Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

adekcantik47398Avatar border
TS
adekcantik47398
NOSTAGIA JAJANAN TAHUN 90_AN
Sebagai seorang yang mengalami hidup di tahun 90-an tentunya ada masa-masa di mana saya menengok ke belakang. Bernostalgia dengan segala kenangan di masa lalu. Salah satu yang masih membekas di benak saya adalah snack atau cemilan di kala itu.

NOSTAGIA JAJANAN TAHUN 90_AN

Anak-anak jaman now terbiasa dengan snack fast food, snack yang lebih modern atau bersih macam pocky, nori, breadtalk, Hershey, snickers, toblerone, dan banyak lainnya.

Saya dulu dimanjakan dengan snack yang murah, enak, banyak, dan unik. Walaupun kalau sekarang dipikir lagi sepertinya snack kala itu kurang higienis dan menyehatkan. Tapi justru di situlah uniknya.

Coba, siapa yang belum kenal snack yang saya rindukan di bawah ini. Snack yang saya kategorikan extinct (alias punah) or endangered (terancam punah).
Mungkin sebagian masih bisa kita temukan, sementara sebagian lagi mungkin sudah hilang tergilas zaman.

1. Anak Mas


NOSTAGIA JAJANAN TAHUN 90_AN
Siapa generasi-90an yang tidak kenal anak mas. Makanan wajib saat jam istirahat di sekolah. Mie kering yang crunchy ditambah bumbu yang asin dan menggugah selera. Di jamin bikin ketagihan. Bagaimana tidak, entah berapa banyak MSG di dalamnya.

2. Wafer Superm



NOSTAGIA JAJANAN TAHUN 90_AN


Ah, superhero yang satu ini memang sangat terkenal sepanjang waktu. Wafer andalan saya dahulu kala. Kalau ada jalan-jalan dari sekolah * dulu namanya studi tur * wafer yang satu ini tidak ketinggalan sebagai bekalnya. Secara dulu, wafer merk Tango belum muncul di kehidupan saya.


3. Permen karet Yosan

NOSTAGIA JAJANAN TAHUN 90_AN
Oke, permen karet itu satu hal yang paling common. Bisa dibilang tiada hari tanpa permen karet. Apalagi ketika novel, film, dan sinetron Lupus lagi booming-booming nya. Ga cool kalo ga makan permen karet dan ga bisa buat balon dari permen karet.

Kenapa permen legandaris Yosan? Karena Lotte belum dikenal. Selain itu, entah kenapa, saat itu, kami suka sekali dengan ide, ada huruf-huruf dibalik bungkus permen karet yang kalau kita kumpulkan menjadi tulisan YOSAN, maka kita bisa menukarnya untuk mendapat hadiah yang dijanjikan.

Entah kenapa saat itu hampir setiap anak berlomba-lomba mengumpulkan sampai bersedia tukar-menukar dengan teman. Kalau sudah terkumpul, bangganya setengah mati. Walaupun seingat saya, kami tidak pernah bisa mengumpulkan penuh tulisan YOSAN. Aneh.

4. Tic tic

NOSTAGIA JAJANAN TAHUN 90_AN

Sebagai salah satu jenis dari ciki-cikian di jaman itu. Tic tic menjadi favorit anak-anak, selain saingan terberatnya si chiki balls.

5. Coklat ayam jago

NOSTAGIA JAJANAN TAHUN 90_AN


Kalau anak sekarang kenalnya silverqueen, toblerone, Hershey, dan coklat keren lainnya. Jaman saya dulu, coklat ayam jago menjadi coklat terenak di dunia.


Kalau saya pikir lagi, kenapa ya namanya ayam jago? Apa hubungannya sama coklat ya? Sekali lagi, aneh.

6. Jagoan neon

NOSTAGIA JAJANAN TAHUN 90_AN

Kala itu, permen yang ada gagangnya jadi salah satu tren. Kayanya keren banget kalau hanging out sambil makan permen bergagang.

Nah, siapa coba yang tidak mau jadi jagoan, jagoan neon! Jadi, uniknya permen ini, kalau kita makan, maka lidah kita akan berubah warna. Saya ingat, favorit saya adalah warna biru.

Sehabis makan biasanya, dengan bangganya, kami akan saling menjulurkan lidah dan melihat lidah siapa yang paling berwarna. Oh my god, aneh banget, sumpah.


7. Chicklets
NOSTAGIA JAJANAN TAHUN 90_AN

Kalau permen karet satu ini, rada keren namanya untuk di jaman itu. Rasanya yang manis dan warnanya yang berwarna-warni semakin membuat permen ini jadi buruan anak-anak.


Setiap pergi sekolah, chicklets tidak ketinggalan selalu ada di dalam kantong baju.

8. Magic Pop
NOSTAGIA JAJANAN TAHUN 90_AN


POP! Aha, ini dia salah satu favorit saya sepanjang masa. Permen jebakan buat temen-temen yang belum pernah makan ini permen.

Betapa tidak, ketika si butiran permen masuk ke dalam mulut, bercampur dengan saliva di dalam lidah, tiba-tiba… “pletak pletak pletak pletak..”  serasa ada percikan petasan di dalam mulut kita.

Sakit, enak dan nagih, itu rasanya.

9. Coklat choyo-choyo

NOSTAGIA JAJANAN TAHUN 90_AN
Coklat ini dulu biasa dijual di abang-abang yang nongkrong di depan sekolah. Sehari bisa makan sampai banyak. Bisa saling tukeran dan tasting rasa juga sama teman-teman.

Ah, saya ingat lidah saya pernah luka gara-gara sendoknya yang memang pinggirannya tajam.

10. Es gabus


NOSTAGIA JAJANAN TAHUN 90_AN

Kyaa, ini es favorit saya. Es yang kalau kita makan rasanya seperti memakan gabus. Tapi sumpah, dulu demen banget ama ini es, sampe-sampe bisa beli banyak untuk nyetok di kulkas

MANA MAKANAN YANG BUAT KALIAN KANGEN MASA KECI TANPA GADGET
alifrian.
alifrian. memberi reputasi
1
1.1K
14
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.3KThread84KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.