ih.sulAvatar border
TS
ih.sul
Kalau Menemukan Harta Karun, Seperti Apa Proses Hukumnya?


Pernah nggak agan menemukan uang di jalan? Kalau pernah, apakah agan mengambilnya? Okelah, kalau seribu dua ribu Anda mungkin akan mengambil dan membelanjakannya tanpa merasa apa pun, tetapi bagaimana kalau yang Anda temukan adalah emas seharga milyaran rupiah?

Itulah yang baru-baru ini terjadi pada pasangan asal Inggris yang tak sengaja menemukan 264 koin emas berumur 400 tahun saat membongkar beton dapur mereka. Tak tanggung-tanggung mereka mendapatkan 12,7 milyar rupiah dari hasil penjualan temuan mereka itu. Jumlah yang fantastis bukan?



Tapi sebenarnya, gimana sih hukum yang mengatur tentang penemuan harta karun? Di berita di atas pasangan itu bisa menjual temuan mereka, tetapi itu di Inggris, bagaimana dengan di Indonesia?

Hukum penemuan benda-benda bersejarah diatur dalam UU Nomor 11 tahun 2010 pasal 23 dan 24. Di sana ditetapkan bahwa seluruh benda yang memiliki nilai sejarah atau simbol-simbol sejarah akan diambil alih oleh pemerintah, tetapi orang yang menemukan akan mendapat sejumlah kompensasi. Dan jika barang temuan tersebut tidak memiliki nilai sejarah maka barang tersebut bisa menjadi milik orang yang menemukan.

Artinya, jika Anda menemukan semacam prasasti atau arca, maka pemerintah punya hak untuk mengambil itu dari Anda (dengan kompensasi). Namun, bila yang Anda temukan adalah kepingan emas atau perak maka Anda punya hak untuk memilikinya, tentu saja dengan dipotong pajak.



Tapi itu cuma teori. Kira-kira jika Anda menemukan seribu koin emas, apakah negara sungguh-sungguh akan membiarkan Anda memilikinya? Mereka mungkin akan mencari-cari alasan untuk mengklaim penemuan tersebut dan Anda hanya mendapat recehannya saja. Tahu sendirilah pemerintah negara ini gimana, apalagi banyak oknum di mana-mana.

Indonesia sendiri adalah kuburan dari begitu banyak kerajaan kuno dan masih ada banyak peradaban mereka yang sampai saat ini belum ditemukan. Mungkin masih belum terlambat untuk menggali halaman belakang rumah Anda. Mungkin Anda bisa menemukan bangkai tikus yang sudah membusuk atau emas peninggalan Majapahit.

Sekian dari saya mari bertemu di thread saya yang lainnya.

sumur

nisemono
voltadiclofenac
p.a.c.o.l
p.a.c.o.l dan 33 lainnya memberi reputasi
32
12.3K
182
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.8KThread82.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.