c4punk1950...Avatar border
TS
c4punk1950...
Apakah Kerajaan Sriwijaya Itu Fiktif?




Banyak orang beranggapan bahwa kerajaan Sriwijaya itu fiktif, mungkin ini disebabkan tidak ditemukannya artifak dan peninggalan-peninggalan yang menjadi bukti bahwa ada sebuah kerajaan besar di tanah Sumatra.

Menariknya lagi Budayawan Betawi, Ridwan Saidi memberikan statement yang sama dengan menyebut Kerajaan Sriwijaya itu fiktif, ia beranggapan bahwa tanah yang ditempati itu bukanlah sebuah kerajaan namun hanya base camp sekelompok bajak laut, yang beroperasi di perairan nusantara.



Hmm, sangat menarik bukan pendapat ini ayuk kita bahas!

Dalam kronik China, pada masa Dinasti Song (960-1279) di Tiongkok mencatat keberadaan kerajaan San-fo-tsi. Saat itu merupakan kerajaan besar yang menguasai 15 wilayah pada masa itu, bahkan disebutkan pula kalau San-fo-tsi sebuah kerajaan yang berada di selatan Ch-uan-hou.



Kerajaan ini menghasilkan padi, rempah-rempah dan sebagainya. Nah, kerajaan San-fo-tsi berada diantara Kerajaan Chenla, yang wilayahnya meliputi Laos, Kamboja, sebagian Vietnam dan Thailand. Dan kerajaan Jawa, jadi diantara dua kerajaan ini adalah kerajaan San-fo-tsi.

Berarti kesimpulannya San-fo-tsi berada di sekitar semenanjung malaya dan Sumatra, dalam catatan itu juga diungkapkan bahwa kerajaan ini adalah kerajaan kuat, bahkan punya tentara tempur yang hebat baik di darat maupun lautan, bahkan admistrasinya juga cukup rapih.

Maka dari catatan ini, banyak para ahli sejarah yang menyebutkan kerajaan San-fo-tsi adalah Sriwijaya.



Hal ini disangkut pautkan dengan Prasasti Kedukan Bukit, yang ditemukan di Kedukan Bukit, Palembang. Prasasti yang diperkirakan ada sejak 683 Masehi ini ditulis menggunakan huruf Pallawa dan berbahasa Melayu Kuno.

Dimana isinya kurang lebih penaklukkan wilayah lain dengan 20.000 pasukan, yang dipimpin oleh Dapunta Hyang. Walau dalam prasasti tidak disebutkan kerajaan apa, namun kalau mau dikaitkan kemungkinan kerajaan Sunda yang ditaklukkan oleh Sriwijaya.

Menariknya ada juga Prasasti Talang Tuo, yang ditemukan di daerah kaki Bukit Seguntang, dekat Palembang, dimana Dapunta Hyang Sri Jayanaga bertempat di srivijaya.



Kenapa bahasa Cinanya jadi San-fo-tsi?

Kerajaan ini disebut di catatan mempunyai rentang waktu 3 abad, apakah yang dimaksud adalah kerajaan yang sama?

Ada dua pendapat, ada yang berpendapat bahwa San-fo-tsi adalah Sriwijaya namun ada yang berpendapat kerajaan San-fo-tsi kelanjutan dari Sriwijaya. Namun, menurut catatan Kerajaan Sriwijaya itu eksis bukan fiktif.

Namun sekali lagi catatan sejarah kerajaan di Indonesia memang minim sekali, apa pendapatmu tentang hal ini?



Terima kasih yang sudah membaca thread ini sampai akhir, bila ada kritik silahkan disampaikan dan semoga thread ini bermanfaat, tetap sehat dan merdeka. Ane c4punk pamit undur diri, See u next thread.

emoticon-I Love Indonesia



"Nikmati Membaca Dengan Santuy"


Tulisan : c4punk@2022
referensi : 1, 2
Pic : google

emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star












Penjelasan Kaskuser

Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:
Diubah oleh c4punk1950... 19-10-2022 13:41
MemoryExpress
benche87
aldri89
aldri89 dan 24 lainnya memberi reputasi
25
12.3K
184
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sejarah & Xenology
Sejarah & XenologyKASKUS Official
6.5KThread10.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.