Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

GemaindAvatar border
TS
Gemaind
Gelar Demo 411, GNPR dan PA 212 Desak Jokowi Mundur Imbas Dugaan Ijazah Palsu


Suara.com - Sejumlah elemen massa termasuk organisasi Persaudaraan Alumni (PA) 212 menggelar Aksi Bela Rakyat (Akbar) 411 di sekitar Istana Presiden, Gambir, Jakarta Pusat pada Jumat (4/11/2022). Demo 441 itu punya tujuan untuk menuntut Presiden Joko Widodo mundur. Tuntutan tersebut disuarakan karena sebelumnya beredar kabar terkait ijazah pendidikan Jokowi yang diduga palsu.

Aksi demonstrasi itu dilakukan karena mereka menganggap Presiden Joko Widodo telah gagal menjalankan pemerintahan. Aksi turun ke jalan ini juga didasari keinginan untuk menyampaikan aspirasi perihal perbaikan berbagai keadaan di Tanah Air yang seharusnya bisa diselesaikan oleh pemerintah.

1. Peserta dan Lokasi Demo 411

Pada hari ini, Jumat (4/11/2022), kelompok masyarakat yang mengatasnamakan Gerakan Nasional Pembela Rakyat (GNPR) menggelar demo bertajuk "Aksi 411" di kawasan Istana Merdeka. Kelompok GNPR terdiri dari sejumlah ormas, salah satunya Persaudaraan Alumni (PA) 212.

Gara-gara demo 411 ini, kepolisian menutup sejumlah ruas jalan di sekitar kawasan Istana Negara dan Monumen Nasional (Monas) mulai pukul 10.00 WIB.

2. Tuntutan Demo  411

Ketua PA 212, Slamet Maarif mengatakan aksi yang digelar secara damai itu membawa beberapa tuntutan, salah satunya mendesak Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) untuk mundur dari jabatannya. Tuntutan itu disuarakan karena sebelumnya ada kabar soal ijazah pendidikan Jokowi yang diduga palsu.

Terlebih Slamet mengatakan sampai saat ini pihak Istana belum bisa membuktikan keabsahan ijazah Jokowi. Hal inilah yang menjadi salah satu alasan demo 411 dilakukan.

"Sampai hari ini kan belum ada tanggapan dan jawaban dari Istana atau Presiden yang belum bisa menunjukkan ijazah SD, SMP dan SMA sampai perguruan tinggi. Itu alasan kami menginginkan dan menyuarakan untuk legowo Pak Jokowi mundur," ujar Slamet dalam keterangannya pada Kamis (3/11/2022).

Slamet mengatakan sudah melayangkan surat pemberitahuan terkait dengan pelaksanaan Aksi 411 ke Polda Metro Jaya sejak 20 Oktober 2022. Untuk itu, Slamet berharap aparat pemerintah dan penegak hukum dapat mengawal dan mengamankan jalannya aksi demo 411.

3. Rekayasa Lalin Demo 411

Polda Metro Jaya menerapkan rekayasa lalu lintas untuk pengamanan demo Aksi 411 di sekitar Istana Kepresidenan dan Patung Kuda pada Jumat siang. Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Metro Jaya Kombes Pol Latif Usman mengatakan pengalihan arus  dilakukan sejak pukul 10.00 hingga demo berakhir.

Selama pemberlakuan rekayasa lalu lintas, masyarakat yang hendak menuju kawasan Istana Kepresidenan dan Monas diminta mencari jalan alternatif. Penutupan jalan pun diberlakukan di beberapa jalan di sekitar Istana termasuk Jalan Veteran I, II dan III.

4. Jokowi ke Jatim Saat Ada Demo 411

Di saat demo 411, Presiden Joko Widodo melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Mojokerto, Jawa Timur pada Jumat (4/11/2022). Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin mengatakan kunker kali ini merupakan penjadwalan ulang dari agenda kunker sebelumya pada 10 Oktober 2022.

"Jadi hari ini Presiden kunker ke Mojokerto, Jawa Timur. Sebetulnya rencananya kunker ke Mojokerto pada 10 Oktober lalu, tapi tertunda. Oleh karenanya, Kementerian BUMN mengajukan permohonan kembali agar Bapak Presiden ke Mojokerto pada hari ini, 4 November 2022," ujar Bey.


Komen TS

Kalau benar-benar jantan dan mengaku bagian dari umat Islam, Jokowi harus berani mengaku bersalah, mengakui bahwa semua ijazahnya palsu dan bersedia mundur saat ini juga. 

Serahkan kekuasaan kepada umat Islam. Biarkan para Habaib kami, yang akan mengurus negara ini. 
mahfudz.umri
accretia8
essholl
essholl dan 22 lainnya memberi reputasi
-19
3.7K
100
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.2KThread41KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.