mabdulkarimAvatar border
TS
mabdulkarim
Profil Ribka Haluk, Gubernur Perempuan Pertama di Tanah Papua




Ribka Haluk, Penjabat (Pj) Gubernur Papua Tengah. (Foto : iNews/Widya M)
JAKARTA, iNews.id - P rovinsi Papua resmi dimekarkan dengan adanya tiga Daerah Otonomi Baru (DOB). Ketiganya yakni Provinsi Papua Tengah, Papua Pegunungan dan Papua Selatan.

Untuk Papua Tengah dengan ibu kota di Kabupaten Nabire akan dipimpin Penjabat Gubernur Ribka Haluk. Dia sekaligus menjadi perempuan pertama yang menjadi gubernur di Tanah Papua.

Nama Ribka di pemerintahan bukanlah orang baru di Papua. Dia sudah malang melintang mengisi posisi strategis di pemerintahan, seperti menjadi Penjabat Bupati Kabupaten Yalimo, Provinsi Papua pada tahun 2021 dan Penjabat Bupati Kabupaten Mappi di tahun 2017.

Ribka juga pernah menjabat sebagai Kepala Dinas Sosial Kependudukan dan Catatan Sipil Papua. Sebelum dilantik sebagai Pj Gubernur Papua Tengah, dia diangkat menjadi Staf Ahli Mendagri Bidang Aparatur dan Pelayanan Publik.


Baik Beberapa jabatan lainnya selama dinas yakni menjadi Kadis Sosial dan Pemukiman Provinsi Papua (2014), Kadis Kesejahteraan  Kemudian Kaban Pemberdayaan Perempuan dan KB Kabupaten Jayawijaya (2011), Sekretaris Badan Pemberdayaan Perempuan dan KB Jayawijaya (2010), Kasubbag Tata Usaha Jayawijaya (2009), Kepala Kantor Pemberdayaan Perempuan Kabupaten Jayawijaya (2004) dan Kasubdin Peningkatan Kesejahteraan Keluarga Jayawijaya (2001)

Tito Karnavian mengatakan, pelantikan Ribka Haluk sebagai Penjabat (Pj) Gubernur Papua Tengah merupakan wujud pengarusutamaan kesetaraan gender dalam dunia kepemimpinan di Indonesia.

"Kita kan salah satu arus kuat sekali yang sekarang ada di masyarakat. Di Indonesia kita ini adalah persamaan gender," kata Tito seusai meresmikan tiga provinsi baru di Papua dan melantik tiga penjabat gubernur di Kantor Kemendagri, Jakarta, Jumat (11/11/2022).

Dia menambahkan pengalaman Ribka yang sempat menjabat sebagai Pj Bupati Yalimo telah meyakinkan Pemerintah pusat untuk menunjuknya sebagai Pj Gubernur Papua

Pelantikan ini sesuai dengan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 115/P Tahun 2022 tentang Pengangkatan Penjabat Gubernur.

Adapun, wilayah Papua Tengah ini meliputi Kabupaten Nabire (Ibu Kota Provinsi), Kabupaten Paniai, Mimika, Kabupaten Dogiyai, Deiyai, Intan Jaya, Puncak dan Kabupaten Puncak Jaya.

https://papua.inews.id/berita/profil...tanah-papua/2.
Gubenur perempuan pertama di Papua emoticon-Big Grin
Semoga bisa menangani provinsi Papua Tengah yang lumayan gerakan seperatis bersenjata dan demonstrasi minta referendum terlebih ada Freeport di mana kontribusi ke PAD akan dialihkan ke Papua Tengah..
Semoga Provinsi Papua bakal dapat PJ juga..

Sosok Ribka Haluk, Pj Gubernur Papua Tengah: Perempuan OAP yang Pernah Hadapi Konflik Pilkada


Sosok Ribka Haluk, Pj Gubernur Papua Tengah: Perempuan OAP yang Pernah Hadapi Konflik Pilkada
Kompas.com/Dhias Suwandi
Kepala Dinas Sosial Papua, Ribka Haluk
TRIBUN-PAPUA.COM, JAYAPURA - Ribka Haluk resmi dilantik sebagai Penjabat (Pj) Gubernur Papua Tengah pada Jumat (11/11/2022),

Mantan Kepala Dinas Sosial Kependudukan dan Pencatatan Sipil Papua, itu dilantik setelah ditunjuk oleh Presiden  Joko Widodo (Jokowi) dalam Keputusan Presiden Nomor 115/P/2022.

Ribka Haluk dan dua putra asli Papua lainnya dilantik oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian, atas nama Presiden Jokowi.

Keduanya; mantan Kepala Kejaksaan Tinggi Papua Nikolaus Kondomo sebagai Pj Gubernur Papua Pegunungan, dan  eks Rektot Uncen Apolo Safanpo untuk Pj Gubernur Papua Selatan.

Usai pelantikan, Tito Karnavian menyebut eks Pj Bupati Yalimo itu menjadi simbol emansipasi perempuan, sekaligus diharapkan sanggup menghadapi tantangan di Papua Tengah.


PENJABAT GUBERNUR DOB: Nikolaus Kondomo (kiri), Ribka Haluk (tengah), dan Apolo Safanpo (kanan) dijadwalkan besok, Jumat (11/11/2022) bakal dilantik sebagai Penjabat Gubernur di tiga provinsi baru yaitu Provinsi Papua Tengah, Provinsi Papua Pegunungan, dan Provinsi Papua Selatan. (Istimewa)

"Ibu Ribka, tadi saya sudah saya sampaikan, pada waktu (menjabat) Pj Bupati Yalimo itu di tengah-tengah konflik saat itu, pilkada. Saya sedikit agak underestimate, tapi ternyata beliau mampu menyelesaikan," ungkap Tito selepas pelantikan.

