c4punk1950...Avatar border
TS
c4punk1950...
Sejarah Pakaian Tradisional Wanita Korea, Ternyata Memperlihatkan Bagian Dada!




Hi sobat sejarah,

Kita kembali lagi dengan konten sejarah yang akan dibahas dengan santuy, tidak seperti di buku sejarah yang terlalu monoton dan bikin ngantuk kalau dibacanya.

Sebenarnya banyak sejarah dunia yang mungkin kita tak pernah tahu dari buku sejarah, maklum buku sejarah hanya membahas sejarah yang terbatas tidak menyeluruh.

Bahkan sejarah pakaian tradisional bangsa Indonesia saja tidak ada yang mau membahasnya, malah dokumen-dokumen pakaian tradisional Indonesia banyak di temukan di musium Belanda. Dimana saat itu wanita dari kalangan rakyat jelata lebih banyak bertelanjang dada. Dan itu di pulau Jawa, masih banyak tradisi seperti itu hingga VOC berkuasa.



Bahkan di Bali ketika dunia semakin modern dan Indonesia sudah merdeka juga masih ada kultur tradisi seperti demikian.

Sama halnya dengan Indonesia bagaimana dengan sejarah pakaian tradisional di Korea?

Kalau kita lihat drama Korea kolosal maka Hanbok adalah baju adat Korea Selatan yang telah ada sejak zaman Dinasti Joseon. Namun beredar foto-foto menarik dari pengkhotbah Amerika yang bernama Taylor yang dipublikasikan majalah National Geographic.



Pakaian tradisional dimasa itu ternyata memperlihatkan dada perempuan, namun foto ini memang jarang di publish dan banyak orang yang tidak tahu.

Bisa dilihat pada gambar dibawah ini,



Lukisan kuno itu menunjukkan Hanbok yang dipakai ada bagian yang tidak tertutup yaitu dibagian dada.

Untuk lebih jelasnya lagi, kamu bisa perhatikan juga peninggalan dari patung yang menperlihatkan pakaian tradisional Korea ini.



Lantas apakah semua pakaian tradisional Korea untuk wanitanya memang terbuka di area dada?

Tentu tidak, karena hanya perempuan yang bisa melahirkan anak laki-laki yang diperbolehkan mengenakan pakaian lengkap tertutup. Jadi, kasta sosial wanita di Korea memang rendah sekali. Hingga terkadang mereka nikah campur dengan bangsa lain khususnya China.

Setidaknya inilah Hanbok yang digunakan untuk masyarakat umum pada saat itu, tentu berbeda dengan Hanbok yang dipakai oleh kalangan kerajaan.



Bagaimana ternyata Korea modern sangat berbeda dengan masa lalu, itulah yang dinamakan perubahan zaman dari sebuah peradaban. Maka, kalau masih ada orang yang nostalgia dengan peradaban masa lampau lambat laun akan tersingkir dengan kemajuan zaman.

Terima kasih yang sudah membaca thread ini sampai akhir, bila ada kritik silahkan disampaikan dan semoga thread ini bermanfaat, tetap sehat dan merdeka. Ane c4punk pamit undur diri, See u next thread.

emoticon-I Love Indonesia



"Nikmati Membaca Dengan Santuy"


Tulisan : c4punk@2022
referensi : 1, 2
Pic : google

emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star










h.suhengki
evywahyuni
winardo32
winardo32 dan 15 lainnya memberi reputasi
16
4.3K
64
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sejarah & Xenology
Sejarah & XenologyKASKUS Official
6.5KThread10.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.