Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

mabdulkarimAvatar border
TS
mabdulkarim
Ketua KPK Firli Bahuri Jabat Erat Tangan Lukas Enembe di Rumahnya

Ketua KPK Firli Bahuri Jabat Erat Tangan Lukas Enembe di Rumahnya
Ketua KPK Firli Bahuri menyalami Gubernur Papua Lukas Enembe. (Arsip Kuasa Hukum Lukas Enembe)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri menjabat erat tangan Gubernur Papua Lukas Enembe jelang pemeriksaan yang bersangkutan dalam kasus dugaan korupsi.
Dari foto yang diterima CNNIndonesia.com, Firli yang mengenakan kemeja putih dibalut jas hitam terlihat menyalami Lukas yang sedang duduk di kursi. Terdapat dua orang lain yang tidak diketahui identitasnya di dalam rumah Lukas.

Pada hari ini, KPK bersama tim dokter dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI) menyambangi kediaman Lukas di Jayapura, Papua, untuk melakukan pemeriksaan.

KPK memerlukan waktu cukup lama untuk bisa memeriksa Lukas sejak yang bersangkutan diumumkan sebagai tersangka pada pertengahan bulan September lalu.

Dari dua panggilan sebelumnya baik sebagai saksi maupun tersangka, Lukas selalu absen. Dia berdalih masih menderita sakit.

Istri dan anak Lukas yakni Yulce Wenda dan Astract Bona Timoramo Enembe juga mangkir dari panggilan penyidik KPK.

Atas dasar itu, lembaga antirasuah membuka komunikasi dengan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Papua untuk bisa memeriksa Lukas.

Lukas harus berhadapan dengan hukum karena diduga terlibat dalam kasus dugaan suap terkait pekerjaan atau proyek yang bersumber dari APBD Provinsi Papua.

Dia telah dicegah bepergian ke luar negeri selama enam bulan terhitung sejak 7 September 2022 hingga 7 Maret 2023.

Penanganan kasus ini menindaklanjuti temuan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) yang menemukan transaksi perjudian di sebuah kasino oleh Lukas sebesar Rp560 miliar.

(ryn/ain)

https://www.cnnindonesia.com/nasiona...e-di-rumahnya.

Buat menjinakan biar koperatif


Ketua KPK Firli Bahuri Dikawal 3 Jenderal Saat Temui Lukas Enembe di Jayapura

Ketua KPK Firli Bahuri Jabat Erat Tangan Lukas Enembe di Rumahnya


Ketua KPK Firli Bahuri jelang menemui Lukas Enembe di Jayapura. Foto: Dokumen Istimewa
Jayapura - Ketua KPK Firli Bahuri tak sendiri saat menemui Gubernur Papua Lukas Enembe di kediamannya terkait kasus suap dan gratifikasi senilai Rp 1 miliar. Firli dikawal oleh tiga jenderal polisi dan TNI.
Para jenderal dimaksud adalah Kapolda Papua Irjen Mathius Fakhiri dan Pangdam Cenderawasih Mayjen TNI M Saleh Mustafa. Satu lagi merupakan Kabinda Papua Mayjen TNI Gustaf Irianto.

Dalam foto-foto yang diterima detikcom hari ini, Kamis (3/11/2022), Irjen Mathius dan Mayjen Saleh masing-masing mengenakan seragam Polri dan TNI. Sedangkan Mayjen Gustaf mengenakan pakaian putih dan hitam.


Sedangkan Firli tampak mengenakan jas hitam dan menggunakan topi dan menggunakan masker putih. Sebelum bertolak ke kediaman Lukas, keempatnya lebih dulu melakukan pertemuan di Polda Papua sekitar satu jam lamanya.

Selanjutnya mereka bersama-sama bertolak dari Polda Papua menuju kediaman Lukas Enembe di Koya Tengah, Distrik Muara Tami, Jayapura. Firli Cs tiba di kediaman Lukas sekitar pukul 14.00 WIT.

Momen Ketua KPK Firli Bahuri Berjabat Tangan dengan Lukas Enembe
detikcom juga menerima foto yang menunjukkan momen Ketua KPK Firli Bahuri bertemu dengan Lukas Enembe. Keduanya langsung berjabat tangan saat bertemu.

Pertemuan Firli Bahuri dan Lukas Enembe diketahui berada di salah satu ruangan di kediaman Lukas. Mereka didampingi pengacara Lukas Enembe, Alloysius Renwarin.
Ketua KPK Firli Bahuri Jabat Erat Tangan Lukas Enembe di Rumahnya

Ketua KPK Firli Bahuri dan Kapolda Papua Irjen Mathius Fakhiri. Foto: Dokumen Istimewa

Terlihat Firli masih mengenakan jas hitam dengan dalaman berwarna putih. Sementara Lukas Enembe tampak duduk di sebuah kursi mengenakan baju kaos berwarna biru hitam.

