Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • Militer
  • Selayang Pandang ATeMM - Robot Multiguna, Bisa Untuk Angkut Logistik dan Bertempur

si.matamalaikatAvatar border
TS
si.matamalaikat
Selayang Pandang ATeMM - Robot Multiguna, Bisa Untuk Angkut Logistik dan Bertempur
Quote:


Pada kesempatan kali ini, TS akan mengajak Agan sekalian sedikit kilas balik pada acara pameran pertahanan AUSA 2022 yang diselenggarakan di Washington D.C. pada 10 sampai 12 Oktober 2022 lalu. Dalam event yang berlangsung selama 3 hari tersebut ada salah satu produk yang menarik perhatian TS. Produk itu bernama ATeMM.

ATeMM sendiri merupakan akronim dari All-Terrain Electric Mission Module,yang dibuat oleh manufaktur senjata asal Israel bernama Plasan. ATeMM sendiri merupakan sebuah platform robot yang punya sumber tenaga, baterai, motor dan setir sendiri. Jika digabungkan dengan kendaraan taktis 4x4 bermesin diesel seperti Humvee, kendaraan 4x4 itu bisa berubah menjadi kendaraan hybrid electric 6x6.

Dengan menggunakan ATeMM, kendaraan utama tetap mempertahankan mobilitasnya tanpa ada perubahan apapun. Dua platform kendaraan ATeMM dapat digabungkan dengan kendaraan taktis 4x4, membuatnya menjadi kendaraan hybrid electric 8x8. Sesuai dengan situasi pertempuran, ATeMM dapat dilepaskan dari kendaraan induk dan digunakan sebagai platform robot otomatis yang dapat dioperasikan melalui remote control.

Jika digunakan sebagai platform robot, ATeMM dapat dipasangi remotely operated weapon station (ROWS) berupa sebuah kanon otomatis 30 mm dan rudal anti tank Spike. Sebagai muatan tambahan, ATeMM juga bisa dilengkapi dengan drone quadcopter.

Quote:


ATeMM ditenagai baterai 47kWh serta kemampuan membawa payload 1.150 kg. Kendaraan robot ini juga dirancang untuk digunakan dalam kondisi off-road dengan menggunakan suspensi independen airbag dan ban 285/70 R 17 Run Flat. Untuk bobotnya adalah 1.600 kg; panjang 1,8 meter dan lebar 1,9 meter.

Sementara itu, jika tidak digunakan dalam misi tempur, ATeMM bisa menyediakan daya untuk pos komando, sistem komunikasi, sistem pengisian ulang untuk baterai yang dipakai tentara, stasiun senjata jarak jauh, dan banyak lagi.

Di sisi lain, event AUSA 2022 yang baru saja berakhir di Amerika, memang menampilkan banyak produk pertahanan berbasis robot. Hal itu pun sejalan dengan keinginan US Army yang menginginkan penggunaan kendaraan darat tak berawak (Unmanned Ground Vehicle) untuk memenuhi kebutuhan era modern. Dan produk dari Plasan ini berpeluang untuk dipilih US Army sebagai UGV masa depan.

Quote:



Referensi Tulisan: Army Recognition& Plasan
Sumber Foto: sudah tertera di atas
goal481
jlamp
mynameisant
mynameisant dan 11 lainnya memberi reputasi
12
1.9K
14
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Militer
MiliterKASKUS Official
20KThread7.4KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.