Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

kipas.angin.199Avatar border
TS
kipas.angin.199
Pimpin Apel Hari Santri Nasional, Gus Yahya : Jangan Menuntut Balas Jasa
Pimpin Apel Hari Santri Nasional, Gus Yahya : Jangan Menuntut Balas Jasa
JAKARTA - Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), KH. Yahya Cholil Staquf memimpin langsung apel hari santri nasional, Sabtu (22/10/2022) mulai pukul 06.50 hingga 07.30 WIB.

Apel yang diselenggarakan di Pesantren Tebuireng Jombang Jawa Timur, ikut dimeriahkan di 528 titik yang tersebar di seluruh Indonesia, dengan melibatkan setengah juta santri pesantren.

Kiai yang akrab disapa Gus Yahya ini pun menyampaikan penetapan Hari Santri Nasional berdasarkan Peringatan 70 Tahun Resolusi Jihad yang diabadikan sebagai penghormatan jasa para ulama. Akan tetapi Gus Yahya menuturkan, Hari Santri Nasional bukan dirayakan sebagai bentuk untuk menuntut balas jasa negara kepada Nahdlatul Ulama.

"Hari Santri tidak boleh dijadikan alasan oleh kelompok mana pun pada generasi saat ini untuk menuntut balas jasa, tidak oleh Nahdlatul Ulama ataupun pesantren. Kenapa? Karena yang berjasa mempertahankan kemerdekaan negara Indonesia bukan generasi masa kini, bukan kita, melainkan para pahlawan agung dari Generasi 1945 lalu," terang Gus Yahya saat berpidato dalam apel tersebut.

Gus Yahya juga menjelaskan, penetapan hari santri nasional merupakan apresiasi Pemerintah yang dituangkan dalam Keputusan Presiden Nomor 22 Tahun 2015 tertanggal 15 Oktober 2015. Namun, ia mengatakan seperti Hari Nasional lainnya, Hari Santri adalah peringatan jasa dan keteladanan bagi para pahlawan secara umum.

"Hari Santri Nasional dirayakan sebagai momentum mengenang kepahlawanan segenap-bangsa indonesia, bukan hanya satu kelompok tertentu saja; Hari Santri harus benar-benar dipahami, dihayati, dan ditegakkan sebagai HARINYA SELURUH BANGSA INDONESIA TANPA TERKECUALI," tegas Gus Yahya.

Untuk diketahui, Apel nasional Hari Santri Nasional tersebut, akan dihadiri sejumlah kepala daerah, aparat keamanan, pegawai negeri sipil, dan tokoh masyarakat.


Apel nasional hari Santri tersebut akan diselenggarakan secara serentak di di 528 titik, tersebar di seluruh Indonesia. Selain dimeriahkan oleh setengah juta santri, apel tersebut juga akan diikuti pengurus besar, pengurus wilayah, cabang, dan pengurus cabang istimewa (PCI) NU.

"Pada tahun ini kita patut kita patut berbahagia, karena peringatan akan dikuti elemen masyaraakat. Kita kolaborasi dengan Kementerian Agama, pemerintah provinsi, dan pemerintah kabupatan/kota," ujar Sekretaris Jenderal PBNU Saifullah Yusuf saat memimpin persiapan akhir apel hari santri secara daring, Jumat kemarin (21/10/2022).


 Sumber


Sebenarnya yang suka mengungkit ungkit Jasa Resolusi Jihad di Surabaya sebenarnya siapa siih? Yang terus menerus mengingatkan agar "TIDAK MELUPAKAN" jasa Ulama siapa sih?

Ane nggak pernah melihat Ormas, Tokoh atau Pejuang yang terus menerus mengungkit-ungkit jasa mereka terhadap NKRI melebihi Ormas satu ini!

emoticon-Cape d...

Yang terakhir baru beberapa minggu lalu mereka ungkit lagi : Resmikan Gedung Baru NU DKI, Gus Jazil: Agama dan Negara Harus Berdampingan

Problem Ormas ini (termasuk islam moderat lainnya) adalah Autheticity (keotentikan). Mereka tidak otentik, apa yang mereka sampaikan dan tampilkan terlalu berbeda atau bahkan berkebalikan dengan kenyataan. 
emoticon-Cape d...
pilot2isekai078
corobikang
sorken
sorken dan 2 lainnya memberi reputasi
3
829
31
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.8KThread41.5KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.