Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

trifatoyahAvatar border
TS
trifatoyah
Kue Kepyar Salah Satu Kue Jadul dengan Rasa Jahe


Assalamualaikum wr.wb

Apa kabar Agan Sista semuanya, semoga kabarnya selalu baik, sehat senantiasa dan tetap semangat dalam menjalani hari -hari yang tanpa terasa sudah masuki bulan ke sebelas ini.

Jumpa kembali dengan Thread saya kali ini tentang cemilan atau roti kering jaman dulu kala yang nggak ada matinya sampai sekarang, buktinya kue ini masih ada di deretan kue kue kering jadul maupun kue-kue kering modern jaman sekarang. Buat yang suka ngemil, mari ngumpul di mari.

Kue yang satu ini memang mempunyai tampilan unik, kue dengan warna putih bersih.Kue apaan sih, yuk langsung aja cus ketimbang penasaran.
Namanya kue kering Kepyar atau disebut juga kue parem. Bentuknya kotak-kotak seperti tahu putih, kue ini sedikit keras.
Mengapa dinamakan kue Kepyar karena kue kering ini bila dimasukkan ke mulut ada sensasi pyar, dan rasa jahenya langsung terasa di lidah. Ini yang menjadikan rasa kue ini miliki ciri khas yaitu rasa jahenya, sekilas rasanya hampir mirip dengan kue semprong yang rasa jahe, tenti saja ada sensasi rasa yang berbeda.

Kue Kepyar sendiri memang ada campuran jahe dalam komposisinya, kadi rasa hangat jahe langsung kerasa bila memakan kue ini, ada sensasi rasa manis dan sedikit gurih.

Kue Kepyar ini biasa kita jumpai pada saat Lebaran, maupun pada saat hajatan, kue Kepyar ini juga biasanya dijadikan hantaran pada saat pernikahan dari pihak pengantin pria pada saat berkunjung kepada pengantin wanita. Biasanya juga dijadikan oleh-oleh, karena kue ini sedikit keras biasanya orang-orang tua kalau makan kue ini dibiarkan mlempem atau biar kena angin, atau ames jadi mudah untuk dimakan.

Harga dari kue Kepyar ini juga tergolong murah, masih ramah di kantong, satu kilonya biasanya sekitar Rp 40.000 karena kue ini lumayan ringan jadi isinya juga Lumayan banyak. Bisa awet berhari-hari.

Apa nama kue Kepyar atau kue parem ini si tempat Agan Sista semuanya? Samakah dengan yang saya sebutkan di atas? Atau beda penyebutannya.

Okey deh Agan Sista semuanya, itulah salah satu kue tradisional yaitu kue kepyar atau kue parem yang masih ada sampai sekarang, tidak tergerus jaman walaupun masih banyak kue-kue kering lainnya yang bermunculan pada masa sekarang apalagi ketika menjelang perayaan idul Fitri, maka deretan kue-kue kering memenuhi toko-toko.





Sekian dulu Thread dari saya semoga bermanfaat, sampai jumpa di Thread selanjutnya, mari kita lestarikan kue-kue jaman dulu, tetap bahagia bersama keluarga dan orang-orang tercinta bye ....bye ...

Opini pribadi
Sumber gambar dok.pri
firdainayah
4ganku
azhuramasda
azhuramasda dan 9 lainnya memberi reputasi
10
2.3K
108
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Cooking & Resto Guide
Cooking & Resto GuideKASKUS Official
8.8KThread12.6KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.