• Beranda
  • ...
  • Militer
  • Indo Defence 2022: PT Infoglobal Tampilkan Mockup Jet Tempur i-22 Sikatan

si.matamalaikatAvatar border
TS
si.matamalaikat
Indo Defence 2022: PT Infoglobal Tampilkan Mockup Jet Tempur i-22 Sikatan
Quote:


Meski Indonesia telah berkomitmen untuk meneruskan proyek jet tempur KF-21, akan tetapi hal itu tidak menyurutkan semangat sebuah perusahaan swasta untuk memperkenalkan mockup jet tempur baru di JIExpo, Kemayoran; selama acara Indo Defence 2022. Jet tempur yang dikategorikan sebagai generasi 4,5 tersebut diberi nama i-22 Sikatan.Huruf "i" merupakan akronim dari Infoglobal, angka 22 menunjukkan tahun 2022, sementara Sikatan diambil dari nama burung yang kecil dan lincah.

Sekilas profil tentang PT Infoglobal Teknologi Semesta, merupakan perusahaan yang bergerak di bidang avionik pesawat tempur, pengolahan data radar, sistem kontrol senjata, serta perangkat lunak aplikasi pertahanan. Perusahaan ini sudah eksis sejak tahun 1992.

Dalam wawancara dengan Airspace Review pada 2 November 2022, Direktur Utama Infoglobal Adi Sasongko mengatakan jika i-22 sekelas dengan T-50 dan KF-21. Untuk proses perancangan desain pesawat, PT Infoglobal bekerja sama dengan perusahaan desain kedirgantaraan dalam negeri, yakni Vimana Litbang & Rekayasa.

Menurut artikel Airspace Review, i-22 Sikatan merupakam jet tempur multiperan yang dapat dibekali beragam senjata mulai dari rudal udara ke udara, rudal udara ke darat, dan bom. Mengikuti tren penempur generasi 4.5, desain Sikatan telah dilengkapi kemampuan siluman (stealth) serta menggunakan bahan komposit; sehingga pesawat sulit dideteksi radar milik lawan. Pesawat dibekali dua kursi tandem dan dua mesin untuk mendukung misi tempur yang maksimal.

Quote:


Sementara itu, mengutip artikel resmi di website PT Infoglobal Teknologi Semesta, pihak perusahaan menyebut jika pengembangan jet tempur ini akan dilakukan dalam 3 tahapan, mulai dari pengembangan trainer aircraft pada fase pertama, fighter demonstrator pada tahap kedua, serta yang terakhir adalah tahap strike fighter aircraft. Infoglobal menambahkan, kemampuan multiperan yang ditawarkan Sikatan antara lain peperangan elektronik, intelijen, pengawasan, dan pengintaian jarak jauh.

i-22 Sikatan memiliki panjang 12,5 m; rentang sayap 7 m; dan tinggi 3,5 m. Saat wawancara dengan Airspace Review, pihak PT Infoglobal menargetkan jika prototype pertama pesawat tempur bisa diluncurkan sekitar tahun 2025 atau 2026. Yang menarik, proses pembuatan i-22 Sikatan akan dilakukan di fasilitas PT Infoglobal di Bandara Ngloram, Blora, Jawa Tengah.


Quote:




------------


Referensi Tulisan: PT Infoglobal Teknologi Semesta
Sumber Foto: PT Infoglobal Teknologi Semesta
Diubah oleh si.matamalaikat 07-11-2022 14:40
mynameisant
badbironk
69banditos
69banditos dan 10 lainnya memberi reputasi
11
4.4K
27
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Militer
MiliterKASKUS Official
20KThread6.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.