Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

cokro.tvAvatar border
TS
cokro.tv
Survei LSI: Mayoritas Masyarakat Jakarta Tak Tahu Dugaan Korupsi dalam Program...
Survei LSI: Mayoritas Masyarakat Jakarta Tak Tahu Dugaan Korupsi dalam Program Hunian DP 0 Rupiah

Jumat, 21 Oktober 2022 19:34 WIB
Penulis: Rizki Sandi Saputra
Editor: Adi Suhendi



TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Lembaga Survei Indonesia (LSI) merilis temuan terbarunya pada Jumat (21/10/2022).

Kali ini, terkait dengan evaluasi masyarakat DKI Jakarta atas kinerja dan penanganan kasus di Pemerintah Provinsi DKI Jakarta di bawah kepemimpinan Anies Baswedan dan Ahmad Riza Patria.

Beberapa kasus yang dimaksud yakni dugaan korupsi pada program hunian down payment (DP) 0 rupiah yang dicanangkannya Anies Baswedan.

Dari hasil data yang disampaikan Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan, hanya sebagian kecil masyarakat yang mengetahui soal adanya dugaan tindak pidana rasuah tersebut.

"Kita tahu bahwa sudah ada proses hukum terhadap dugaan korupsi terhadap program hunian DP Rp 0 ini, yang mengetahui adanya tindak korupsi dalam program (Hunian DP Rp0) ini tidak banyak, yaitu 23 persen (yang tidak tahu 77 persen)," kata Djayadi dalam paparannya secara daring, Jumat (21/10/2022).

Namun, dari 23 persen masyarakat yang mengetahui itu, dominan di antaranya kata Djayadi, percaya adanya tindakan korupsi dalam program tersebut.

Bahkan angka yang percaya pada dugaan korupsi itu mencapai 50 persen lebih.

"Di antara yang mengetahui adanya dugaan tindak korupsi di program ini 55,1 persennya menyatakan percaya kalau memang terjadi masalah dalam hal ini dugaan tindak korupsi dalam projek hunian DP Rp 0 itu (tidak percaya 24,5 persen)," ucapnya.

"Ini mungkin juga yang menjelaskan antara lain mengapa projek itu dinilai negatif oleh sejumlah kalangan," kata dia.

Lebih lanjut, dalam surveinya juga disajikan data soal penilaian masyarakat atas kinerja Anies Baswedan dkk dalam penanganan banjir.

Di mana kata dia, masyarakat menilai buruk kepada kinerja Pemprov DKI Jakarta.

"Mengatasi masalah kemacetan ini nilainya di bawah 50 persen," kata Djayadi.

Tak hanya itu, berdasarkan hasil surveinya, angka kepuasan warga Jakarta terhadap kinerja Anies dalam mengatasi masalah kemiskinan juga masih rendah yakni di angka 51 persen.

Lebih lanjut, untuk permasalahan klasik warga Jakarta yakni banjir juga masih dinilai buruk oleh masyarakat.

Di mana penilaiannya hanya berada di peringkat 4 terbawah kepuasan masyarakat terhadap kinerja Pemprov DKI Jakarta di bawah kepemimpinan Anies Baswedan.

"Angkanya itu hanya 5 persen sangat puas, 54 persen cukup puas, 34 persen kurang puas dan 6 persen tidak puas sama sekali," katanya.

Sebagai informasi, Survei ini dilakukan pada 8-14 Oktober 2022 dengan populasi survei merupakan seluruh warga Indonesia di Provinsi DKI Jakarta yang punya hak pilih daalm pemilu yaitu mereka yang sudah berumur 17 tahun atau lebih atau sudah menikah ketika survei dilakukan.

Adapun jumlah sampelnya sebanyak 610 orang diambil dengan menggunakan metode multistage dengan toleransi kesalahan (margin of error) kurang lebih 4 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen dengan asumsi simple random sampling.

Mekanisme wawancara yang dipilih yakni tatap muka yang dilakukan oleh pewawancara yang telah dilatih terhadap responden terpilih.


Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Survei LSI: Mayoritas Masyarakat Jakarta Tak Tahu Dugaan Korupsi dalam Program Hunian DP 0 Rupiah, https://www.tribunnews.com/nasional/...upiah?page=all.
Penulis: Rizki Sandi Saputra
Editor: Adi Suhendi

Saatnya kita bongkar kebusukan gabener emoticon-Request

anu.ku.l
s.c.a.
sc5
sc5 dan 10 lainnya memberi reputasi
11
1.6K
18
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.1KThread41KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.