• Beranda
  • ...
  • Health
  • Benarkah Penyakit Usus Buntu Disebabkan Biji Cabe atau Biji Jambu Klutuk?

dompetjadipeciAvatar border
TS
dompetjadipeci
Benarkah Penyakit Usus Buntu Disebabkan Biji Cabe atau Biji Jambu Klutuk?



Biji cabe atau biji jambu klutuk memiliki tekstur yang keras sehingga sulit untuk kita hancurkan menggunakan gigi. Ketika kita memakan jambu klutuk atau cabe biasanya bijinya kita telan begitu saja karena tak mungkin dapat kita kunyah sampai hancur. Hal tersebut benar adanya karena mengunyah biji jambu klutuk biasanya hanya akan menyakiti gigi dan lebih buruknya bisa tersangkut pada gigi. Karena kerasnya tekstur dari biji dari kedua tumbuhan tersebut membuat orang-orang awam berpikiran bahwa bisa saja biji tersebut merupakan sumber penyakit usus buntu.

Secara logika memang bila dipikir-pikir biji cabai maupun biji jambu klutuk bisa saja tersangkut pada bagian usus buntu dan akhirnya membusuk lalu menimbulkan masalah serius. Namun pemikiran seperti itu rupanya jauh sekali dengan realitanya dimana pada penelitian telah membuktikan bahwa biji jambu klutuk dan biji cabai sama sekali tak ada kaitannya dengan penyakit usus buntu. Lalu bagaimana penjelasan secara ilmiahnya, yuk cermati thread berikut!


Konten Sensitif


Jadi organ usus buntu memiliki mikroflora normalnya sendiri atau bakteri baik yang menghuni usus buntu. Bakteri baik ini membuat berbagai makanan yang tersangkut di dalamnya akan hancur dan tak mungkin bisa tersangkut dalam jangka waktu lama. Jadi berbagai macam makanan yang masuk akan terdegradasi dengan sendirinya sehingga usus buntu senantiasa menjadi sehat. Bakteri baik seperti Lactobacillus casei dapat bermukim di sana dan membantu proses pencernaan serta senantiasa menjaga kesehatan usus.

Tanpa terpikirkan ternyata organ usus buntu ini memiliki peran yang sangat penting untuk manusia yaitu menjaga kesehatan pencernaan sebagai reservoir bakteri probiotik. Bakteri probiotik yang hidup di sana nantinya akan berpencar dan menjaga kesehatan usus dengan menekan populasi pertumbuhan bakteri berbahaya seperti Escheria coli dan Clostridium perfringens jadi keseluruhan ususmu menjadi sehat karena keberadaan bakteri probiotik yang bermukim di sana.



Seperti penjelasan sebelumnya, biji cabai dan biji jambu yang masuk kedalamnya akan mudah sekali didegradasi oleh bakteri probiotik tubuh. Jadi biji tersebut akan hancur dengan sendirinya bila tak sengaja masuk ke usus buntu yang merupakan tempat pemukiman bakteri baik tersebut. Lalu sebenarnya apa yang menyebabkan penyakit usus buntu atau inflamasi pada usus buntu? Berikut ini adalah penjelasannya :


Quote:


Quote:


Quote:


Itu dia penjelasannya apakah biji cabai ataupun biji jambu dapat menyebabkan penyakit apendisitis. Dari kebanyakan kasus yang tercatat, orang-orang terkena penyakit usus buntu disebabkan oleh kebiasaan kurang minum air putih dalam jangka waktu lama. Jadi mulai sekarang gansis harus pastikan meminum jumlah air yang cukup ya! sekitar 2.5 L perhari.


Sumber : Disini, Disinidan Disini
nobodysnafkin
wirawan.pras851
salvation101
salvation101 dan 16 lainnya memberi reputasi
17
4.9K
129
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Health
HealthKASKUS Official
24.6KThread9.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.