skiesmanAvatar border
TS
skiesman
Dirut PAM Ungkap Air Tanah Jakarta Pinggir Laut Paling Tercemar Tinja

Jakarta, CNN Indonesia - Direktur Utama PAM Jaya Arief Nasrudin mengungkapkan air tanah di wilayah Jakarta dekat laut memiliki tingkat pencemaran tinja paling paling tinggi.

"Jadi (kontaminasi) E-Coli nya sudah cukup besar, tinggi ya, terutama di daerah Jakarta yang berdekatan dengan laut ya," ujar Arief saat ditemui di Hotel Grand Cempaka, Jakarta Pusat, Senin (14/11).

"Besar sekali, di luar kewajaran dari standar E-Coli yang biasanya tetap ada di air, walaupun itu tidak bisa hilang sama sekali," imbuh dia.

Hal tersebut disampaikan di tengah kabar sekitar 70 persen sumber air minum rumah tangga di Indonesia terkontaminasi tinja, seperti hasil Studi Kualitas Air Minum Rumah Tangga (Kementerian Kesehatan) pada 2020 lalu.

UNICEF pada Februari 2022 juga mengutip hasil studi yang menunjukkan hampir 70 persen dari 20 ribu sumber air minum rumah tangga di Indonesia tercemar limbah tinja.

Arief kemudian menjelaskan air tanah bisa tercemar tinja akibat pengeksploitasian yang menyebabkan lapisan tanah kian menipis dan mudah korosi. Kondisi tersebut yang berpotensi menyebabkan kontaminasi septic tank ke air bersih.

"Pada saat korosi, kan di rumah itu ada septic tank dan sumur berdekatan. Jadi itu yang kemudian tidak ada batasan penguatan di antara septic tank dan sumur gitu ya. Sehingga itu mudah terkontaminasi air yang ada di bawah tanah antara air septic tank dan air bersih," jelas Arief.

Ia menyebut masyarakat sebaiknya menggunakan air pipa. Namun, ia menyadari masih banyak masyarakat belum bisa melakukan hal tersebut akibat pipa air kini belum menjangkau secara keseluruhan.

Sehingga, kondisi tersebut dinilai jadi pekerjaan rumah (pr) bagi PAM Jaya untuk mempercepat pembangunan aliran pipa air. Pihaknya menargetkan pipa air telah tersalurkan pada 2030.

"(Strategi) Salah satunya percepatan ini, 2030 kita harus kemudian pipa semua sudah tersalurkan dan itu bisa bahasanya kita mengejar kedaulatan rakyat," kata dia.

SUMURRR


pilot2isekai078
muhamad.hanif.2
muhamad.hanif.2 dan pilot2isekai078 memberi reputasi
2
783
13
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670.1KThread40.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.