"Nah, mudah-mudahan di Papua Tengah yang tidak gampang, saya tahu, itu beliau bisa merangkul semua pihak. Selain belaiu dari orang gunung kan, suami beliau dari Nabire," jelasnya.

Perjalanan Karier

Ribka lahir di Piramid, 10 Januari 1971.

Ia merupakan tamatan S1 Universitas Cenderawasih.

Ribka juga meraih gelar magister Ilmu Administrasi Universitas Garut sebelum menempuh studi doktoral Ilmu Manajemen Universitas Cenderawasih.

Ia cukup berpengalaman dalam birokrasi di Bumi Cenderawasih, khususnya dalam soal pemberdayaan perempuan Ia pernah duduk sebagai Kepala Kantor Pemberdayaan Perempuan Kabupaten Jayawijaya (2004).


Itu sebelum menjadi Sekretaris Badan Pemberdayaan Perempuan dan KB Kabupaten Jayawijaya (2010) dan menjadi kepala badan yang sama setahun berselang.

Pada 2014, ia duduk sebagai Kepala Dinas Sosial dan Permukiman Papua. Kemudian, ia ditunjuk sebagai Pj Bupati Mappi pada 2017 sebelum ditunjuk jadi Pj Bupati Yalimo pada 2021.

Lalu, menjelang pelantikannya sebagai Pj Gubernur Papua Tengah, Ribka ditarik Tito menjadi Staf Ahli Mendagri Bidang Aparatur dan Pelayanan Publik untuk memenuhi syarat eselon I sebagai pj gubernur.

Pelantikan Ribka sebagai staf ahli baru dilakukan pada Rabu (9/11/2022), sehari sebelum ditetapkan sebagai Pj Gubernur Papua Tengah oleh Presiden Jokowi lewat Keppres 115/P/2022. (*)

https://papua.tribunnews.com/2022/11...nflik-pilkada.
Gak mudah mengatasi konflik apalagi Pildaka di Papua


3 Penjabat Gubernur DOB Papua Dilantik, Karangan Bunga Lukas Enembe Curi Perhatian Publik

Kolase Tribun-Papua.com
Kabag Pemberitaan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Ali Fikri (kiri), menjelaskan bahwa KPK telah menggeledah rumah Gubernur Papua Lukas Enembe (kanan) di Jakarta, Kamis (13/10/2022).
TRIBUN-PAPUA.COM - Ada yang menarik perhatian publik saat peresmian tiga provinsi baru sekaligus pelantikan Penjabat (Pj) Gubernur DOB Papua, di Kantor Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Jakarta, Jumat (11/11/2022).

Sebuah karangan bunga mengatasnamakan Gubernur Papua Lukas Enembe tampak menghiasi kantor Kementerian yang dipimpin Tito Karnavian, eks Kapolda Papua.

"Selamat dan sukses atas peresmian Prov. Papua Selatan, Prov. Papua Tengah, dan Prov. Papua Pegunungan," tulis karangan bunga tersebut.

"Serta pelantikan Penjabat Gubernur Papua Selatan, Penjabat Gubernur Papua Tengah, dan Penjabat Gubernur Papua Pegunungan oleh Menteri Dalam Negeri."

Diketahui, Lukas Enembe saat ini berstatus tersangka kasus suap dan gratifikasi yang diusut Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Politisi Partai Demokrat itu belum bisa diperiksa dan ditahan karena masih menderita sakit.

Sebagai informasi, tiga provinsi baru tersebut merupakan pemekaran atas provinsi Papua induk.

Undang-undang yang mengatur pembentukan tiga provinsi tersebut disahkan oleh DPR RI pada 30 Juni 2022.

Informasi yang dihimpun Kompas, penjabat yang akan dilantik itu adalah Apolo Safanpo untuk Pj Gubernur Papua Selatan; Nikolaus Kondomo untuk Pj Gubernur Papua Pegunungan, serta Ribka Haluk untuk Pj Gubernur Papua Tengah


Karangan bunga yang mengatasnamakan Gubernur Papua Lukas Enembe
UCAPAN - Karangan bunga yang mengatasnamakan Gubernur Papua Lukas Enembe tampak menghiasi kantor pusat Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) pada Jumat (11/11/2022), bersamaan dengan peresmian 3 provinsi baru Papua dan pelantikan para penjabat (pj) gubernurnya.(KOMPAS.com / VITORIO MANTALEAN)
Apolo merupakan Rektor Universitas Cendrawasih Papua, dan Nikolaus merupakan Kepala Kejaksaan Tinggi Papua.

Sementara itu, Ribka menjabat sebagai Kepala Dinas Sosial Kependudukan dan Catatan Sipil Papua.

Berdasarkan undang-undang pembentukan masing-masing DOB (daerah otonomi baru) itu, penjabat gubernur akan mengemban banyak tugas.

Mereka memiliki kewajiban dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah serta pembentukan dan pengisian perangkat daerah sesuai ketentuan.

Mereka juga wajib memfasilitasi pembentukan Majelis Rakyat Papua (MRP) dan Dewan Perwakilan Rakyat Papua (DPRP) provinsi serta memfasilitasi pemilihan gubernur-wakil gubernur definitif sesuai perundang-undangan.

Para penjabat gubernur juga wajib mengelola keuangan daerah sesuai peraturan perundangan. (*)

https://papua.tribunnews.com/2022/11...hatian-publik.

Ngasih karangan bunga juga
simsol...
jerryreality419
muhamad.hanif.2
muhamad.hanif.2 dan 3 lainnya memberi reputasi
2
1.7K
10
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670.2KThread40.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.