• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • 5 Penyakit Masyarakat Yang Cukup Meresahkan, Saatnya Berbenah Dan Introspeksi!

harrywjyyAvatar border
TS
harrywjyy
5 Penyakit Masyarakat Yang Cukup Meresahkan, Saatnya Berbenah Dan Introspeksi!

Sumber Gambar

Kita tahu bahwa pandemi begitu menakutkan di mana banyak orang yang terinfeksi virus. Padahal, sebetulnya sejak dari dulu kita memang sudah ada di situasi pandemi. Bukan penyakit medis, melainkan penyakit masyarakat.

Penyakit masyarakat lebih mengerikan karena bisa menularkan ke keturunannya dan biasanya si penderitanya tidak sadar. Inilah yang sulit diubah. Sampai saat ini belum ada vaksin mumpuni untuk mencegah penularan penyakit masyarakat.

Tapi, apa sajakah penyakit masyarakat itu? Berikut adalah daftarnya!emoticon-Ngacir



1. Ormas Tak Jelas

Sebelumnya, TS yakin alasan dibentuknya sebuah ormas adalah demi kebaikan. Akan tetapi, terkadang para anggota ormas seringkali berperilaku yang tidak sepantasnya mereka tunjukkan di masyarakat.

Pemalakan, rebutan lahan parkir, mabuk-mabukan, dan masih banyak lagi. Bukan ormasnya yang salah, TS sebenarnya sudah capek sama istilah ini tapi gak apa-apa deh kita sebut saja oknum ya.

Oknum yang mengaku ormas ini yang meresahkan. Untuk itu, perlu diperhatikan lagi saat perekrutan anggota. Kalau perlu pakai psikotes biar benar-benar tersaring orang seperti ini.

2. Seks Di Luar Nikah

Yang ini bahkan tidak hanya terjadi pada orang dewasa, namun pada anak remaja pula yang masih berseragam SMP. Awal mulanya jelas dari pacaran, kemudian berlanjut ke hal hal yang lebih berbahaya.

Dampak dari seks di luar nikah ini yang terkadang memprihatikan. Ada saja anak-anak yang lahir di luar nikah ketika si orang tuanya mungkin belum memiliki kesiapan yang cukup untuk menjadi orang tua. Akhirnya?


Sumber Gambar

3. Tawuran

Entah apa tujuannya, tapi tawuran masih sering terjadi entah antar pelajar atau antar warga kampung. Tawuran sudah banyak merenggut korban luka maupun jiwa, tapi orang-orang seakan mengabaikan itu.

Jika dipikir lagi, apa sih yang mereka cari dari tawuran? Nilai apa yang didapat dari mengorbankan nyawa seseorang? Masalah seperti ini hanya bisa selesai apabila masyarakat dewasa dan sadar betapa merugikannya tawuran.

Masih ada pemikiran 'kampung lo' dan 'kampumg gue' di masyarakat. Yang membuat mudahnya terjadi konflik antar warga. Padahal apa salahnya kita bersama-sama mau di mana pun kita tinggal toh masih satu kota, satu negara juga. Pemikiran kampungan seperti ini harus segera ditinggalkan.

4. Minuman Keras

Yang satu ini mungkin tidak asing lagi. Banyak orang-orang yang masih suka menenggak minuman keras hanya untuk mencari sensasi kesenangan atau apapun itu. Sama seperti tawuran, masyakarat perlu sadar betapa tak berguna dan merugikannya minuman keras.

Apalagi jika sudah dalam keadaan mabuk, seseorang bisa berperilaku tak wajar, di luar norma dan bahkan bisa sampai membahayakan diri sendiri. Yang seperti inilah yang meresahkan.

Mirisnya lagi, masyarakat menengah ke bawah pun ikut-ikutan. Bahkan ketika tak ada uang mereka rela membeli miras oplosan yang kita tahu racikannya sangat berbahaya dan bisa mengancam nyawa.

5. Kejahatan

Dan yang paling meresahkan adalah yang satu ini. Kejahatan bisa terjadi di mana saja dan dalam bentuk apa saja. Bisa dalam bentuk pencurian, pembunuhan dan lain sebagainya. Salah satu penyebab kejahatan terjadi adalah karena alasan ekonomi.

Biasa terjadi di masyarakat menengah ke bawah. Desakan ekonomi membuat mereka nekat menghalalkan segala cara. Juga karena kurangnya pendidikan, mereka bisa saja mencari usaha lain. Tapi karena malas, diambilkan cara instan yang merugikan orang lain.


Sumber Gambar

Ya itulah yang bisa TS bagikan mengenai penyakit masyarakat yang cukup meresahkan buat TS. Permasalahan ini sangat kompleks untuk dijelaskan. Butuh waktu lama untuk menghilangkan penyakit-penyakit ini di masyarakat. Bahkan ketika sudah ada edukasinya, masyarakat terkadang enggan dan malas belajar. Itulah yang membuat kualitas masyarakat kita segitu-gitu saja.

Adakah lagi penyakit masyarakat yang meresahkan bagi kalian? emoticon-Bingung (S)

Ditulis oleh Harry Wijaya
Tulisan dan Narasi Pribadi


emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan
pakisal212
nketiahrobin763
shinwjy
shinwjy dan 20 lainnya memberi reputasi
21
4.1K
118
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.9KThread82.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.