masnukhoAvatar border
TS
masnukho 
Tinggal di Desa dan Memiliki Hobi Berkebun? Ini Dia Keuntungan yang Bisa Didapatkan
Sering dianggap sebagai aktivitas yang membosankan, ini dia manfaat dari memiliki hobi berkebun


Hobi berkebun, menuntut seseorang untuk panas-panas berjibaku dengan pupuk, cangkul, bibit tanaman, dan aktivitas menyemai rumput di kebun lahan tanam.

Meskipun hobi berkebun sering dianggap sebelah mata dan sepele karena dinilai tidak memiliki fungsi yang penting, berkebun memiliki banyak manfaat yang mungkin jarang diketahui atau tidak dipedulikan karena sudah terlanjur beranggapan bahwa berkebun bukan kegiatan atau aktivitas yang mengasikan.

Hobi sendiri merupakan kegiatan yang ditujukan untuk menyalurkan kegemaran dengan tujuan relaksasi, sehingga memang tidak bisa dipaksakan untuk kegemaran satu orang disukai oleh orang yang lain.

Bagi orang-orang yang memiliki hobi berkebun, tentu aktivitas berkebun menjadi hal yang menyenangkan.
Mereka bisa mendapatkan kepuasan dari menata kebun dengan menanam berbagai macam dan jenis pohon, serta melihat pertumbuhan tanaman yang ditanam sampai dengan menghasilkan buah dan panen.

Lalu apa keuntungan dan manfaat dari memiliki hobi berkebun?
Berikut ini beberapa diantaranya.




1. Mengurangi Pengeluaran untuk Bahan Pangan

Berkebun berbagai macam jenis tanaman seperti sayuran, rempah-rempah, dan buah dapat dijadikan sebagai langkah untuk menghemat pengeluaran membeli bahan pangan GanSis.

Agan dan Sista tidak perlu lagi untuk mengeluarkan uang untuk membeli bahan-bahan pangan seperti sayuran dan buah karena sudah tercukupi dari hasil panen kebun milik sendiri.

2. Membakar Kalori dan Mencukupi Kebutuhan Vitamin D

Hobi berkebun tentu saja menuntut Agan Sista untuk berjibaku membuat lahan tanam, menyemai rumput, memberi pupuk, dan juga menyirami tanaman. Berbagai aktivitas tersebut dapat membakar kalori dan juga mencukupi kebutuhan vitamin D karena Agan dan Sista sering berjemur di bawah sinar matahari untuk melakukan segala macam proses berkebun.

3. Mengurangi Stress

Hobi berkebun di waktu senggang atau waktu libur kerja, memiliki manfaat dapat mengurangi stress dari segala macam bentuk aktivitas dan masalah yang dijalankan sehari-hari GanSis.
Dengan berkebun Agan Sista dapat melepaskan segala beban pikiran dengan mengurus tanaman atau menanam bibit-bibit baru, sehingga masalah yang sedang dihadapi sejenak terlupakan.

4. Mencegah Kepikunan

Berdasarkan penelitian yang diterbitkan dalam "Journal of Alzheimer’s Disease", ternyata hobi berkebun memiliki manfaat untuk mencegah seseorang mengalami kepikunan GanSis.
Dijelaskan oleh para ahli bahwasanya hobi berkebun dan merawat tanaman dapat meningkatkan volume otak dan menjaga kesehatan kognitif otak sehingga terhindar dari alzheimer atau kepikunan.



Itulah tadi GanSis beberapa manfaat dari memiliki hobi berkebun saat Agan dan Sista tinggal di pedesaan.

Tentu kalian dapat melanjutkan aktivitas dan hobi positif tersebut untuk dapat mendapatkan berbagai macam manfaat dari berkebun.

Oke, mudah-mudahan thread ini bermanfaat dan menambah wawasan dari Agan Sista semua.




Penulis: @masnukho©2022
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar
1, 2, 3, 4
lutfigilang01
darkwilliam00gg
bayupk5000
bayupk5000 dan 22 lainnya memberi reputasi
23
4.6K
106
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Hobby & Community
Hobby & CommunityKASKUS Official
10.4KThread6.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.