Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • Health
  • Manipulasi Genom, Kunci Penyembuhan Segala Penyakit

ih.sulAvatar border
TS
ih.sul
Manipulasi Genom, Kunci Penyembuhan Segala Penyakit


Apakah Anda tahu apa itu genom? Genom adalah keseluruhan informasi genetik yang dimiliki oleh suatu sel organisme. Genom sendiri sebenarnya merupakan singkatan dari genom dan kromosom sehingga bisa dikatakan bahwa genom adalah tempat tersimpannya seluruh informasi biologis yang membangun tubuh manusia dan juga warisan untuk generasi selanjutnya.

Normalnya, genom adalah warisan dari orangtua dan tak lagi bisa dirubah bagaimanapun caranya. Namun, teknologi sudah berkembang pesat jauh melampaui imajinasi manusia. Di masa sekarang orang dengan genetik rambut ikal bisa dibuat lurus, orang dengan genetik hidung pesek bisa dibuat mancung. Memang benar, operasi plastik tak bisa merubah genetik, tapi bagaimana jika ada teknologi yang bisa merubah genetik secara langsung?



Rekayasa genetika memang sudah cukup lama menjadi perdebatan dan banyak yang percaya bahwa rekayasa genetika adalah kunci untuk menyembuhkan segala macam penyakit yang sampai sekarang belum ada obatnya seperti AIDS atau bahkan kanker.

Jadi begini; kebanyakan penyakit disebabkan oleh daya tahan tubuh yang tidak kuat untuk menghadapi kuman atau virus dari luar. Lalu bagaimana bila genetik seseorang diedit sehingga memiliki daya tahan tubuh yang kuat? tentunya penyakit dari luar akan kalah menghadapi kekebalan tubuh dan penyakit yang sudah terlanjur tercipta pun perlahan-lahan akan menghilang karena imun tubuh yang menguat.



Dan tidak hanya sampai di situ. Sistem untuk mengedit genetik juga bisa mencegah segala macam penyakit keturunan untuk diwariskan ke anak cucu. Seorang anak itu terlahir dengan genetik orangtua yang diwariskan dalam tubuhnya sehingga jika gen yang membawa penyakit itu dipotong maka seorang anak bisa terlahir tanpa harus menderita penyakit itu di dalam gennya.

Dan jika didorong lebih jauh, rekayasa genetika juga bisa membentuk manusia yang menurut kita ideal. Ciri-ciri seperti tinggi badan, berat badan, ketajaman mata, massa otot, hingga kecerdasan otak bisa saja diatur. Lama-kelamaan manusia tak akan berbeda dari karakter game, seluruh stat-nya bisa diatur sesuai keinginan orangtua kita.



Gimana? Hebat? Tentu saja. Seram? Ya, memang seram. Rekayasa genetika memang bersinggungan terlalu serius dengan etika yang kita miliki sebagai manusia dan ada kemungkinan besar teknologi ini akan dicekal di masa depan. Namun, jika penggunaannya hanya dalam bidang kesehatan mungkin tidak akan ada masalah.

Sekian dari saya mari bertemu di thread saya yang lainnya.

sumur
evywahyuni
anakhelvetia
anatokido
anatokido dan 14 lainnya memberi reputasi
15
5.9K
74
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Health
HealthKASKUS Official
24.6KThread10KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.