Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

LordFaries4.0Avatar border
TS
LordFaries4.0
Anies dan Ganjar Didukung Relawan Pelaku Politisasi Identitas

Inisiator Gerakan Nurani Kebangsaan (GNK), Habib Syakur Ali Mahdi Al Hamid menyayangkan para relawan Anies Rasyid Baswedan dan Ganjar Pranowo yang gencar melakukan politisasi identitas.

Ia menilai, kedua belah pihak yang saat ini sedang saling bersaing narasi di semua platform sosial cenderung sama-sama memainkan prakti politik serupa.

“Ya kita harus akui, relawan Anie dan Ganjar sama-sama menggunakan politik identitas,” kata Habib Syakur kepada Holopis.com, Minggu (23/10).

Salah satu yang disinyalir praktik politisasi identitas yang dijalankan oleh relawan Ganjar adalah kegiatan ijtima’-ijtima’ ulama yang digalang. Menurutnya, secara kasat mata itulah bentuk dari politisasi identitas yang digarap oleh relawan Ganjar Pranowo.

“Ya lihat saja, ada ijtima’ ulama di berbagai daerah. Semua dikondisikan, ini apalagi namanya jika bukan politisasi identitas. Jadi jangan hanya salahkan Anies tapi Ganjar juga perlu diingatkan agar menertibkan relawannya,” tuturnya.

Lebih lanjut, ulama asal Kabupaten Malang tersebut berharap semua pihak lebih mengdepankan politik kebangsaan. Jangan sampai ada upaya-upaya politisasi identitas hingga primordialisme mendominasi Pemilu 2024.

“Kita sudah lelah dengan polarisasi, saatnya semua pihak utamakan politik kebangsaan, politik wawasan dan politik sopan santun,” pungkasnya.

https://holopis.com/news/polhukam/20...asi-identitas/

Beberapa bulan yang lalu marak isu yang berbau sara atau tepatnya berbasis agama. Misal rendang babi dan semacamnya. Dari isu tersebut terjadi pro dan kontra dari kedua belah pihak terhadap hidangan khas minang tersebut.

Di media sosial terjadi perdebatan sengit diantara para netizen, perdebatan tersebut bahkan berujung caci maki. Namun inti dari semua itu adalah "Data".

"Data" yang kemudian hari menjadi pijakan untuk mengklasifikasi kan jenis kelompok sosial mana yang paling vokal, jenis kelompok sosial mana yang paling aktif dan tentu saja yang paling kokoh.

Sekarang kita tau kelompok mana yang dijadikan target market dan digunakan untuk memenangkan pemilu, tanpa memperdulikan polarisasi yang akan terjadi.
Diubah oleh LordFaries4.0 23-10-2022 11:55
xneakerz
za4d1
mrtop33
mrtop33 dan 8 lainnya memberi reputasi
9
1.6K
30
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671KThread40.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.