harrywjyyAvatar border
TS
harrywjyy
Marus, Makanan Yang Terbuat Dari Darah Sapi! Amankah Dikonsumsi?

Sumber Gambar

Orang Indonesia memang di kenal memiliki banyak ragam makanan yang bisa disantap. Seakan tidak ada habisnya, selalu ada saja bahan yang bisa dijadikan santapan oleh masyarakat kita.

Setelah TS pernah membahas soal makanan dari jeroan, kini juga ada makanan yang berbahan dasar tak lazim. Entah ini jeroan atau bukan, karena bentuknya agak beda. Yaitu Marus yang terbuat dari darah sapi beku yang dimasak.

Yap bahkan darah pun bisa jadi makanan. Tapi kali ini, kita akan mengenal lebih jauh tentang makanan ini.


Sumber Gambar

Diolah Menjadi Apa?emoticon-Bingung (S)

Darah sapi yang sudah beku biasa disebut Marus. Bentuknya mirip hati sapi atau ayam, begitu juga dengan warnanya. Lalu, jadi seperti apakah Marus ketika dimasak?
Marus sendiri biasa dihidangkan menjadi lauk seperti semur, sate dan sebagainya. Atau bisa juga digoreng hingga kering. Karena ini adalah lauk maka biasanya dimakan dengan nasi hangat.

Marus sendiri memiliki rasa yang kurang lebih mirip seperti hati. Akan tetapi, Marus tidak memiliki tekstur yang padat. Marus lebih kenyal seperti tahu, walau tidak sekenyal itu juga sih. Dan warnanya merah gelap.


Sumber Gambar

Apakah Marus memiliki manfaat? emoticon-Bingung (S)

Tentu, makanan ini sendiri memiliki kadar protein yang tinggi. Dipercaya juga bisa membantu menambahkan darah dan menyembuhkan anemia. Selain itu, Marus juga bisa meningkatkan vitalitas pria. Meski begitu, memakan Marus dalam jumlah banyak dan berlebihan juga tidak baik bagi kesehatan.

Apakah Marus halal dalam agama? emoticon-Bingung (S)

Dalam agama Islam, memakan darah sendiri haram hukumnya. Karena dalam Islam, mengonsumsi darah hewan apapun dianggap haram. Tak hanya itu, bahkan pemerintah pun kini sudah melarang penjualan dan produksi Marus karena tidak memenuhi standar kesehatan.


Sumber Gambar

TS sendiri, daripada makan Marus lebih baik cari yang lain. Bukan tidak menghargai makanan Indonesia atau bagaimana, tapi memakan darah dalam bentuk apapun menurut TS adalah hal yang menjijikan. Tapi beda lagi kalau dikasih duit ya wkwk.

Maksudnya, akan sulit menikmati Marus sebagai makanan ketika tahu bahwa makanan ini berbahan dari darah sapi yang dibekukan.

Ya, biar bagaimanapun makanan ini sudah dilarang dan diharamkan oleh agama. Tak perlu khawatir karena Indonesia memiliki segudang makanan dan kuliner yang tidak kalah lezatnya. Bahkan dengan harga yang murah sekalipun bisa dapat makan enak.

Gimana menurutmu gan? Apakah kalian termasuk penggemar Marus? emoticon-Bingung (S)

Sumber:

Referensi
Ditulis oleh Harry Wijaya
Tulisan dan Narasi Pribadi

emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan
Diubah oleh harrywjyy 18-10-2022 02:15
cheria021
edilokonga503
lusfdlrrhmn
lusfdlrrhmn dan 28 lainnya memberi reputasi
29
12.5K
230
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Cooking & Resto Guide
Cooking & Resto GuideKASKUS Official
8.8KThread12.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.