Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • Militer
  • Indo Defence 2022: Tatra T815 Patriot 4x4 dari Republik Ceko, Resmi Dipinang Kopaska

si.matamalaikatAvatar border
TS
si.matamalaikat
Indo Defence 2022: Tatra T815 Patriot 4x4 dari Republik Ceko, Resmi Dipinang Kopaska
Quote:


Pada thread kali ini penulis masih akan membahas tentang Indo Defence gan, pada artikel kali ini kita akan membahas kendaraan taktis (rantis) buatan Ceko yang kini resmi dipinang Kopaska (Komando Pasukan Katak). Pada 31 Oktober 2022 lalu, akun Twitter @abe_accord mengupload foto kendaraan 4x4 buatan Ceko yang sudah ada tulisan Kopaska. Tapi sampai saat ini berapa jumlah kendaraan yang dibeli masih belum jelas.

Dan sekilas profil tentang kendaraan ini, nama aslinya adalah Tatra T815 Patriot 4x4, dibuat oleh Excalibur Army dari Republik Ceko. Pihak manufaktur mengkategorikan kendaraan berpenggerak roda 4×4 ini sebagai Medium Armored Tactical Multi-Mission Vehicle (MATMMV).Kendaraan taktis ini dibuat di atas chassis Tatra Force 4×4, yang dibuat Tatra Defence Vehicle. Standar Patriot 4×4 mengacu pada standar NATO, salah satunya adalah Patriot mampu beroperasi pada iklim ekstrim, di rentang suhu -39 sampai 49 derajat celcius

Untuk urusan mesin, Patriot 4×4 memakai mesin diesel Cummins ISB 6-silinder 6.700 cc. Pilihan transimisinya adalah transmisis otomatis Allison 3200SP, dilengkapi dengan enam gigi maju dan satu gigi mundur. Mesin Cummins ISB, mampu melesatkan kendaraan berbobot kosong 11,9 ton ini sampai kecepatan maksimum 130 km per jam.

Patriot punya kapasitas tangki bahan bakar maksimum 150 liter, saat tangki dalam keadaan penuh; Patriot bisa diajak jalan-jalan hingga jarak 500 km pada kondisi jalan mulus, serta jarak 300 km di jalan off road. Diawak oleh komandan dan pengemudi, Patriot bisa membawa empat orang personel. Panjang kendaraan adalah 5,6 meter; lebar 2,55 meter serta tinggi 2,7 meter.

Quote:


Untuk urusan proteksi, Patriot 4×4 sudah memakai sistem proteksi CBRN (Chemical, Biological, Radiological and Nuclear). Untuk perlindungan balistik ada di level 3 NIJ. Memakai desain Kitted Hull Concept, Patriot 4x4 telah dilengkapi proteksi level 2A/2B standar STANAG 4569, yang memberi perlidungan dari efek ledakan ranjau dan granat.

Patriot 4x4 memiliki fitur tambahan menarik seperti tekanan ban yang dapat disesuaikan secara otomatis, ketinggian kendaraan pun dapat disesuaikan memakai fitur adjustable ground clearance.Dan dengan teknologi central backbone tube serta independent swinging air suspended half axles, mampu memberikan mobilitas yang maksimal saat diajak bertugas di medan berat.

Sebagai persenjataan bisa memakai senapan mesin kaliber 12,7 mm atau 7,62 mm serta peluncur granat 40 mm. Semua senjata tersebut dikendalikan secara remote dari dalam kabin kendaraan. Menurut artikel indomiliter.com, kehadiran Patriot 4x4 adalah yang kedua kalinya di Indonesia, sebelumnya kendaraan ini telah mejeng di Indo Defence 2018 yang diadakan pada 7 - 10 November 2018.

Quote:



Referensi Tulisan: indomiliter.com& Excalibur Army
Sumber Foto & Ilustrasi: indomiliter.com, Twitter & Excalibur Army
jlamp
mynameisant
pakisal212
pakisal212 dan 10 lainnya memberi reputasi
11
2.8K
30
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Militer
MiliterKASKUS Official
20KThread7.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.