harrywjyyAvatar border
TS
harrywjyy
3 Tanda Hobi Yang Berubah Menjadi Adiksi, Harus Berhenti Secepatnya!

Sumber Gambar

Memiliki hobi tentunya adalah hal menyenangkan bagi semua orang. Dengan hobilah kita bisa menghabiskan waktu dengan hal yang menyenangkan. Di dunia ini ada banyak hobi yang menyenangkan dan bermanfaat.

Namun selain bermanfaat, nyatanya hobi juga tidak selalu berefek positif. Kadang hobibjuga bisa menjadi satu hal tidak baik untuk kita bila kita tidak bisa mengelolanya dengan baik. Setidaknya ada tanda-tanda khusus ketika hobi sudah menjadi hal yang tidak baik.

Apa sajakah itu? Berikut adalah daftarnya gan!emoticon-Ngacir



1. Lupa Prioritas

Kadang karena terlalu menekuni hobi, kita bisa saja berjam-jam bahkan seharian melakukan hobi kita. Bahkan kita melewatkan momen-momen penting yang terjadi di keluarga atau di lingkungan kita. Semua itu terjadi karena kita sibuk dengan hobi.

Jika sudah seperti ini, maka tanda bagi kita untuk segera berhenti sejenak dan memikirkan lagi. Apa yang jadi prioritas kita? Jangan sampai karena hobi, kita lupa dengan hal penting yang seharusnya kita dahulukan ketimbang hobi kita.

2. Hilang Kendali

Gara-gara hobi juga seseorang jadi tidak bisa mengendalikan dirinya. Entah dalam hal apapun. Misalnya ketika hobinya dicap negatif, maka orang yang kehilangan kendali ini akan mengeluarkan reaksi berlebihan dan menyerang balik orang yang mengecap hobinya negatif. Padahal, semua orang punya pendapat masing-masing.


Sumber Gambar

Hal ini juga terjadi pada sektor finansial. Karena terlalu menekuni hobi, kita jadi tidak bisa mengontrol pengeluaran uang kita. Apapun yang berkaitan dengan hobi kita beli. Berapapun harganya, ia rela mengeluarkan uang.

Itu adalah ciri bahwa kita sudah hilang kendali dalam menekuni hobi.

3. Berdampak Negatif

Seperti yang sudah TS jelaskan di atas, hobi seharusnya menjadi hal yang membawa dampak positif. Namun hobi juga bisa memberikan hal negatif kepada kita. Ketika kita sudah terlalu memberikan semuanya untuk hobi kita, maka hal negatif itu akan terasa.

Sebagai contoh, begadang demi melakukan hobi yang sebenarnya tidak baik untuk kesehatan. Dampak negatifnya apa? Jadi mengantuk keesokan harinya. Hobi yang sudah berdampak negatif lebih baik ditinggalkan sejenak, lalu pikirkan lagi. Untuk apa sih hobi ini?


Sumber Gambar

Ya itulah tadi tiga pertanda apabila hobi kita sudah menjadi sesuatu yang adiktif dan tidak baik untuk keseharian kita. Hobi memang menyenangkan, tapi perhatikan juga hal lain dia sekitar kita. Karena hobi diciptakan untuk kita, bukan kita yang diciptakan untuk hobi.

Segala sesuatu yang berlebihan memang tidak baik, dan itu terbukti benar. Jadi terapkan batasan-batasan khusus untuk hobi kita supaya kita tidak keluar batas. Jadikan hobi kita sebagai hal menyenangkan dan bermanfaat.

Gimana gan? Kalo hobi kamu apa nih? emoticon-Blue Guy Peace

Ditulis oleh Harry Wijaya
Tulisan dan Narasi Pribadi


emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan
MemoryExpress
evywahyuni
nketiahrobin763
nketiahrobin763 dan 18 lainnya memberi reputasi
19
7.2K
102
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Hobby & Community
Hobby & CommunityKASKUS Official
10.4KThreadā€¢6.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
Ā© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.