Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

valkyr1Avatar border
TS
valkyr1
Heru Budi Beri 2 Opsi ke Warga Terdampak Normalisasi Ciliwung
Heru Budi Beri 2 Opsi ke Warga Terdampak Normalisasi Ciliwung

Jakarta - Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menyiapkan dua opsi bagi warga terdampak normalisasi Kali Ciliwung. Kedua opsi itu akan ditawarkan ketika Pemprov DKI membebaskan lahan untuk proyek normalisasi.

Heru memerinci opsi pertama adalah memberikan ganti untung kepada pemilik alas hak yang berada di pinggiran kali. Sebagai informasi, alas hak ini merupakan salah satu syarat untuk mengajukan permohonan hak atas tanah.

"Kami memiliki dua opsi. Pertama, warga yang masih memiliki lahan dan alas haknya di pinggir kali akan diganti untung," kata Heru Budi di Balai Kota DKI Jakarta, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Selasa (8/11/2022).

Sedangkan opsi kedua ialah menawari warga pindah ke rumah susun (rusun) yang disiapkan oleh DKI. Heru berujar opsi kedua ini diterapkan kepada warga yang tak memiliki alas hak, seperti penghuni bedeng pinggiran kali.

"Kedua, bagi warga yang tinggal di bantaran kali dan tidak memiliki alas hak, kami pindahkan ke rusun," terangnya.

Eks Wali Kota Jakarta Utara itu menyampaikan saat ini dia berfokus merampungkan normalisasi di kawasan Jakarta Timur dan Jakarta Selatan. Menurutnya, dua wilayah ini membutuhkan upaya pengendalian banjir. Selama mengamban tugas Pj Gubernur, ia menargetkan normalisasi Ciliwung dapat terealiassi sepanjang 4,8 kilometer.

Pemprov DKI pun tahun depan menganggarkan Rp 700 miliar untuk pembebasan lahan normalisasi Ciliwung. Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta Yusmada Faizal menerangkan total pembebasan lahan yang ditargetkan adalah 6,45 hektare. Kelurahan yang akan dilakukan pembebasan lahan ialah, pertama, Kelurahan Cawang, Kramat Jati, 2,25 hektare.

Kemudian, Kelurahan Rawajati, Pancoran, yang kebutuhan pembebasan lahannya sebanyak 1,5 hektare. Lalu Kelurahan Cililitan, Kramat Jati, sebanyak 0,8 hektare; serta di Kelurahan Kampung Melayu, Jatinegara, sebanyak 1,95 hektare.

"Itu sasaran kita untuk 2023. Pembebasan semua dari pemda, pusat fisiknya," kata Yusmada, Selasa (1/11) lalu.

Yusmada membeberkan sejatinya terdapat 7 kelurahan prioritas pembebasan lahan untuk proyek normalisasi Kali Ciliwung. Kendati begitu, pihaknya sepakat pada 2023 akan mengutamakan empat kelurahan terlebih dahulu. Dengan begitu, pihaknya dapat menyelesaikan tanggung jawab pemerintah daerah dalam pembebasan lahan.

https://news.detik.com/berita/d-6395...isasi-ciliwung

Sungguh 5 tahun yang sia-sia.. emoticon-Malu (S)




emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)
Cosmoflip
anu.ku.l
asurizal
asurizal dan 16 lainnya memberi reputasi
17
1.4K
30
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672.1KThread41.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.