Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

masnukhoAvatar border
TS
masnukho 
Punya Hobi Tapi Dilarang oleh Orang Tua dengan Beragam Alasan? Begini Menyikapinya
Menjadi masalah bagi anak-anak usia remaja, begini cara menyikapi orang tua yang tidak memberikan izin untuk menjalankan sebuah hobi


Menjalankan hobi, bagi anak-anak usia remaja atau menginjak dewasa tentu mau tidak mau tetap harus atas persetujuan dan izin dari orang tua.
Apa lagi jika hobi tersebut sampai harus mengeluarkan modal, tentu untuk anak-anak usia remaja belum mempunyai penghasilan sendiri kecuali minta dari orang tua.

Bukan hanya itu, orang tua tidak memberikan izin kepada anaknya untuk mengerjakan hobi tertentu biasanya juga atas berbagai macam alasan dan pertimbangan GanSis. Entah itu takut mengganggu waktu belajar, belum sesuai dengan usia anaknya, atau bahkan juga takut jika anaknya cidera dan mengalami bahaya karena hobi yang dijalankan. Sebagai orang tua tentu hal ini menjadi wajar karena mereka tidak mau anaknya mengalami hal buruk atau keluar dari kendali karena hobi yang dilakukan.

Tetapi seringkali sebagai anak memang tidak mau tahu apa alasan dari orang tua mereka memberikan larangan untuk menjalankan hobi tertentu.
Anak-anak remaja biasanya kebanyakan lebih mementingkan keinginan dengan nafsunya tanpa mempertimbangkan sesuatu hal tersebut baik atau tidak bagi kehidupan mereka.

Lalu bagaimana cara menyikapi larangan orang tua untuk tidak melakukan hobi tertentu?
Begini beberapa cara diantaranya GanSis.




1. Melakukan Pertimbangan

Mempertimbangkan alasan kenapa orang tua melarang anaknya untuk melakukan hobi tertentu, ini adalah cara pertama yang harus dilakukan.
Pahami maksud dari orang tua kalian kenapa mereka melarang, jika memang apa yang disampaikan oleh orang tua itu benar dan hobi yang akan kalian jalankan itu berbahaya atau memiliki resiko tertentu maka akan sangat lebih baik jika menurut dengan apa yang disampaikan oleh orang tua.

Seringkali orang tua lebih tahu tentang kelemahan atau kekurangan anaknya di banding si anak itu sendiri, sehingga mereka juga akan lebih tahu apakah sesuatu tersebut aman bagi anaknya ataukah tidak.

2. Meyakinkan Orang Tua

Setelah cara pertama dilakukan yaitu mempertimbangkan kenapa orang tua memberikan larangan dan ternyata itu hanya ketakutan orang tua semata, maka Agan Sista dapat berusaha untuk meyakinkan orang tua agar mereka bisa yakin bahwa hobi yang akan kalian geluti tidak berdampak buruk pada diri kalian dan juga tidak akan menggangu pekerjaan yang lain.
Saat Agan Sista mampu untuk meyakinkan orang tua maka izin pun pasti akan diberikan.

3. Mengajak Teman untuk Meyakinkan

Biasanya orang tua melarang anaknya untuk melakukan aktivitas atau hobi tertentu dengan alasan takut anaknya kenapa-kenapa. Untuk menepis ketakutan ini, ajak teman atau seseorang yang sudah menggeluti hobi yang akan kalian ikuti agar orang tua yakin bahwa hobi tersebut aman.

Panjat tebing, beladiri, mendaki, adalah beberapa jenis hobi yang biasanya akan sulit untuk mendapatkan izin dari orang tua karena dianggap berbahaya.



Itulah tadi GanSis beberapa cara untuk menyikapi larangan orang tua untuk hobi yang digeluti oleh anak-anaknya.

Memang setiap orang tua berbeda karakter GanSis, ada orang tua yang memberikan kebebasan penuh terhadap anaknya, dan ada pula orang tua yang posesif kepada anaknya karena takut anaknya mengalami hal yang tidak diinginkan.

Oke, mudah-mudahan thread ini bermanfaat dan dapat dijadikan sebagai pelajaran bagi Agan Sista semua.




Penulis: @masnukho©2022
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar
1, 2, 3, 4
newday1
adnanami
damel88
damel88 dan 23 lainnya memberi reputasi
24
4.1K
86
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Hobby & Community
Hobby & CommunityKASKUS Official
10.4KThread6.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.