iskrimAvatar border
TS
iskrim
Nyaris Jadi Korban Phising, Waspadai Tanda Ini, Gan!


Belum lama ini netizen dibuat gregetan karena ulah penipu yang mengatasnamakan badan usaha milik negara Bank Rakyat Indonesia (BRI) dicatut namanya untuk memperdaya nasabahnya.

Aksi tipu menipu ini disebut dengan phishing, yaitu membuat pesan metode online yang seolah-olah dari instansi resmi dan menggiring calon korban untuk mengikuti petunjuk yang mereka sarankan sedemikian rupa (bisa berupa rayuan hadiah, promo, pengajuan yang mendesak dengan ancaman, dll), karena pesannya berupa chat maka calon korban harus meng-klik sebuah alamat url.

Tingkatan resiko yang dialami oleh calon korban bermacam-macam dari hanya sekedar diperintah wajib mengisi sebuah form (nama, nama ibu kandung, alamat, no PIN, NIK, password dll) dan yang lebih canggih begitu link di klik 'calon korban' statusnya otomatis meningkat menjadi 'korban' karena hape miliknya telah dikuasai penipu.

Penipu yang telah menguasai hape korban bisa langsung meng-kopi semua data yang ada di dalam hape korban termasuk meng-kopi nomor penting seperti PIN, password, percakapan penting dan lain-lain dari jarak jauh.



Nah, belum lama ini tepatnya tadi siang saya juga menerima pesan tipuan serupa untuk kedua kalinya. Yang pertama dari BRI (sayang saya tidak sempat men-screen shootnya karena langsung saya hapus) dan yang kedua baru saja terjadi dari orang yang mengaku dari bank swasta Bank Central Asia ( BCA ) dan berhasil saya blokir serta men-screen shoot pesannya. Apakah mereka orang yang sama, entahlah.

Hasil dari screen shoot ini sengaja tidak saya blur nomor si penipu dam alamat form link urlnya supaya teman-teman disini bisa mengetahui dengan jelas dan jika perlu melapor kepihak berwenang sekaligus memblokirnya.

Sekalian saya juga mengingatkan agar kita yang sudah mengetahui tindak kejahatan model seperti ini sebaiknya di share ke keluarga atau teman kita agar mereka tidak menjadi korban phishing.

Jadi sebelum semuanya terjadi, pesan saya adalah selalu waspada menerima sebuah pesan yang kemudian menyarankan kita untuk meng-klik sebuah link yang mengarah keluar aplikasi yang sedang kita buka, terlebih nomor teleponnya tidak kita kenal.
Cermati baik-baik makna dan isi pesannya, jika mencurigakan lebih baik laporkan, segera abaikan atau hapus saja.




Sebuah opini
Img. Dok. Pri




Copyright © 2016 - 2022 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS
Diubah oleh iskrim 18-10-2022 11:37
machin
areszzjay
mancitybest
mancitybest dan 17 lainnya memberi reputasi
18
4.6K
50
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.9KThread82.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.