• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Kenapa Kamen Rider Black Sangat Melegenda di Indonesia? Inilah Alasannya

cintadineAvatar border
TS
cintadine
Kenapa Kamen Rider Black Sangat Melegenda di Indonesia? Inilah Alasannya


Seri Kamen Rider yang diproduksi oleh Toei masih terus berlanjut setiap tahunnya sampai sekarang. Puluhan seri sejak zaman Showa sudah pernah ditayangkan. Namun, hanya beberapa di antaranya yang benar-benar terkenal sampai ke luar Jepang. Kalau di era Heisei ada Kuuga yang sukses besar dan dianggap sebagai salah satu seri terbaik dan menjadi seri yang berhasil membangkitkan kembali seri Kamen Rider setelah sebelas tahun vakum.

Selain Kuuga ada satu seri lagi yang sangat terkenal, yaitu Kamen Rider Black atau kalau di Indonesia disebut Ksatria Baja Hitam yang diikuti oleh sekuelnya yaitu Black RX.

Black begitu fenomenal dan melegenda, khususnya di Indonesia. Kamen Rider yang diperankan oleh Tetsuo Kurata ini sebenarnya adalah serial KR terakhir untuk era Showa tapi jusrtu menjadi yang paling sukses ketika awalnya para penonton Kamen Rider sudah mulai jenuh dengan formula yang itu-itu saja.

Kenapa Kamen Rider Black bisa sangat melegenda?

Seri Kamen Rider yang Digarap dengan Serius


Shotaro Ishinomori yang dikenal sebagai bapak Tokusatsu adalah perancang serial Kamen Rider yang dimulai dari Kamen Rider (1971) dengan membuat template yang sama yaitu manusia yang diubah menjadi cyborg (kecuali Amazon) lalu melawa organisasi kejahatan. Nah, sebenarnya Black ini juga memakai konsep yang kurang lebih sama namun digarap lebih serius dan ditambah dengan teknologi yang lebih canggih yang ada di era akhir tahun 80an.

Berbagai aspek pun lebih ditingkatkan seperti adegan pertarungan, pengambilan gambar, kostum, dan lain-lain.

Cerita yang Menarik


Meskipun memiliki template yang sama dengan seri Kamen Rider yang lain, namun Black dan Black RX tetap menyuguhkan cerita yang menarik yaitu pertarungan antara Kotaro Minami alias Ksatria Baja Hitam dan Nobuhiko alias Shadow Moon yang dicuci otak menjadi jahat oleh Gorgom. Keduanya adalah sahabat sekaligus saudara angkat. Pertarungan yang sangat emosional.

Cerita satu episode satu monster pun saat itu masih relevan di masanya, karena pada saat itu belum ada platform streaming sehingga cerita satu episode satu masalah selesai sangatlah cocok.

Kostum yang Keren


Kamen Rider Black bisa dibilang merupakan Kamen Rider dengan desain kostum terbaik di era Showa, karena menggunakan kostum keras secara keseluruhan dan warna hitam yang dominan membuatnya terlihat keren. Desain kostum ini tak terlepas dari upaya Ishinomori Production yang menggarap serial ini lebih serius dari seri-seri Kamen Rider sebelumnya.

Lagu Pembuka dan Penutup yang Memorable


Lagu opening Black dan Black RX sangat memorable, lagu tersebut membuat penonton semangat karena lirik dan nadanya yang heroik. Lagu pembuka Kamen Rider Black dinyanyikan sendiri oleh Tetsuo Kurata. Lagu penutup Kamen Rider Black (Long Long Ago) juga menguras emosi dan bisa dibilang menjadi salah satu lagu closing serial tokusatsu terbaik.

Kamen Rider Pertama dengan Lebih dari Satu Form

Black RX menjadi pionir Kamen Rider dengan lebih dari satu form dan formula ini juga digunakan oleh serial Kamen Rider selanjutnya sampai dengan sekarang. Desain form ini juga menjadi yang pertama dengan berbasiskan skill. Ya, RX Bio dengan skill bergerak cepat dan RX Robo dengan skill menembak namun bobotnya menjadi lebih berat. Black RX juga menjadi Kamen Rider dengan senjata spesial berupa lightsaber dan juga menjadi Rider pertama yang memiliki mobil tempur.

Satu-Satunya Kamen Rider yang Punya Sekuel


Sampai saat ini, Black menjadi satu-satunya Kamen Rider yang punya seri sekuel yaitu Black RX. Belum ada lagi Kamen Rider yang punya dua seri sekaligus, walaupun Black dan Black RX apabila digabungkan, jumlah episodenya belum bisa mengalahkan jumlah episode Kamen Rider Ichigo.

Tayang di Indonesia di Waktu yang Tepat


Ya, Kamen Rider Black sangat melegenda di hati anak-anak 90an Indonesia karena serial ini tayang di waktu yang sangat tepat. Yaitu di era keemasan pertelevisian Indonesia. Kala itu periode 90an, bermunculan tv swasta Indonesia. Tontonan tv sangat menarik, menonton tv adalah sesuatu yang mengasyikan karena belum ada internet.

Tayangnya Ksatria Baja Hitam di Indonesia kala itu memberikan tontonan yang menarik bagi anak-anak sampai ratingnya pun tinggi. Kehadiran Ksatria Baja Hitam begitu fenomenal kala itu sampai bermunculan pernak-pernik seputar Ksatria Baja Hitam seperti kartu, sampai dengan tas dan baju yang bergambarkan Ksatria Baja Hitam.

Nah, ada lagi yang mau nambahin gan? emoticon-Big Grin

Referensi
Diubah oleh cintadine 15-11-2022 08:46
gpandita
si.matamalaikat
screamo37
screamo37 dan 8 lainnya memberi reputasi
9
7.7K
41
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.8KThread82.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.