Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Masih Banyak yg Salah Mana Syrup Mana Sirop, Kamu Termasuk Gak Nih?

iskrimAvatar border
TS
iskrim
Masih Banyak yg Salah Mana Syrup Mana Sirop, Kamu Termasuk Gak Nih?


Belum lama ini, dimedia lagi ramai membicarakan telah beredar beberapa merk obat sirup yang bisa menyebabkan gagal ginjal bagi yang meminumnya. Berniat ingin sembuh dari penyakit malah menambah penyakit akibat obat syrup atau sirup yang diminum ternyata berbahaya.

Ketua Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN), Rizal E Halim meminta kepada Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) untuk mencekal sementara izin edar beberapa merk produk obat sirup yang terindikasi berbahaya itu.

Tidak disangka, obat sirup yang dikonsumsi untuk anak-anak ini efeknya bisa menyebabkan gagal ginjal akut karena disebabkan oleh kandungan Etilen Glikol (EG) dan Dietilen Glikol (DEG) yang melebihi ambang batas pada obat sirop dimaksud.



Nah, berbicara sirup sendiri ternyata kita juga tahu telah lama beredar yang namanta sirop. Tapi apakah kita sebenarnya tahu perbedaan keduanya, sirup dan sirop? Jangan-jangan selama ini kita menganggapnya sama, atau terbalik memahaminya.. padahal beda!

Jadi, menurut sumber yang saya baca perbedaan sirup dan sirop adalah kalau sirup yaitu obat yang berbentuk cairan, biasanya tersedia aneka rasa manis yang umumnya untuk dan disukai anak-anak. Cara penggunaannya pun biasanya dibantu dengan sendok khusus dengan takaran tertentu dan atas petunjuk dokter.

Sedangkan sirop adalah cairan gula yang agak kental, terkadang diberi bahan tambahan berupa cairan yang terbuat dari aroma bahan-bahan makanan (esens), memiliki aroma khas dan warna. Sirop dikemas dalam botol dan sering kita temui di minimarket sampai supermarket.



Sebagai tambahan, karena Squash bentuknya mirip dengan sirup dan sirop maka sekalian saya masukan disini supaya tidak gagal paham. Squash, yaitu minuman yang diolah dari campuran sirup atau gula dan dari sari buah dengan atau tanpa bagian yang dapat dimakan dari satu jenis buah atau lebih dan dalam penggunaannya diencerkan dengan air mirip sirop.

Nah, dari penjelasan dan perbedaan ketiganya bisa dibilang hampir banyak kemiripannya, kan? Jadi mulai sekarang saya harap kalian sudah tahu bedanya sirup, sirop dan squash.




Sebuah opini
Ref. Tkp1, [URL=https://id.m.wikipedia.org/wiki/Sirop#:~:text=Sirop%20atau%20sirup%20(dari%20Bahasa,memiliki%20kecenderungan%20untuk%20mengendapkan%20kristal.]Tkp2[/URL], Tkp3
Img. Gugel




Copyright © 2016 - 2022 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS
Diubah oleh iskrim 06-11-2022 02:50
songosongo
darkwilliam00gg
hiestelle
hiestelle dan 4 lainnya memberi reputasi
5
1.9K
35
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.2KThread83.6KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.