• Beranda
  • ...
  • Militer
  • Indo Defence 2022: PT Pindad Perkenalkan Motor Listrik Bernama Moto EV

si.matamalaikatAvatar border
TS
si.matamalaikat
Indo Defence 2022: PT Pindad Perkenalkan Motor Listrik Bernama Moto EV
Quote:


Dalam acara pembukaan Indo Defence 2022 pada 2 November lalu di JIExpo, Kemayoran; TNI menampilkan atraksi pembebasan sandera memakai kendaran taktis buatan dalam negeri. Di hadapan Presiden Joko Widodo dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto serta tamu undangan VIP, beberapa alutsista buatan lokal tersebut unjuk kemampuannya.

Yang menarik perhatian penulis dari demo dinamis tersebut adalah dilibatkannya motor listrik buatan PT Pindad, di mana motor itu diberi nama Moto EV. Motor ini memakai lampu ganda berebntuk lingkaran yang memakai LED. Kemudian pada kaki-kaki depan, sudah dilengkapi dengan suspensi upside down, pelek jari-jari serta ban jalan raya. Moto EV sudah dilengkapi instrumen cluster full digital yang menampilkan kecepatan, tenaga yang digunakan, odometer, posisi gigi, serta suhu baterai. Sebagai pengingat agan, prototype Moto EV pertama kali ditampilkan PT Pindad di sela-sela event balap motor WSBK pada November 2021 lalu di sirkuit Mandalika.

Bicara soal performa, motor ini bisa digeber sampai kecepatan maksimum 80 km/jam di jalan aspal. Moto EV bisa menempuh jarak 100 km dalam sekali pengisian baterai. Untuk pengisian daya menggunakan metode pengisian cepat, dari nol sampai 100 persen hanya membutuhkan waktu dua jam saja.

Quote:


Di bagian samping, bodi motor dibuat cukup besar dimensinya untuk menutup baterai dari motor listrik ini. Untuk baterainya memiliki daya 72V 50Ah. Moto EV bisa menghasilkan tenaga 5 kW dan torsi 30 Nm sampai 38 Nm. Tenaga dan torsi tersebut bisa diperoleh sejak putaran gas dibuka.

Riovan, Developer Engineering PT Pindad kepada Kompas.commengatakan bahwa, motor ini akan digunakan untuk kendaraan taktis bagi kebutuhan TNI. Riovan menambahkan jika, motor ini akan digunakan sebagai kendaraan patroli, maka dari itu didesain punya jarak jelajah yang jauh. Karena masih berstatus prototype, PT Pindad akan melakukan penyempurnaan desain dan performa.

Sementara artikel Airspace Review menyebutkan jika Moto EV akan digunakan untuk mendukung tugas patroli TNI, utamanya Moto EV akan digunakan oleh Babinsa di masing-masing wilayah. Sebagai penutup, berikut ini adalah spesifikasi Moto EV:

Quote:




-------------




Referensi Tulisan: Airspace Review& Kompas.com
Sumber Foto: Kompas.com & Airspace Review
69banditos
mynameisant
fredielogan14
fredielogan14 dan 10 lainnya memberi reputasi
11
3.2K
35
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Militer
MiliterKASKUS Official
20KThread6.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.