• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Survei Membuktikan, Polri Jadi Kepolisian Terbaik No. 5 Di Dunia! Kok Bisa?

harrywjyyAvatar border
TS
harrywjyy
Survei Membuktikan, Polri Jadi Kepolisian Terbaik No. 5 Di Dunia! Kok Bisa?

Sumber Gambar

Sebagai salah satu negara yang berdaulat, Indonesia tentunya memiliki institusi yang menjaga keamanan serta ketertiban di dalam negeri. Dan kita tahu sendiri bahwa Indonesia mempunyai Polri yang memiliki sepak terjang cukup lama.

Polri sendiri memiliki wewenang atau tanggung jawab langsung di bawah Presiden. Tugas pokok Polri sendiri antara lain ialah memelihara keamanan rakyat, melindungi, mengayomi dan pelayanan pada masyarakat. Lalu yang terakhir yang tak kalah penting adalah menenggakkan hukum.

Dengan tugas yang sedemikian banyak dan cukup penting di tengah-tengah masyarakat, Polri pun mendapatkan apresiasi dari Gallup Inc. Gallup sendiri adalah perusahaan konsultasi manajemen kinerja global asal Amerika Serikat. emoticon-Big Grin


Sumber Gambar

Dalam survei yang mereka lakukan yaitu pada Gallup Global Law and Order Index 2022 menyatakan bahwa Polri menjadi institusi kepolisian terbaik nomor 5 di dunia!

Nomor satu sendiri dipimpin oleh negara tetangga kita Singapura, lalu diikuti Tajikistan. Di nomor tiga ada Norwegia. Satu tingkat di atas Polri ada Swiss yang menempati poisis keempat. Sebenarnya Indonesia dan Swiss memiliki poin yang sama yakni 92, namun Swiss berada di atas Indonesia.

Dengan hasil yang baik ini, Polri bahkan berada di atas negara Eropa lain seperti Portugal contohnya. Meski begitu, belum ada penjelasan yang meyakinkan bagaimana survei ini dilakukan. Dari sudut pandang apa? Siapa yang disurvei? emoticon-Bingung (S)


Sumber Gambar

Mengingat situasi Polri yang saat ini sedang terkena banyak masalah mulai dari pembunuhan seorang Brigadir oleh atasannya, penembakan gas air mata di Kanjuruhan yang menelan korban ratusan jiwa, sampai seorang Kapolres yang terlibat kasus narkoba.

Padahal Lembaga Survei Indonesia atau LSI malah menyatakan hal yang berbeda. Berdasarkan hasil survei mereka, kepercayaan publik terhadap Polri anjlok 17%. Dari yang tadinya 70% kini turun menjadi 53% di bulan Oktober pasca kasus pembunuhan seorang Brigadir dan tragedi Kanjuruhan yang sangat dikecam.

Jadi, dari segi apakah survei Gallup Inc. menyatakan Polri nomor 5 terbaik di dunia? Sedangkan situasinya di sini sedang tidak baik. Kepercayaan masyarakat menurun begitu drastis terhadap Polri yang sedang terkena banyak kasus.

emoticon-Ngakak

Jadi gimana gan? Kalau dari 1-100% berapa persen rasa percaya kalian kepada Polri saat ini?emoticon-Bingung (S)

Link Referensi: 1, 2
Ditulis oleh Harry Wijaya
Tulisan dan Narasi Pribadi


emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan
pakisal212
setiyana
orbin039
orbin039 dan 13 lainnya memberi reputasi
14
4.8K
154
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.8KThread82.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.