masnukhoAvatar border
TS
masnukho 
Menjadi Tema Google Doodle 29 Oktober 2022, Ini Dia Sekilas Tentang Tempe Mendoan
Unik, menjadi tema Google Doodle hari ini, berikut sekilas tentang tempe mendoan


Google, mesin pencarian online yang dapat dikatakan paling sering digunakan oleh semua orang di dunia.

Menjadi salah satu mesin pencarian yang paling sering digunakan, Google memiliki sebuah tampilan atau logo yang disebut dengan nama Google Doodle.
Logo atau Google Doodle sendiri setiap hari mengalami perubahan ilustrasi berdasarkan dengan peringatan hari besar, liburan, acara, prestasi, tokoh sejarah, atau juga makanan khas tradisional.

Membahas tentang Google Doodle, hari ini Sabtu tanggal 29 Oktober 2022 Google menampilkan sebuah ilustrasi Google Doodle bertemakan "Tempe Mendoan".

Terlihat sangat unik dan menarik ilustrasi Google Doodle tersebut memperlihatkan seorang perempuan dengan baju khas Indonesia menghidangkan olahan tempe mendoan, dan gambar seorang laki-laki penjual tempe mendoan.

For your information, ilustrasi Google Doodle Tempe Mendoan hari ini merupakan ilustrasi hasil karya seorang ilustrator asal Semarang, Jawa Tengah yang bernama Reza Dwi Setyawan.

Reza Dwi Setyawan mengaku merasa sangat bersyukur dan sangat bangga atas pencapaiannya. Ilustrasi tempe mendoan karyanya berhasil dipilih untuk menjadi Google Doodle hari ini untuk Google Indonesia.




Berbicara mengenai tema Google Doodle hari ini yaitu tempe mendoan, mungkin dari Agan Sista sudah banyak yang paham tentang apa itu tempe mendoan.

Tempe sendiri merupakan makanan fermentasi dari kacang kedelai yang menjadi salah satu makanan tradisional Indonesia yang sudah ada sejak 400 tahun yang lalu. Selain dapat dibuat dengan menggunakan bahan kacang kedelai, tempe juga dapat dibuat menggunakan bahan dasar kacang-kacangan dan biji-bijian yang lainnya.

Sedangkan untuk tempe mendoan, adalah salah satu variasi olahan tempe goreng asal Indonesia khususnya dari daerah Eks Karisidenan Banyumas, Jawa Tengah.

Nama mendoan sendiri berasal dari kata Mendo yang diambil dari bahasa Banyumasan dan memiliki arti setengah matang atau lembek. Sebagaimana bentuk dari tempe mendoan yang digoreng tidak terlalu matang sehingga memiliki tekstur lembek.

Tempe mendoan memiliki ciri-ciri khusus, irisan tempe yang tipis, dilapisi tepung dan digoreng setengah matang, terdapat irisan daun bawang, dan biasa dinikmati dengan cabe rawit.

Cara pembuatan tempe mendoan pun juga cukup gampang, hanya perlu untuk mengiris tempe tipis-tipis, membuat adonan terigu dengan campuran bumbu dan daun bawang, kemudian digoreng setengah matang.

Adapun untuk jenisnya, tempe mendoan dibagi atas tiga macam pengolahan, yaitu mendoan goreng basah, mendoan goreng kering, dan keripik mendoan.




Berikut tadi GanSis sekilas tentang Google Doodle tempe mendoan hari ini sekaligus dengan penjelasan singkat tentang apa itu tempe mendoan dan bagaimana cara pembuatannya.

Penting untuk Agan Sista tahu bahwasannya Indonesia adalah negara yang kaya, bukan hanya kaya akan adat dan budaya melainkan juga kaya dengan menu-menu makanan tradisional yang di setiap daerahnya memiliki perbedaan.

Oke, mudah-mudahan thread ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan serta informasi dari Agan Sista semua.




Penulis: @masnukho©2022
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar
1, 2, 3, 4
ungkemr
azhuramasda
abunabil19
abunabil19 dan 12 lainnya memberi reputasi
13
3.5K
67
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Cooking & Resto Guide
Cooking & Resto GuideKASKUS Official
8.8KThread12.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.