harrywjyyAvatar border
TS
harrywjyy
5 Bagian Dari Ayam Yang Bisa Dimakan Selain Daging, Apa Sajakah Itu?

Sumber Gambar

Ayam adalah salah satu hewan ternak yang memiliki banyak manfaat. Mulai dari daging sampai telurnya. Untuk daging sendiri, sudah cukup umum di masyarakat. Banyak masakan yang terbuat dari daging ayam.

Tapi ternyata, bukan hanya daging yang bisa dimakan. Bagian-bagian lain dari ayam pun bisa dimakan. Cocok bagi kamu yang bosan makan daging ayam dan ingin mencari menu baru, tapi tak mau jauh-jauh dari ayam.

Apa saja ya? Berikut daftarnya gan!emoticon-Ngacir



1. Kulit


Sumber Gambar

Kulit ayam menjadi salah satu bagian yang cukup dicari oleh banyak orang. Kulit ayam ini sendiri memiliki tekstur yang garing apabila digoreng. Apalagi bila dimasak bersama dengan dagingnya, maka kaldu dari ayam itu akan menamba cita rasa.

Kulit ayam biasanya dijual dalam bentuk krispi kemasan. Atau ada juga kulit yang dijual mentah di pasar, akan tetapi kadang jumlahnya terbatas.

2. Kepala


Sumber Gambar

Ada saja orang yang memakan kepala ayam. Ada sedikit daging-daging dan kulit tipis yang menempel di kepala ayam. Selain itu juga, kalian bisa memakan bagian lain seperti mata dan otaknya.

Biasanya kepala ayam ini satu set dengan lehernya. Bagian leher ini juga bisa dimakan sama seperti kepalanya. Biasa menjadi salah satu menu pelengkap soto.

3. Usus


Sumber Gambar

Usus ini adalah kesukaan TS. Termasuk ke dalam kelompok jeroan, ada banyak masakan yang bisa dibuat dari usus. Mulai dari ditumis, digulai, disate smpai digoreng krispi seperti kulit ayam.

Usus ayam juga biasa jadi pelengkap soto. Namun, untuk mengolahnya kita harus memastikan bahwa usus ayam sudah benar-benar bersih dan tak meninggalkan bau.

4. Hati


Sumber Gambar

Hati ayam juga banyak dikonsumsi di Indonesia. Sama seperti usus, hati juga biasa disate dan jadi pelengkap bubur ayam. Hati ini biasanya satu paket dengan ampela. Biasa dimasak tumis dengan dipotong dadu.

Hati ayam sendiri memiliki banyak serat bahkan dipercaya dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh.

5. Ceker


Sumber Gambar

Bahkan kaki ayam pun masih bisa kita konsumsi. Orang Indonesia pasti sudah tak asing dengan ceker. Bagian ini sering kali muncul sebagai pelengkap seperti soto, mi ayam sampai seblak.

Salah satu yang populer adalah makanan ceker mercon yang dikenal pedas dan digandrungi oleh anak-anak muda.

emoticon-Jempolemoticon-Jempolemoticon-Jempol

Ya itulah dia beberapa bagian dari ayam yang bisa dikonsumsi oleh kita semua. Beberapa bagian di atas bahkan memiliki harga yang lebih murah dari daging. Cocok nih buat kalian yang mau makan ayam tapi uangnya gak cukup buat beli daging.

Gimana gan? Kalian paling suka makan ayam bagian apa selain daging? emoticon-Blue Guy Peace

Ditulis oleh Harry Wijaya
Tulisan dan Narasi Pribadi


emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan
cheria021
Uprutz
lusfdlrrhmn
lusfdlrrhmn dan 11 lainnya memberi reputasi
12
3.2K
103
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Cooking & Resto Guide
Cooking & Resto GuideKASKUS Official
8.8KThread12.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.