Chikashi.MasudaAvatar border
TS
Chikashi.Masuda
Puluhan Rumah di Solo Terendam Banjir Luapan Sungai, Warga Terpaksa Mengungsi
Puluhan Rumah di Solo Terendam Banjir Luapan Sungai, Warga Terpaksa Mengungsi

 Kompas.com - 22/10/2022, 12:14 WIB BAGIKAN: Komentar1 Lihat Foto Sejumlah rumah warga di Kelurahan Pucangsawit, Kecamatan Jebres, Solo, Jawa Tengah tergenang air luapan sungai wilayah tersebut, Sabtu (22/10/2022).(KOMPAS.com/LABIB ZAMANI) Penulis Kontributor Solo, Labib Zamani | Editor Teuku Muhammad Valdy Arief SOLO,

 KOMPAS.com-Puluhan rumah warga dalam dua rukun tetangga (RT) di Kelurahan Pucangsawit, Kecamatan Jebres, Solo, Jawa Tengah, terendam banjir dari luapan air sungai wilayah tersebut pada Jumat (21/10/2022) malam. Debit air sungai ini meluap setelah hujan deras yang mengguyur wilayah Solo dan sekitarnya Jumat sore hingga malam. Lurah Pucangsawit, Yosef Fitriyanto, mengatakan, warga yang terkena dampak luapan air sungai tersebut di RT 002 dan 003, RW 006 Kelurahan Pucangsawit. 

Baca juga: Rest Area Jalan Tol di Solo Raya Dimungkinkan Langsung Terhubung dengan Jalur Wisata hingga Industri Air mulai masuk rumah warga pada pukul 23.00 WIB. Hingga saat ini, sebagian warga yang rumahnya tergenangan air masih bertahan di pengungsian sementara di posyandu dan masjid. "Genangan air mulai tampak sekitar pukul 23.00 WIB, tapi belum begitu tinggi, baru di bibir sungai Sari Kopi," kata Yosef dikonfirmasi Kompas.com, Sabtu (22/10/2022). Menurut Yosef, Sungai Sari Kopi ini mengalir dari arah kota dan menuju ke Sungai Bengawan Solo. Aliran sungai ini melintasi wilayah RW 006 Kelurahan Pucangsawit. 

Baca juga: [POPULER REGIONAL] Ledakan Pipa Gas Pertamina di Prabumulih | Solo Banjir Usai Diguyur Hujan Deras Ketika debit air Sungai Bengawan Solo tinggi, pintu air yang berada di Sungai Sari Kopi ditutup agar air tersebut tidak masuk ke permukiman warga sekitar. Air Sungai Sari Kopi kemudian dibuang ke Bengawan Solo menggunakan pompa air. Karena kapasitas paralon yang dipakai untuk membuang air Sungai Sari Kopi ke Bengawan Solo tidak memadai, akibatnya air tidak bisa terbuang maksimal.   Air Sungai Sari Kopi kemudian meluap masuk ke pemukiman warga di RT 002 dan RT 003, RW 006 Kelurahan Pucangsawit atau yang dilalui sungai tersebut. Yosef mengatakan ada sekitar 109 kepala keluarga (KK) di dua RT yang terkena dampak luapan air. Masing-masing untuk RT 002 ada 28 KK dan RT 003 ada 81 KK. "Yang rumahnya tergenang kita evakuasi ke rumah warga yang tidak tergenang. Yang surut sudah kembali membersihkan rumahnya. Sebagian yang masih tergenang menunggu di gedung posyandu, masjid dan tempat fasum yang tidak kebanjiran dipakai untuk istirahat sementara," ungkap dia.

 Baca juga: Giring Beri Dukungan Politik, Gibran Respons Begini Menurut Yosef, sejak menjabat sebagai lurah Pucangsawit pada 2020, luapan air sungai masuk ke jalan dan pemukiman warga baru kali ini terjadi setelah ada pembangunan parapet. Untuk warga yang masih bertahan di pengungsian sementara, kata Yosef, semua kebutuhan logistik telah dipenuhi pemerintah setempat, BPBD, Dinsos dan PMI. Saat ini juga sudah didirikan dapur umum di sekitar lokasi pengungsian untuk memenuhi kebutuhan warga yang masih di pengungsian sementara. "Ini sudah didirikan dapur umum bersama teman-teman Sibat Pucangsawit dan warga untuk makan siang," kata Yosef. Wakil Wali Kota Solo Teguh Prakosa mengatakan perlu ada peningkatan bangunan rumah warga karena berdekatan dengan bibir sungai. Baca juga: Didukung Mantan Aparatur Desa Indonesia Maju Pilgub Jateng, Gibran: Jawaban Saya Selalu Sama Kok Peningakatan bangunan ini bisa melalui CSR dengan mempertimbangkan bangunan itu berdiri di atas tanah negara. "Kalau itu sudah ada rumah banyak kalau itu tanah negara ya bisa kita gunakan CSR per rumah Rp 50 juta seperti yang di Mojo. Jadi bisa diambil ketinggian bangunan, saya kira itu," kata Teguh. Meski demikian, kata Teguh, Pemkot Solo akan mendata ulang warga di dua RT yang tinggal di kawasan tersebut khusus yang terkena dampak dari luapan sungai. "Kita harus cek ulang semua datanya penduduk seperti apa khususnya yang terdampak di dua RT karena dia mangku sungai," ujar Teguh.


s.c.a.
ian.benjamin
seher.kena
seher.kena dan 6 lainnya memberi reputasi
5
1.1K
20
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670.1KThread40.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.