anda juga tidak lagi merasakan semangat menggebu-gebu saat melihat tim-tim unggulan dari negara-negara terpilih saling beradu tendangan. Saya juga begitu. saya bahkan tak tahu tanggal berapa piala dunia tahun ini dibuka.

Bagaimana pendapat Anda dengan judul tulisan ini? Jika ditanya apakah sepak bola akan mati atau tidak, maka saya bisa jamin sepak bola tidak akan mati. Trennya memang menurun, tapi tak akan sepenuhnya mati. Dan kalaupun benar-benar mati, sepak bola pasti akan bangkit kembali meski mungkin dalam bentuk yang berbeda.



Namun, coba ingat kembali masa kecil Anda. Dulu Anda mungkin sangat rajin bermain sepak bola. Anda dan teman-teman satu komplek akan bermain setiap sore dan baru akan berhenti bila adzan maghrib berkumandang. Tapi itu dulu, sekarang bagaimana?

Perkembangan teknologi dan mudahnya akses internet telah merubah minat anak-anak jaman sekarang. mungkin kita sudah jarang melihat lapangan sepak bola karena digantikan oleh gedung perkantoran atau mall perbelanjaan, tetapi jumlah anak-anak yang amat berminat pada sepak bola pun mengalami penurunan signifikan.



Mungkin kita dulu suka bermain bola karena itu adalah hal paling seru untuk dilakukan, tetapi di jaman sekarang ada banyak hal yang lebih menarik bisa ditemukan di dalam smartphone. Mobage dan sosial media adalah apa yang menjadi minat generasi muda. Tanpa adanya generasi muda, bisa dijamin sepak bola dan banyak olahraga lainnya akan gigit jari.

Coba bayangkan saat Ronaldo dan Messi pensiun, itu pasti akan jadi hantaman telak bagi industri sepak bola. Setelah mereka, pemain-pemain legendaris yang kita idolakan semasa kecil akan berhenti dan pada akhirnya hanya generasi baru yang tersisa. Apakah akan ada generasi baru yang bisa menyamai popularitas Ronaldo dan Messi di era yang sudah kehilangan minat akan sepak bola?



Di masa depan banyak hal pasti akan berubah. Mungkin di masa depan bukan lagi manusia yang bermain bola melainkan robot-robot. Atau mungkin saja permainan akan dipindahkan ke Metaverse dan karakter bisa diupgrade dengan crypto. Well, kita lihat saja….

sumur
mamahku13
ar.pen
h.suhengki
h.suhengki dan 30 lainnya memberi reputasi
17
8.1K
160
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sundul Bola
Sundul BolaKASKUS Official
5.6KThread5.6KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.