Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • Militer
  • Rusia Menawarkan Produksi Secara Lokal Senapan Serbu AK-203 Kepada India

si.matamalaikatAvatar border
TS
si.matamalaikat
Rusia Menawarkan Produksi Secara Lokal Senapan Serbu AK-203 Kepada India
Quote:


Ibarat ketiban durian runtuh, industri pertahanan India terus mendapatkan angin segar untuk produksi senjata di dalam negeri. Sebelumnya pada September lalu, India sedang melakukan negosiasi untuk produksi senjata anti tank Carl Gustaf M4 buatan Swedia. Dan bulan ini, dilaporkan jika Rusia menawarkan kerja sama untuk produksi senapan serbu AK-203 di dalam negeri.

Menurut artikel livemint.com, Rosoboronexport selaku perusahaan yang bertanggung jawab atas ekspor senjata Rusia akan membahas dengan pihak India produksi dan pasokan AK-203 untuk angkatan bersenjata dan lembaga penegak hukum lainnya di negara itu, kata perusahaan tersebut dalam sebuah pernyataan. Dan dalam pameran pertahanan Defexpo India 2022 di Gandhinagar, Gujarat; yang dimulai pada 18 Oktober 2022. Kedua negara akan mendiskusikan lebih lanjut tentang proses peoduksi tersebut.

Untuk produksi AK-203 sejatinya bukan hal sulit, pasalnya sejak 2019 kedua negara telah membuat perusahaan patungan bernama Indo-Russia Rifles Private Limited untuk produksi senapan serbu Kalashnikov; produksinya dilkukan oleh Korwa Ordnance Factory di Amethi. Jika kesepkatan ini disetujui, produksi senjata bisa dimulai pada akhir tahun 2022. Rusia juga menjanjikan produksi 100 persen senapan serbu AK-203 bisa dilakukan di India.

Sementara itu, pada tahun 2020 India meluncurkan program untuk membeli senapan serbu baru bagi kebutuhan angkatan bersenjata India. Sejauh ini, masih belum disebutkan senapan serbu dari negara mana yang sedang dipertimbangkan. Akan tetapi mengingat kedekatan dengan Rusia, AK-203 bisa jadi pilihannya.

Quote:


Sekilas tentang senapan serbu AK-203, merupakan senjata dengan kaliber 7,62×39 mm yang telah dilengkapi dengan picatinny rail untuk pemasangan alat bidik dan aksesori tambahan, yang memungkinkan penggunaan senjata yang efektifv dalam berbagai kondisi. Sebagai pengingat, AK-203 merupakan salah satu varian dari keluarga AK-200 series.

Untuk bobot AK-203 adalah 3,8 kg dan memakai desain popor lipat (folding stock). Punya pola kerja gas operated rotating bolt, AK-203 punya kecepatan luncur proyektil 730 meter per detik, dan kecepatan tembak 700 proyektil per menit. Untuk kapasitas magazine-nya adalah 30 peluru, AK-203 juga bisa memakai magazine detachable quad-columnberisi 50 peluru. Untuk jarak tembak efekivnya ada di jarak 400 – 800 meter (based on sight adjustments).

Saat ini senapan serbu AK-203 telah berhasil lulus uji dan telah dikirim ke beberapa unit pasukan militer Rusia. Negara mitra Rusia yang memberlakukan seleksi ketat untuk kebutuhan senapan serbunya pun dilaporkan juga sudah mulai memesan AK-203. Senapan serbu ini pun masih mewarisi keandalan senapan serbu AK-47, yang bisa dioperasikan di berbagai macam kondisi cuaca/iklim yang ekstrim.


Quote:



Referensi Tulisan: livemint.com
Sumber Foto & Ilustrasi: sudah tertera di atas
sukakuda
black.robo
mynameisant
mynameisant dan 11 lainnya memberi reputasi
12
2K
22
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Militer
MiliterKASKUS Official
20KThread7.4KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.