• Beranda
  • ...
  • Militer
  • MC-12W Liberty - Pesawat yang Dipakai Untuk Amankan Kedatangan Joe Biden di Indonesia

si.matamalaikatAvatar border
TS
si.matamalaikat
MC-12W Liberty - Pesawat yang Dipakai Untuk Amankan Kedatangan Joe Biden di Indonesia
Quote:


Menjelang gelaran KTT G20 di Bali (15 - 16 November), Angkatan Udara AS (USAF) telah mengirim beberapa aset udaranya untuk mengawal dan mengamankan kedatangan Presiden Joe Biden dalam acara bergengsi tersebut, menurut artikel indomiliter.comsalah satu pesawat intai USAF; yakni MC-12W Liberty dikabarkan telah tiba di Indonesia.

Dan pada kesempatan kali ini, penulis akan mengajak Agan berkenalan dengan MC-12W Liberty. Dimulai dari misi, pesawat ini digunakan untuk memberikan dukungan intelijen, pengawasan dan pengintaian langsung kepada pasukan atau unit yang berada di darat. Atau bahasa gaulnya adalah ISR (Intelligence, surveillance and reconnaissance). MC-12W Liberty memakai basis pesawat bisnis Hawker Beechcraft Super King Air 350ER.

Dari segi dimensi, MC-12W punya panjang 14,22 meter; lebar bentang sayap 17,65 meter dan tinggi 4,37 meter. Berat maksimum MC-12W saat lepas landas adalah 7,5 ton. Pesawat ditenagai 2 mesin Pratt & Whitney PT6A-60A. Pesawat punya kecepatan terbang 600 km per jam dengan kapasitas bahan bakar 2.355 kg. Untuk jarak jelajah, MC-12W dapat terbang sejauh 4.444 km, serta bisa terbang di ketinggian maksimum 10.668 meter.

Quote:


Pesawat intai ini diawaki 2 pilot, 1 orang bertugas sebagai combat systems officer dan 1 lagi bertugas sebagai tactical systems operator. Mengutip artikel si website USAF, pesawat intai ini dilengkapi berbagai fitur canggih yang terdiri dari sistem misi, sensor inframerah elektro-optik, sambungan data komunikasi line-of-sight dan satelit, bersama dengan rangkaian komunikasi suara yang kuat.

Selain dimaksimalkan untuk misi ISR, pesawat ini umumnya digunakan sebagai joint forces air component commander asset, fungsinya adalah mendukung komandan pasukan gabungan dalam sebuah misi. Sebagai tsmbahan informasi, pesawat MC-12W pertama tiba di Key Field di Meridian, Mississippi, 28 April 2009. MC-12W pertama kemudian menerbangkan sortie dukungan tempur pertamanya pada 12 Juni 2009.

Saat ini total ada 13 pesawat yang beroperasi bersama USAF. Pesawat tersebut kemudian dipindahkan dari Key Field menuju Will Rogers Air National Guard Base pada 10 Juli 2015. Saat ini ke-13 pesawat bertugas bersama 137th Air Wing, Oklahoma Air National Guard. Untuk harga satu unit pesawat dengan konfigurasi lengkap seperti milik USAF, harganya sekitar US$17 juta.



----------------




Referensi Tulisan: indomiliter.com& USAF
Sumber Foto: USAF & jetphotos.com
Diubah oleh si.matamalaikat 12-11-2022 09:36
jagotorpedo
anton2019827
mynameisant
mynameisant dan 10 lainnya memberi reputasi
11
2.2K
11
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Militer
MiliterKASKUS Official
20KThread6.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.