indoheadlinesAvatar border
TS
indoheadlines
Pura Bersejarah juga Jadi Korban Banjir Bandang Bali



Tak hanya menyebabkan hilangnya nyawa dan rusaknya bangunan, banjir bandang Bali juga berdampak pada pura-pura yang menjadi tempat ibadah umat Hindu.

Salah satu pura yang paling terdampak banjir bandang adalah Pura Campuhan di Banjar Ganter, Kabupaten Tabanan. Dilihat detikcom dari Instagram @infomengwi, banjir bandang yang berlangsung pada Senin (17/10) telah menenggelamkan bangunan pura.

"Detik-detik Pura Campuhan Banjar Ganter, Desa Adat Mengwi tergerus derasnya air akibat hujan yang melanda wilayah Mengwi dan sekitarnya, di mana ketinggian air mencapai 15 meter," tulis akun tersebut pada video yang menunjukkan terjangan banjir bandang.

Pura Campuhan di Banjar Ganter lokasinya berdekatan dengan Pura Taman Ganter yang didirikan Kerajaan Mengwi. Sementara itu, Pura Campuhan juga termasuk pura kuno dan sakral bagi masyarakat setempat.

Selain pura ini, tercatat ada 9 pura lainnya serta jalan dan jembatan di Kabupaten Tabanan yang juga rusak akibat banjir bandang. Gubernur Bali Wayan Koster sudah meninjau lokasi yang terdampak dan mengatakan akan segera memberikan bantuan.


Baca juga: Miris, Pura yang Jadi Favorit Turis Melukat Diterjang Banjir Bandang


Dilansir dari Antara, dalam skema penanganan dampak bencana, pendaan akan bersumber dari APBD Kabupaten, APBD Provinsi, dan APBD Badan Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB).

"Apabila bencana ini sudah dinyatakan sebagai darurat bencana, maka kemungkinan bisa mendapat penanganan khusus lewat program APBN. Sehingga perbaikan Pura Campuhan di Banjar Ganter akan kami bahas skema bantuannya," kata Koster.

Sementara menunggu penanganan jangka panjang pascabanjir bandang di Kabupaten Tabanan, Koster mengaku akan lebih fokus pada penanganan korban bencana alam itu. Termasuk pemenuhan kebutuhan di pengungsian.

"Jadi penanganan sosial bagi korban terdampak bencana menjadi prioritas utama kami secara jangka pendek," ujarnya.

detikcom
db84x4
daratmpv
daratmpv dan db84x4 memberi reputasi
0
842
13
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670.9KThread40.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.