• Beranda
  • ...
  • Health
  • 5 Mitos Seputar Kesehatan Yang Banyak Dipercaya Orang, Wajib Tahu Nih Gan!

harrywjyyAvatar border
TS
harrywjyy
5 Mitos Seputar Kesehatan Yang Banyak Dipercaya Orang, Wajib Tahu Nih Gan!

Sumber Gambar

Kesehatan memanglah sesuatu yang harus diperhatikan dalam kehidupan sehari-hari. Tubuh yang sehat akan membantu dalam kegiatan kita. Kita butuh fisik yang fit dan bugar supaya dapat menjalani aktivitas dengan maksimal.

Berhati-hati boleh, tapi tetap harus memilah-milah informasi yang ada. Karena kadang, tak semua informasi mengenai kesehatan itu benar adanya. Banyak informasi seputar kesehatan yang nyatanya tidak benar tapi dipercaya banyak orang.

Untuk itu, kamu perlu tahu info kesehatan yang sebenarnya hanyalah mitos. Apa sajakah itu? Berikut faktanya!emoticon-Ngacir



1. Masturbasi Menyebabkan Lutut Kopong

Banyak yang bilang bahwa orang yang masturbasi, maka lututnya akan kopong. Apakah itu benar? Nyatanya hal ini hanya mitos. Lutut kopong atau padat itu tergantung nutrisi dan gizi yang diterima oleh tubuh. Atau bisa juga karena gangguan kesehatan lain seperti osteoporosis dan sejenisnya.

Bukan berarti membenarkan masturbasi, kegiatan ini memang tidak sehat tapi lutut kopong bukan salah satu dampaknya.

2. Menelan Biji Menyebabkan Usus Buntu

Ada yang bilang bahwa jika kita menelan biji buah seperti jambu, semangka hingga cabai maka akan menyebabkan usus buntu. Padahal anggapan itu salah, biji yang tertelan akan keluar bersama dengan kotoran seperti biasa.

Penyakit usus buntu sendiri terjadi karena adanya infeksi bakteri atau parasit, bisa juga karena cedera serius.


Sumber Gambar

3. Mandi Malam Menyebabkan Rematik

Anggapan bahwa mandi malam menyebabkan rematik juga merupakan mitos di seputar kesehatan. Mandi malam tidak menyebabkan rematik, hanya saja jika kita mandi malam apalagi di saat dingin hanya akan membuat otot-otot kita menjadi kaku.

Otot-otot kaku itu tidak ada hubungannya dengan rematik yang sering dibahas orang.

4. Telur Bikin Bisul

Bisul adalah masalah kulit yang disebabkan oleh infeksi bakteri di sekitar folikel rambut. Dan tidak ada hubungannya sama sekali dengan memakan telur. Justru makanan seperti junk food dan yang mengandung banyak gula yang bisa menyebabkan bisul.

Namun apabila ada yang bisulan sehabis mekaan telur, maka bisa jadi orang tersebut alergi dengan telur. Tapi kasus ini sangat jarang terjadi.

5. Pasta Gigi Dapat Menyebuhkan Luka Bakar

Mitos ini juga tidak benar dan salah kaprah. Pasta gigi sama sekali tidak memberikan efek positif kepada luka bakar. Hal ini malah dapat menyebabkan luka bakar menjadi terinfeksi. Tak hanya itu, bisa juga menyebabkan area sekitarnya iritasi.

Bila terkena luka bakar, maka cara paling aman adalah merendam atau mengkompresnya dengan air dingin sambil menunggu pertolongan pertama.


Sumber Gambar

Ya, itulah dia beberapa mitos seputar masyarakat yang banyak berkembang dan menjadi kepercayaan. Setelah tahu, kita harus lebih paham lagi apa saja hal yang benar dan tidak benar dalam dunia kesehatan.

Informasi yang salah tak hanya membuat salah paham melainkan juga menyebabkan masalah kesehatan lebih serius karena penanganannya yang salah. So, semoga tulisan ini membantu.

Apalagi nih mitos kesehatan yang beredar di sekitar lingkungan kamu? emoticon-Bingung (S)

Ditulis oleh Harry Wijaya
Tulisan dan Narasi Pribadi

emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan
koi7
ondapriatna
fathroni
fathroni dan 35 lainnya memberi reputasi
10
5.8K
97
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Health
HealthKASKUS Official
24.6KThread10KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.