• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Ketika Akhlaq E. Tuloe Lebih Baik Dibanding Kebanyakan Pejabat Indonesia?

napeloginiAvatar border
TS
napelogini
Ketika Akhlaq E. Tuloe Lebih Baik Dibanding Kebanyakan Pejabat Indonesia?


Dari kecil kita senantiasa diajarkan oleh orangtua dan guru untuk selalu berbuat baik kepada sesama. Tapi kadang saya suka mikir.....emoticon-Thinking

Terkadang berbuat baik juga menguras pikiran dan perasaan. Terlebih bagi mereka orang-orang yang hidupnya susah dan tertekan secara ekonomi.

Jika ada orang kaya raya nemu duit ratusan juta lalu mengembalikannya kepada si pemilik, entah kenapa buat saya itu tak istimewa. Wajar namanya juga sudah kaya.

Kalo anaknya Elon Musk, anaknya Sandiaga Uno, atau anak-anak yang bokap nyokapnya tajir melintir. Lalu nemu duit 500 juta di jalanan kemudian mengembalikannya kepada si pemilik, buat saya itu juga biasa aja....Nothing special!

Tapi bagimana jika yang menemukan duit itu adalah orang susah yang hidupnya blangsak pake banget?


Emmanuel Tuloe



Seperti kisah yang dialami warga Liberia bernama Emmanuel Tuloe ini menyerupai sebuah dongeng modern.

Emmanuel yang berusaha mati-matian mencari nafkah sebagai tukang ojek, tanpa sengaja menemukan segepok uang senilai US$50.000 atau sekitar Rp527 juta.

Uang kertas senilai ratusan juta rupiah itu dia temukan dalam bungkusan kantong plastik di pinggir jalan ketika ia sedang melintas.

Singkat cerita, Emmanuel saat itu bisa saja mengantonginya karena uang dalam jumlah fantastis itu bakal mengubah hidupnya.

Namun dia justru memberikan uang itu kepada bibinya supaya menyimpan dan menjaganya. Dan ketika sang pemilik uang mewek lalu meminta tolong melalui bantuan radio nasional untuk menemukan uangnya, Emmanuel malah mengembalikannya tanpa beban.....

Dan herannya ada sebagian warga dan tetangganya yang mencemooh dan mengatakan bahwa Emmanuel terlalu bego.
Mungkin tetangganya berpikir "Itu rezeki dari Tuhan buat orang susah seperti Emmanuel, tapi karena bego malah dibalikin". emoticon-Big Grin



Diganjar Banyak Hadiah



Tapi Tuhan memang adil, Dia punya caranya sendiri bagaimana Tuhan mengapresiasi kebaikan seorang Emmanuel. Beberapa saat setelah Emmanuel mengembalikan uang temuannya itu, ia diganjar berbagai hadiah, termasuk fasilitas sekolah di Ricks Institute, salah satu sekolah paling bergengsi di Liberia.

Selain itu, presiden Liberia, George Weah, juga memberinya uang senilai US$10.000 atau sekitar Rp105 juta rupiah. Pemilik sebuah media lokal juga memberinya uang tunai, serta hadiah-hadiah lainnya yang diperoleh dari para pemirsa televisi dan pendengar radio.



Tak cukup sampai disitu, si pemilik uang pun menyumbangkan hadiah senilai US$1.500 kepada Emmanuel sebagai ungkapan rasa terima kasih karena telah mengembalikan uang miliknya.

Dan puncaknya, Emmanuel juga akan diterima disebuah perguruan tinggi di AS kemudian menawarkannya beasiswa penuh setelah dia menyelesaikan pendidikan menengahnya........

emoticon-Leh Ugaemoticon-Leh Ugaemoticon-Leh Uga


Sebagai penutup saya cuma ingin bertanya, seandainya ini terjadi di negara 62, apakah kalian yakin ceritanya akan serupa seperti Emmanuel di Liberia? Aaaahhh..... Rasanya kok agak tidak mungkin... emoticon-Ngacir

Boro-boro nemu duit 500 jutaan, yang jelas-jelas duit negara aja masih diembat! emoticon-Ngacir

Tapi saya jadi teringat kisah Mang Jaya yang katanya sempat heboh di Kaskus dan pernah menjadi berita nasional karena telah mengembalikan uang jutaan rupiah milik seorang Kaskuser yang tertinggal di becaknya..... Salute!





Oleh : napelogini


Source of Pictures : Google Images

Referensi 1 : KLIK

Referensi 2 : KLIK



iskrim
ichad14
AgusLie007
AgusLie007 dan 26 lainnya memberi reputasi
27
6.4K
103
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.8KThread82.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.