Ketua KPK Firli Bahuri Jabat Erat Tangan Lukas Enembe di Rumahnya
Ketua KPK Firli Bahuri menemui Gubernur Papua Lukas Enembe yang ditetapkan sebagai tersangka dugaan kasus korupsi. Kedatangan Firli Bahuri dalam rangka meminta keterangan Lukas Enembe terkait tindak pidana korupsi yang menjeratnya. Foto: (Dok. Istimewa)
Baca juga:
Tim Dokter KPK Cek Kesehatan Lukas Enembe Sebelum Pemeriksaan Penyidik
Keduanya bertemu di sebuah ruangan di kediaman Lukas Enembe yang sudah menyediakan sejumlah sajian. Firli Bahuri dan Lukas Enembe kemudian berjabat tangan.

Dalam foto lainnya, tampak Lukas Enembe duduk bersama sejumlah penyidik yang mengenakan baju KPK. Lukas Emembe tampak didampingi oleh pengacaranya, Alloysius Renwarin.
https://www.detik.com/sulsel/hukum-d...e-di-jayapura.

Pengacara Sebut Pemeriksaan KPK Dihentikan karena Lukas Enembe Sakit

Ketua KPK Firli Bahuri Jabat Erat Tangan Lukas Enembe di Rumahnya

Penyidik KPK Beserta Tim Dokter Temui Lukas Enembe (Foto: Dokumen Istimewa)
Jakarta - Gubernur Papua Lukas Enembe hari ini disambangi Ketua KPK Firli Bahuri beserta tim dokter KPK. Dia dijadwalkan menjalani pemeriksaan penyidikan dugaan tindak pidana korupsi berupa suap gratifikasi yang bersumber dari APBD Papua.
Berdasarkan dokumen yang diperoleh detikcom, Kamis (3/11/2022), terlihat Lukas Enembe duduk di sebuah meja didampingi salah seorang pengacaranya Aloysius Renwarin dan dokter Anton Mote. Di dalam ruangan itu terlihat juga setidaknya 4 orang mengenakan jas dokter berwarna putih tampak sedang berinteraksi dengan Lukas Enembe, serta dua orang penyidik yang mengenakan rompi bertuliskan KPK pada bagian belakangnya.


Dalam dokumen itu, salah seorang penyidik yang mengenakan rompi KPK membacakan berita acara pemeriksaan. Dia menyebut pemeriksaan terhadap Lukas Enembe telah selesai dilaksanakan.

"Pada hari ini Kamis 3 November 2022 bertempat di kediaman Lukas Enembe yang beralamat di Koya, Kota Jayapura, selaku penyidik Komisi Pemberantas Korupsi," kata suara penyidik dalam dokumen video yang dilihat detikcom, Kamis (3/11/2022).

"Setelah melakukan pengecekan atau pemeriksaan kondisi kesehatan seseorang dengan identitas, nama lengkap Lukas Enembe... Pengecekan atau pemeriksaan kondisi kesehatan Gubernur Papua tersebut dibantu oleh tim dokter, KPK. dengan disaksikan oleh istri bapak Lukas Enembe," sambung penyidik tersebut.

Kepada detikcom, pengacara Lukas Enembe, Stefanus Roy Rening, mengatakan pemeriksaan terhadap kliennya itu dihentikan. Dia mengatakan Lukas Enembe tidak melanjutkan pemeriksaan lantaran sakit.

"Bahwa pemeriksaan sudah selesai. Pemeriksaan sudah selesai. Pak Lukas, karena sakit, pemeriksaan tidak dilanjutkan, dengan alasan sakit. Kemudian dilanjutkan dengan pemeriksaan dokter KPK," kata Roy Rening kepada detikcom, Kamis (3/11/2022).

Rening menyebut Firli, Tim Penyidik KPK hingga Tim Dokter KPK langsung meninggalkan lokasi usai pemeriksaan. Dia menyebut pemeriksaan itu diakhiri dengan sebuah berita acara. Namun, Rening mengaku tidak tahu soal pemeriksaan lanjutan terhadap Lukas.

"Setelah selesai tadi, Bapak (Lukas) sakit, jadi dibuat berita acara, pemeriksaan tidak dilanjutkan. Dan dilanjutkan pemeriksaan dokter. Setelah itu tim Pak Firli balik ke tempatnya," ujarnya.

"Tidak ada informasi itu," tambahnya.

Selain itu, dia menambahkan bahwa saat kedatangan Firli Bahuri, sejumlah pihak lain turut hadir di rumah Lukas Enembe. Mereka di antaranya dalah Kapolda Papua Irjen Mathius Fakhiri, Pangdam Cenderawasih Mayjen Muhammad Mustafa dan Kabinda Papua Mayjen Gustav.

"Pak Firli didampingi oleh Kapolda Papua, Pangdam Cendrawasih, dan Kabinda," tutup Rening.

https://news.detik.com/berita/d-6385...-enembe-sakit.

Sayang sekali nggak dibawa ke Jakarta
muhamad.hanif.2
nomorelies
pakisal212
pakisal212 dan 4 lainnya memberi reputasi
5
1.6K
19
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672.1KThread41.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.