Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • Health
  • 6 Pasien Anak di Sumut Meninggal Akibat Ginjal Akut Misterius

iselfiawrdsAvatar border
TS
iselfiawrds
6 Pasien Anak di Sumut Meninggal Akibat Ginjal Akut Misterius

Quote:


Walaupun hanya berukuran layaknya satu kepalan tangan, ginjal merupakan bagian tubuh yang sangat penting dan wajib dijaga.


Fungsi utama organ tubuh ini adalah membersihkan darah dari senyawa racun dalam tubuh sebelum akhirnya diedarkan ke seluruh tubuh. Setelah itu, semua yang perlu dikeluarkan kemudian dikeluarkan melalui urin.

Tidak hanya itu, ginjal juga berperan dalam memproduksi berbagai hormon yang membantu produksi sel darah merah eritropoietin dan vitamin D untuk menjaga kesehatan tulang. Selain itu, sel darah merah eritropoietin juga berfungsi untuk mengatur tekanan darah.

Semakin tuanya kita, fungsi ginjal juga akan menurun atau justru hilang. Bagaimana tentang hidup dengan satu ginjal?Hidup dengan satu ginjal mungkin terdengar cukup mengerikan, ya, Gan. Tapi sebenarnya, tubuh juga bisa beradaptasi, kok. Sehingga kebanyakan penderitanya bisa tetap hidup dengan normal.
Lalu, bagaimana jika ginjal sudah tidak bisa berfungsi sama sekali?
Ini bukan prospek hidup tanpa ginjal, loh, Gan. Seandainya kedua ginjal rusak, maka aliran darah akan dengan cepat terisi oleh racun. Dialisis atau cuci darah harus dilakukan oleh penderita gagal ginjal pada kedua organ.

Pada Selasa, 18 Oktober 2021, media beramai-ramai memberitakan tentang gagal ginjal akut misterius yang terjadi pada 11 anak di Sumatera Utara. Dinas Kesehatan Sumatera Utara mencatat dari jumlah itu, 6 di antaranya meninggal dunia. Gagal ginjal sendiri adalah kondisi ketika ginjal tiba-tiba tidak dapat menyaring limbah dari darah.

Quote:


Sampai hari ini, belum ada informasi lebih lanjut tentang penyebab utama gagal ginjal akut tersebut. Kata ‘misterius’ mungkin menjadi kata pengundang bagi banyak pembaca. Sistem imunitas pada anak, belum sesempurna orang dewasa.

Ketika anak sudah terkena gagal ginjal, pengobatan dan kontrol secara teratur harus dilakukan.

Sebagai edukasi untuk para orang tua (atau apabila Agan memang punya saudara, teman, kenalan, yang telah memiliki anak) agar menghindarkan risiko anak dari penyakit ginjal, yaitu dengan mengusahakan untuk pemenuhan kebutuhan cairan anak, jangan terlalu banyak makan yang manis-manis dan terlalu asin, mencegah dehidrasi terutama ketika anak diare atau muntah-muntah, kurangi paparan terhadap infeksi, konsultasi selingkung masalah genetik guna mencegah penyakit ginjal yang diturunkan, mengenali sejak dini hipertensi dan diabetes pada anak.

0
757
1
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Health
HealthKASKUS Official
24.7KThread10.1KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.