harrywjyyAvatar border
TS
harrywjyy
6 Manfaat Positif Dari Hobi Menulis, Bisa Dapat Uang Gan!


Sumber Gambar

Menulis adalah kegiatan yang cukup sering dilakukan banyak orang. Entah itu menulis surat, tugas atau sekedar hal-hal yang sepele. Namun, banyak juga orang yang menjadikan kegiatan menulis sebagai hobi mereka.

Bisa dengan menulis fiksi seperti cerpen, novel dan puisi. Atau menulis non fiksi seperti berita, opini atau artikel. Ada banyak hal positif yang bisa kita dapatkan dari menulis yang bisa memberikan banyak improvement ke dalam diri kita.

Apa sajakah itu? Berikut daftarnya!emoticon-Blue Guy Cendol (S)



1. Memperkaya diksi dan kosakata

Dengan menulis, tentu kita akan terbiasa untuk memakai berbagai kosakata untuk tulisan kita supaya tidak monoton. Dengan sering menulis, kita akan terbiasa dengan berbagai kosakata yang mungkin jarang diketahui orang.

Kaya kosakata sangat bermanfaat, selain untuk menulis juga untuk berbicara di depan umum. Ketika public speaking, pemilihan kata yang tepat sangatlah penting.

2. Melatih Imajinasi dan berpikir kreatif

Terutama untuk yang menulis fiksi, imajinasi amat sangat diperlukan. Kita harus bisa mengeksplorasi dan mengembangkan hal-hal di sekitar kita menjadi sebuah ide baru yang segar.

Hal itu juga berlaku untuk penulis non fiksi. Kreativitas dalam berpikir sangat dibutuhkan untuk mengembangkan kembali topik-topik yang sudah ada menjadi tulisan dengan sudut pandang yang berbeda misalnya.

3. Mampu berpikir kritis

Menulis tentu tidak asal-asalan dan perlu struktur yang baik. Dalam penulisan novel misalnya, kita memerlukan plot yang saling berkaitan satu sama lain dan masuk akal. Untuk itu kita akan merancang outline yang sedemikian rupa.

Hal semacam ini akan membuat kita mulai berpikir dan mengkritisi tulisan kita sendiri. Kita akan terlatih untuk mulai mempertanyakan kejanggalan yang ada di tulisan kita sendiri atau bahkan orang lain. Dan disitulah kita akan terlatih untuk berpikir kritis.


Sumber Gambar

4. Mampu menuangkan opini dan ekspresi

Menilai juga jadi tempat berekspresi yang menyenangkan. Kita bebas menuliskan apa saja sesuai isi hati kita, perasaan kita dan ide-ide kita. Hanya ada kita, pena dan kertas. Orang-orang seperti TS adalah orang yang sulit mengungkapkan opini dan perasaan melalui lisan. Dan menulis bisa jadi alternatif untuk mengekspresikan diri.

Menulis juga bisa melepas perasaan seperti stress, sebagai contohnya ketika menulis buku harian atau mengetik tweet di sosial media misalnya. Itu bisa jadi media yang bagus asal apa yang kita tulis positif.

5. Menambah wawasan diri sendiri maupun orang lain

Dengan menulis, tentunya kita perlu riset dan pendalaman mengenai apa yang kita tulis. Kita akan terbiasa untuk mengulik internet atau buku-buku yang bisa menjadi referensi untuk tulisan kita.

Dengan begitu, akan banyak masukan ke diri kita. Pengetahuan kita akan bertambah semakin sering kita riset. Tak hanya itu, tulisan yang kita hasilkan pun akan menjadi wawasan baru bagi para pembaca nantinya.

6. Mendapat Uang

Hobi menulis juga jadi salah satu hobi yang bisa menghasilkan uang bagi pelakunya. Kita tahu ada banyak penulis terkenal yang bisa menghidupi dirinya bahkan keluarganya melalui pekerjaan menulis.

Jadi selain menjadi hobi, menulis juga bisa jadi profesi. Sekarang ini ada banyak pekerjaan menulis yang bisa kita coba. Seperti menjadi penulis buku, novel online, penulis berita sampai copywriting.


Sumber Gambar

Nah itu dia beberapa manfaat dari hobi menulis yang perlu kamu tahu. Menulis itu tak perlu sistematis seperti opini atau berita. Cukup memulai dengan menulis hal-hal sederhana seperti buku harian, status atau surat.

Salah satu yang membuat minat menulis TS meningkat adalah membaca. Maka coba biasakan dahulu untuk membaca sebelum mulai menulis.

Gimana gan? Apakah kalian suka menulis? Tulisan jenis apa yang kalian hasilkan? emoticon-Ngacir

Ditulis oleh Harry Wijaya
Tulisan dan Narasi Pribadi


emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan
Diubah oleh harrywjyy 04-11-2022 02:22
shinwjy
skydavee
lusfdlrrhmn
lusfdlrrhmn dan 26 lainnya memberi reputasi
27
5.1K
161
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Hobby & Community
Hobby & CommunityKASKUS Official
10.4KThread6.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.